Jum'at, 20/09/2024 06:01 WIB

Arsenal Ditahan Imbang Tamunya Brighton

Meski hanya memetik hasil seri, Arsenal kini bertengger di puncak klasemen

Penyerang Arsenal, Kai Havertz (Foto: Goal)

London, Jurnas.com - Arsenal ditahan imbang 1-1 oleh tamunya Brighton and Hove Albion dalam laga pekan ketiga Liga Inggris, Sabtu (31/8/2024), di Stadion Emirates, London.

Arsenal sempat memimpin berkat gol yang dilesakkan strikernya Kai Havertz pada menit ke-39. Striker asal Jerman ini menjebol gawang Bart Verbruggen setelah memaksimalkan umpan Bukayo Saka.

Namun, Brighton berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 berkat gol Joao Pedro pada menit ke-58. Ini menjadi hasil seri untuk pertama kalinya bagi kedua tim.

Brighton harus mengganti gelandang veteran James Milner pada menit ke-17 karena cedera. Pemain yang pernah membela Manchester City juga Liverpool ini digantikan Yasin Arari.

Perjuangan Arsenal menyerbu ke pertahanan lawan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-39. Berawal dari keberhasilan Bukayo Saka dalam duel di udara melawan bek Lewis Dunk, pemain timnas Inggris ini akhirnya memberikan umpan kepada rekannya.

Havertz yang mendapat sodoran dari Saka kemudian melepaskan tendangan lambung dan membuat kiper Verbruggen tak berdaya mencegah gawangnya jebol. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Arsenal.

Pada pengujung babak pertama, Thomas Partey diganjar kartu kuning karena melanggar Joao Pedro. Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga babak pertama usai.

Brighton tampil menyerang pada babak kedua ini karena tersengat gol ke gawang mereka. Saat pertandingan setelah jeda baru berjalan empat menit, Arsenal harus bermain keras untuk meredam serangan Brighton.

Akibatnya, Arsenal harus kehilangan gelandang Declan Rice pada menit ke-49 harus keluar lapangan karena mendapat kartu kuning kedua. Dia mendapatkan kartu merah setelah dianggap berperilaku tidak sportif. Arsenal pun harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-49.

Brighton kemudian berhasil memaksimalkan keunggulan jumlah pemain. Mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-56 berkat aksi Joao Pedro.

Setelah mendapat umpan dari Lewis Dunk, dia kemudian melepaskan tendangan kaki kiri dan berhasil menaklukkan kiper Arsenal David Raya.

Menit ke-70, bek Arsenal Jurrien Timber mendapat kartu kuning karena melanggar keras Jankuba Minteh. Minteh juga mendapat kartu kuning karena bertindak tidak sportif karena tidak terima dilanggar Timber.

Arsenal melakukan pergantian. Gelandang Martin Odegaard ditarik dan digantikan penyerang sayap Gabriel Martinelli. Pada menit ke-80, Arsenal juga menarik Timber dan memasukkan Oleksandr Zinchenko.

Upaya Brighton terus menyerang membuat mereka unggul dalam penguasaan bola. Tim asuhan Fabian Hurzeler menorehkan 64% persen dalam penguasaan bola, sedangkan Arsenal hanya 36%.

Arsenal sebenarnya berhasil melepaskan tujuh tendangan tepat tendangan ke arah gawang dan berhasil membuat satu gol. Sementara Brighton melepaskan tiga tendangan ke gawang dan menciptakan satu gol.

Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan usai. Arsenal menelan hasil seri pertama kalinya musim ini, demikian juga Brighton. Meski hanya memetik hasil seri, Arsenal kini bertengger di puncak klasemen. Sementara, Brighton berada di posisi kedua dengan poin sama, yakni tujuh.

Susunan pemain Arsenal vs Brighton:

Arsenal: David Raya; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Jurrien Timber; Martin Odegaard, Thomas Partey, dan Declan Rice; Bukayo Saka, Kai Havertz, Leandro Trossard
Pelatih: Mikel Arteta

Brighton: Bart Verbruggen, Joel Veltman, Jan Paul van Hecke, Luis Dunk, Jack Hinshelwood; Carlos Baleba, James Milner; Kaori Mitoma, Joao Pedro, Yankuba Minteh; Danny Welbeck
Pelatih: Fabian Hurzeler

KEYWORD :

Liga Inggris Arsenal vs Brighton Kai Havertz




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :