Kamis, 19/09/2024 05:52 WIB

Jinakkan Amunisi Kiriman AS Dekat Pusat Nuklir, Rusia Minta Badan Atom Bersikap Objektif

Jinakkan Amunisi Kiriman AS Dekat Pusat Nuklir, Rusia Minta Badan Atom Bersikap Objektif

Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom Internasional Rafael Grossi mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Kursk di Wilayah Kursk, Rusia 27 Agustus 2024. Handout via REUTERS

MOSKOW - Rusia mengatakan bahwa pihaknya ingin Badan Tenaga Atom Internasional mengambil sikap yang "lebih objektif dan lebih jelas" tentang keselamatan nuklir, sehari setelah kepala badan tersebut mengunjungi pabrik nuklir Rusia di dekat tempat Ukraina melancarkan serangan ke negara tersebut.

Secara terpisah, Rusia mengatakan pasukannya telah menjinakkan amunisi yang dipasok AS yang ditembakkan oleh Ukraina dan ditembak jatuh hanya 5 km (3 mil) dari pabrik nuklir Kursk.

Kepala IAEA Rafael Grossi mengunjungi fasilitas Kursk pada hari Selasa dan memperingatkan tentang bahaya kecelakaan nuklir yang serius di sana. Ia mengatakan telah memeriksa kerusakan akibat serangan pesawat tak berawak minggu lalu, yang oleh Rusia disalahkan pada Ukraina, tetapi tidak mengatakan siapa yang bertanggung jawab.

Kantor berita negara Rusia RIA mengutip juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova yang mengatakan dalam sebuah wawancara radio bahwa Moskow ingin IAEA berbicara lebih jelas tentang masalah keamanan nuklir, meskipun ia membantah bahwa lembaga itu menuntut lembaga tersebut untuk mengambil sikap pro-Rusia.

"Kami melihat penilaian dan pekerjaan struktur ini (IAEA), tetapi setiap saat kami menginginkan ekspresi yang lebih objektif dan lebih jelas tentang posisi struktur ini," kata Zakharova.

"Tidak mendukung negara kita, tidak mendukung penegasan posisi Moskow, tetapi mendukung fakta dengan satu tujuan khusus: memastikan keselamatan dan mencegah perkembangan skenario di sepanjang jalur bencana, yang menjadi tujuan semua orang yang didorong oleh rezim Kyiv."

IAEA tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.
Kata-kata Zakharova menunjukkan meningkatnya tekanan dari Moskow pada IAEA, yang selama perang 30 bulan telah mendesak kedua belah pihak untuk menahan diri dari pertempuran di sekitar pabrik nuklir untuk menghindari insiden bencana.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa meskipun IAEA tidak memiliki mandat untuk menyalahkan, tidak ada pertanyaan tentang "kesalahan pihak Ukraina dalam meningkatkan bahaya nuklir".

Ukraina belum menanggapi tuduhan Rusia bahwa mereka menyerang pabrik di dekat tempat pasukannya melancarkan serangan mendadak pada 6 Agustus yang masih berusaha dihalau Rusia. Telah terjadi pertempuran sekitar 40 km (25 mil) dari fasilitas tersebut.

Garda Nasional Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa para penjinak ranjaunya telah menemukan selongsong peluru dari sistem roket peluncur ganda HIMARS yang dipasok AS sejauh 5 km dari pabrik tersebut, dan sebuah pecahan roket yang katanya diisi dengan 180 amunisi yang belum meledak.

Sebuah video yang dipublikasikan tentang penemuan tersebut memperlihatkan dua tentara sedang memeriksa pecahan roket yang mereka katakan telah ditembak jatuh oleh pertahanan udara Rusia dan sebagian meledak di udara.

Tidak ada komentar langsung dari Ukraina mengenai dugaan penemuan Rusia tersebut, dan Reuters tidak dapat memverifikasi lokasi video tersebut secara independen.

Grossi mengatakan selama kunjungannya bahwa pabrik tersebut, yang dibangun dengan desain Soviet, sangat rentan karena - tidak seperti kebanyakan stasiun tenaga nuklir modern - tidak memiliki kubah penahan yang dapat memberikan perlindungan jika terjadi serangan oleh pesawat nirawak, rudal, atau artileri.

Ketika ditanya oleh seorang wartawan dalam sebuah konferensi pers untuk mengutuk kerusakan akibat pesawat nirawak sebagai "provokasi nuklir" oleh Ukraina, Grossi menjawab: "Sekali lagi, menyalahkan orang lain adalah sesuatu yang harus saya, sebagai direktur jenderal IAEA, tanggapi dengan sangat serius. Namun, jelas bahwa Anda tidak dapat memisahkan apa yang telah kita lihat di sini dari aktivitas militer baru-baru ini yang telah kita lihat."

KEYWORD :

Pembangkit Nuklir Rusia Ukraina Badan Atom




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :