Minggu, 15/09/2024 10:28 WIB

Komandan Angkatan Udara Ukraina Diberhentikan setelah Kecelakaan F-16

Komandan Angkatan Udara Ukraina Diberhentikan setelah Kecelakaan F-16

Truk pembawa bantuan ke Gaza yang dihentikan setelah dirusak oleh pemukim Israel di dekat pos pemeriksaan Hebron di Tepi Barat yang diduduki Israel 14 Mei 2024. REUTERS

KYIV - Presiden Volodymyr Zelenskiy memberhentikan Komandan Angkatan Udara Ukraina Mykola Oleshchuk pada hari Jumat, menurut keputusan presiden. Pemecatan itu diumumkan sehari setelah militer Ukraina melaporkan bahwa jet F-16 jatuh dan pilotnya tewas saat menangkis serangan besar Rusia pada hari Senin.

"Saya telah memutuskan untuk mengganti komandan Angkatan Udara... Saya sangat berterima kasih kepada semua pilot militer kita," kata Presiden Volodymyr Zelenskiy dalam pidato malamnya.

Ia tidak memberikan alasan pemecatan tetapi menyebutkan bahwa personel harus dilindungi, dan bahwa ada kebutuhan untuk memperkuat tingkat komando.
Staf Umum Ukraina mengatakan bahwa Letnan Jenderal Anatoliy Kryvonozhka untuk sementara akan menjalankan tugas komandan.

Militer Ukraina tidak memberikan alasan atas kecelakaan hari Senin tetapi mengatakan jet itu jatuh saat mendekati target Rusia. Oleshchuk mengatakan pada hari Senin bahwa mitra dari AS membantu menyelidiki insiden tersebut.

Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada Reuters bahwa kecelakaan itu tampaknya bukan akibat tembakan Rusia, dan kemungkinan penyebab dari kesalahan pilot hingga kegagalan mekanis masih diselidiki. Kedatangan jet F-16 pertama merupakan tonggak sejarah bagi Ukraina dalam perang melawan invasi besar-besaran yang dilancarkan Rusia 2-1/2 tahun lalu.

KEYWORD :

Bantuan Ukraina Serangan Rusia Pesawat F16




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :