Kamis, 19/09/2024 05:50 WIB

Pertama di Asia Tenggara, Indonesia Sukses Operasi Telerobotik kepada Pasien

Pertama di Asia Tenggara, Indonesia Sukses Operasi Telerobotik kepada Pasien

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers Live Telerobotic Surgery di RSCM Jakarta (Foto: Ist/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia berhasil melakukan bedah telerobotik yang diklaim pertama di Asia Tenggara, kepada pasien di RSCM Jakarta dengan dokter bedah yang berada di Rumah Sakit I.G.N.G. Ngoerah Bali dengan Jarak 1.200 km.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, yang datang secara langsung ke RSCM, untuk menyaksikan secara langsung proses operasi jarak jauh tersebut. Dia juga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas pencapaian ini.

"Saya kagum dengan niat teman-teman di urologi untuk bisa memulai telerobotic surgery" kata Menkes Budi dalam konferensi pers Live Telerobotic Surgery di RSCM Jakarta, Jumat (30/8/2024).

Menurut dia, kemampuan dokter di Indonesia tidak perlu diragukan. Karenanya, Menkes Budi berkomitmen untuk mendukung ketersediaan alat-alat yang dibutuhkan. Dengan demikian, Menkes Budi berharap agar semakin banyak Warga Negara Asing yang memilih melakukan tindakan pengobatan ke RSCM.

"Aku kasih target gitu. RSCM jangan merasa bangga kalau yang datang orang Indonesia. Tapi banggalah kalau ada pasien orang Malaysia dan Singapura bergantian datang ke Indonesia, karena pelayanan kita murah, cepat, dan berkualitas," ujar dia.

Sementara ini, Menkes Budi menjanjikan akan memfasilitasi 4 rumah sakit dengan fasilitas bedah telerobotik ini, salah satunya ialah RSCM, Rumah Sakit Hasan Sadikin, Rumah Sakit I.G.N.G. Ngoerah Bali, dan Rumah Sakit Prof.Dr. Margono.

"Kenapa 3 ini?, karena ini datang pertama kali memberikan ide dan menyarankan untuk bikin. Boleh tuh kita hargai. Di tengah jalan ketemu Margono, yang ini adalah rumah sakit daerah," ujar Menkes Budi.

Melalui momentum ini harapannya menjadi langkah besar dalam kemajuan teknologi kesehatan di Indonesia, yang termasuk dalam 6 pilar transformasi kesehatan dengan mendorong kemajuan teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama RSCM dr. Supriyanto mengatakan, hadirnya telerobotic surgery ini merupakan salah satu solusi yang sering dihadapi dalam dunia bedah, yaitu kurangnya tenaga ahli dan dokter.

"Kami sangat berharap teknologi ini bisa segera diaplikasikan untuk pemerataan tingkat kesehatan di seluruh Indonesia," ujar dr. Supriyanto.

Operasi telerobotik merupakan metode bedah jarak jauh yang memanfaatkan teknologi robotik dan jaringan nirkabel. Metode ini memungkinkan dokter bedah untuk melakukan tindakan operasi terhadap pasien secara jarak jauh dan real-time, termasuk untuk kasus urologi, bedah pencernaan (digestif), dan lainnya.

Dengan demikian, teknologi ini dapat mengatasi berbagai kendala, khususnya kendala geografis, sehingga layanan kesehatan nantinya dapat diberikan secara merata ke daerah-daerah terpencil yang sulit diakses.

KEYWORD :

Operasi Telerobotik Telerobotic Surgery Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :