Kamis, 19/09/2024 06:21 WIB

Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina Klaim Maju Dua Kilometer di Wilayah Kursk

Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina Klaim Maju Dua Kilometer di Wilayah Kursk

Titik penyeberangan di perbatasan dengan Rusia terlihat, dekat perbatasan Rusia di wilayah Sumy, Ukraina 11 Agustus 2024. REUTERS

KYIV - Panglima angkatan bersenjata Ukraina Jenderal Oleksandr Syrskyi mengatakan pada hari Jumat pasukannya telah maju hingga 2 km (1,2 mil) di wilayah Kursk Rusia pada hari terakhir, melanjutkan serangan lintas batas yang dimulai lebih dari tiga minggu lalu.

Syrskyi juga mengatakan pasukan Rusia telah gagal dalam upaya terbaru mereka untuk menembus pertahanan Ukraina di wilayah Pokrovsk di Ukraina timur.

Kyiv meluncurkan operasi kejutannya ke Kursk di Rusia barat pada 6 Agustus. Mereka mengklaim telah menguasai sekitar 100 permukiman dan mengatakan telah mencapai kedalaman hingga 35 km (22 mil) ke wilayah tersebut, tetapi kemajuan selanjutnya tampaknya terhenti.

Syrskyi mengatakan pada hari Jumat bahwa pasukannya telah bergerak maju lagi dengan upaya baru, memperoleh 5 km persegi wilayah Rusia dalam 24 jam terakhir.
Presiden Volodymyr Zelenskiy, yang diberi pengarahan oleh Syrskyi melalui tautan video, mengatakan di Telegram bahwa militer Ukraina telah menangkap lebih banyak tahanan.

Kyiv mengatakan serangan itu - yang bisa dibilang merupakan langkah paling berani dalam perang yang dimulai dengan invasi skala penuh Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 - dirancang untuk melindungi permukiman perbatasannya dari serangan Rusia yang terus-menerus.

Analis juga menyatakan bahwa Ukraina telah memperkirakan Rusia akan mengerahkan kembali pasukannya ke daerah tersebut, sehingga melemahkan serangan utama Moskow di timur.

Namun, kemajuan itu tidak melambat secara signifikan, dengan pasukan Rusia mengatakan bahwa mereka semakin mendekati kota Pokrovsk di Ukraina timur, pusat transportasi dan evakuasi yang strategis. Kota itu terletak di jalur pasokan utama yang menghubungkan Ukraina tengah dengan kota-kota besar di timur.

Syrskyi mengatakan bahwa Rusia telah gagal dalam upaya mereka untuk menembus pertahanan Ukraina di daerah Pokrovsk pada hari terakhir. Staf Umum Ukraina menyebutkan jumlah serangan ke arah Pokrovsk pada hari Kamis sebanyak 58, dan 36 pada hari Jumat.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sebelumnya pada hari Jumat bahwa pasukannya telah merebut tiga permukiman di Ukraina timur.

Rusia menyebut operasi Kursk Ukraina sebagai "provokasi besar" dan mengatakan akan membalas. Pada hari Senin, Rusia meluncurkan lebih dari 200 rudal dan pesawat nirawak ke negara itu, yang menargetkan sektor energi dalam salah satu serangan terbesar dalam perang tersebut.

Setelah serangan itu, pejabat Kyiv berulang kali menyerukan kepada sekutu mereka untuk mulai menembak jatuh rudal dan pesawat nirawak Rusia di wilayah barat Ukraina untuk membantu pertahanan udara negara itu yang sudah sangat kuat dan melindungi warga sipil.

Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov mengatakan di Telegram pada hari Jumat bahwa ia telah membahas masalah tersebut pada pertemuan informal menteri pertahanan Uni Eropa.

Ia mendesak sekutu untuk menciptakan zona aman - yang ia sebut "sabuk pertahanan" - di wilayah barat Ukraina.

KEYWORD :

Serangan Balasan Moskow Rusia Operasi Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :