Rabu, 18/09/2024 21:58 WIB

Keunggulan Trump dalam Survei Makin Terkikis, Pertanda Kampanye Harris-Walz Makin Menguat

Keunggulan Trump dalam Survei Makin Terkikis, Pertanda Kampanye Harris-Walz Makin Menguat

Donald Trump menghadiri debat presiden pertama yang diselenggarakan oleh CNN di Atlanta, Georgia, AS, 27 Juni 2024. REUTERS

WASHINGTON - Keunggulan Donald Trump atas Kamala Harris dalam hal ekonomi dan kejahatan semakin terkikis di kalangan pemilih AS, sebuah tanda bahwa kampanye wakil presiden dari Partai Demokrat tersebut semakin menguat menjelang pemilihan presiden 5 November, menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos terbaru.

Jajak pendapat tiga hari yang dilakukan pada 23-25 Agustus itu menunjukkan pendekatan mantan Presiden Trump dari Partai Republik terhadap ekonomi dan lapangan kerja lebih disukai oleh 43% pemilih terdaftar dibandingkan dengan 40% yang lebih menyukai pendekatan Harris.

Perbedaan 3 poin persentase itu terlalu kecil untuk menjadi signifikan mengingat margin kesalahan jajak pendapat sebesar 4 poin persentase. Jajak pendapat Reuters/Ipsos sebelumnya pada akhir Juli menunjukkan Trump unggul 11 poin dalam hal ekonomi.

Tentang kejahatan dan korupsi, Harris dan Trump imbang dengan dukungan masing-masing 40%, menunjukkan pergerakan lebih ke arah Harris, yang tertinggal 5 poin dari Trump dalam jajak pendapat bulan Juli.

Jajak pendapat nasional terkini menunjukkan Harris membangun keunggulan tipis atas Trump sejak ia memasuki persaingan pada 21 Juli menyusul keputusan Presiden Joe Biden untuk menghentikan kampanyenya. Jajak pendapat Reuters/Ipsos dari akhir Juli menunjukkan Harris unggul 1 poin, 43% berbanding 42%.

Masih harus dilihat bagaimana persaingan akan terpengaruh oleh keputusan kandidat independen Robert F. Kennedy Jr pada hari Jumat untuk menghentikan kampanyenya. Kennedy, yang telah menarik dukungan sekitar 8% pemilih dalam jajak pendapat bulan Juli, kemudian mendukung Trump.

Pidato kampanye Trump sering mengkritik pengelolaan ekonomi pemerintahan Biden karena rumah tangga terus merasakan sengatan inflasi tinggi selama beberapa tahun. Harris telah berjanji untuk mengendalikan harga melalui upaya-upaya seperti menindak tegas "peningkatan harga yang tidak wajar" oleh pedagang grosir.

Jajak pendapat baru menunjukkan ekonomi adalah isu terbesar bagi 26% pemilih terdaftar, dibandingkan dengan 22% yang memilih ekstremisme politik dan ancaman terhadap demokrasi dan 13% yang memilih imigrasi.

Pemilih memilih Harris daripada Trump dalam isu ekstremisme dengan perbandingan 42% berbanding 36%. Trump memiliki keunggulan dalam kebijakan imigrasi, dipilih oleh 45% pemilih dibandingkan dengan Harris yang hanya 37%.

Tidak satu pun dari kedua kandidat tersebut disukai secara luas, dengan 59% pemilih mengatakan mereka memiliki pandangan yang tidak baik terhadap Trump dan 52% mengatakan hal yang sama terhadap Harris. Harris dipandang baik oleh 47% pemilih, dibandingkan dengan 39% untuk Trump.

Jajak pendapat tersebut mengumpulkan tanggapan daring dari 1.028 orang dewasa di seluruh negeri, termasuk 902 pemilih terdaftar.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Kamala Harris Kalahkan Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :