Minggu, 15/09/2024 10:24 WIB

Kelompok pro-Palestina akan Memprotes dan Hentian Kampanye Usai Harris Tegaskan Dukungan untuk Israel

Kelompok pro-Palestina akan Memprotes dan Hentian Kampanye Usai Harris Tegaskan Dukungan untuk Israel

Sebuah keffiyeh tergantung di bendera AS setelah berakhirnya Hari ke-4 Konvensi Nasional Demokrat di United Center di Chicago, Illinois, AS, 22 Agustus 2024. REUTERS

WASHINGTON - Dukungan kuat Kamala Harris untuk Israel saat negara itu melanjutkan perangnya di Gaza memicu seruan untuk gelombang protes baru di tempat-tempat kampanye, universitas, dan acara publik dalam beberapa minggu mendatang. Para aktivis kepada Reuters menggambarkan apa yang mereka katakan sebagai kegagalan Harris untuk mendengarkan suara-suara pro-Palestina.

Warga Amerika keturunan Arab, Muslim, dan sekutu mereka, yang tidak diberi kesempatan berbicara di Konvensi Nasional Demokrat di Chicago, berencana untuk hadir dalam jumlah besar selama debat Harris melawan Donald Trump di Philadelphia pada 10 September dan di kota-kota besar serta kampus-kampus pada peringatan serangan Hamas pada 7 Oktober.

Pada hari Kamis, mereka menyela pidato Harris di sebuah rapat umum di Savannah, Georgia.

Sejak menggantikan Presiden Joe Biden di jajaran teratas kandidat Demokrat, Harris telah menegaskan bahwa ia tidak akan mempertimbangkan untuk menghentikan penjualan senjata ke Israel, salah satu permintaan utama kelompok pro-Palestina.

Ia menegaskan kembali posisi tersebut dalam sebuah wawancara dengan CNN pada hari Kamis, dengan mengatakan "Tidak, kita harus menyelesaikan kesepakatan (gencatan senjata dan penyanderaan)," ketika ditanya tentang pembatasan senjata.

Posisi Harris yang dinyatakan dengan tegas mengancam akan membuka keretakan yang sama dalam koalisi Demokrat yang dihadapi Biden sebelum ia mengakhiri kampanyenya pada 21 Juli, meskipun ada lonjakan besar antusiasme dari Demokrat ketika ia mengambil alih kandidat tersebut. "Benar sekali. Kejahatan perang dan genosida akan terus berlanjut," kata Perwakilan Rashida Tlaib, seorang Demokrat dan wanita Palestina-Amerika pertama yang terpilih di Kongres, tentang wawancara Harris dengan CNN di akun pribadinya di X.

Pejabat kampanye mengatakan Harris dan pejabat kampanye tinggi telah bertemu dengan para pendukung pro-Palestina, dan menyetujui ruang untuk panel tentang masalah tersebut selama DNC. Harris telah mempekerjakan dua pejabat dalam beberapa minggu terakhir untuk menjangkau komunitas Arab Amerika dan Muslim, tetapi menolak untuk menyediakan mereka untuk wawancara.

Protes yang mengguncang kampus-kampus musim semi lalu muncul di Michigan, Pennsylvania, dan negara-negara medan pertempuran lainnya. Orang dalam partai Demokrat khawatir Harris akan kehilangan suara yang dibutuhkan dalam pemilihan presiden 5 November, yang diperkirakan akan diputuskan dengan selisih tipis di beberapa negara bagian.

Harris telah mengungguli Donald Trump dari Partai Republik secara nasional dalam sebagian besar jajak pendapat terbaru, tetapi tertinggal dalam beberapa jajak pendapat di negara-negara medan pertempuran yang akan menentukan pemenang 2024.

Hingga saat ini, ia sebagian besar menghindari protes yang sama atas Gaza yang membayangi acara Biden, karena kemungkinan para pemilih berharap ia akan menyusun kebijakan luar negeri yang lebih berempati terhadap Palestina.

`SEMUA ORANG TERLUKA`
Ahmet Tekelioglu, direktur eksekutif Council of American Islamic Relations (CAIR)-Philadelphia, mengatakan ia memperkirakan ribuan pengunjuk rasa akan muncul pada hari debat Harris-Trump.

Para mahasiswa pengunjuk rasa kembali dengan gaduh ke Universitas Columbia dalam beberapa hari terakhir, pusat gerakan mahasiswa pro-Palestina.

Elena Nissan Thomas, 19, seorang mahasiswa di Universitas Indiana, yang berkendara ke Chicago untuk mengambil bagian dalam protes DNC, mengatakan ia siap untuk terus berunjuk rasa saat tahun ajaran dimulai.

"Saya tidak mengerti Wakil Presiden Harris mengatakan ia mendukung gencatan senjata dan tidak melakukan apa pun untuk melakukan embargo senjata," katanya. Ahli strategi politik memperkirakan hampir satu juta Muslim memberikan suara dalam pemilihan presiden 2020, banyak dari mereka terkonsentrasi di negara bagian medan perang, dengan sekitar 70% mendukung Presiden Joe Biden.

Perang dimulai pada 7 Oktober ketika Hamas menyerang Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang, menurut penghitungan Israel. Serangan balasan Israel di Gaza, dibantu oleh dukungan AS, telah menewaskan 40.000 warga Palestina, kata pejabat kesehatan Gaza, menggusur hampir seluruh 2,3 juta penduduknya dan menciptakan krisis kelaparan.

Tanjina Islam, seorang delegasi ke DNC dari Georgia, mengatakan dia ingin mendukung Harris, tetapi hancur karena kurangnya perhatian terhadap warga Palestina.

"Semua orang terluka. Banyak orang condong ke pihak ketiga - Jewish Voice for Peace, mahasiswa, Muslim Kulit Hitam, Muslim, orang Arab. Semua orang terluka. Dan ini adalah pemilih mayoritas Demokrat," katanya. "Jadi jika Harris kalah di Georgia, satu-satunya alasannya adalah karena orang-orang tidak pergi memilih, atau orang-orang memilih partai ketiga."

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Harris Walz Demonstrasi Pro Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :