Minggu, 15/09/2024 10:28 WIB

Israel Serbu Kelompok Bantuan AS yang Dianggap Penyerang Bersenjata, Tewaskan Warga Gaza

Israel Serbu Kelompok Bantuan AS yang Dianggap Penyerang Bersenjata, Tewaskan Warga Gaza

Truk pembawa bantuan ke Gaza yang dihentikan setelah dirusak oleh pemukim Israel di dekat pos pemeriksaan Hebron di Tepi Barat yang diduduki Israel 14 Mei 2024. REUTERS

WASHINGTON - Serangan udara Israel terhadap konvoi bantuan yang membawa makanan dan bahan bakar ke rumah sakit Gaza menewaskan empat warga Palestina pada hari Kamis, kata kelompok bantuan yang berbasis di AS, Anera. Sementara Israel mengklaim mereka adalah "penyerang bersenjata," yang dibantah oleh kelompok tersebut.

Keempat warga Palestina tersebut berada di kendaraan terdepan konvoi bantuan Anera yang menuju Rumah Sakit Bulan Sabit Merah Emirat di Rafah di Gaza selatan, kata kelompok bantuan tersebut, membuka tab baru dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Segera setelah konvoi meninggalkan persimpangan Kerem Shalom yang dikuasai Israel menuju Gaza, empat warga Palestina dari komunitas tersebut "mengambil alih kendaraan terdepan, dengan alasan kekhawatiran bahwa rute tersebut tidak aman dan berisiko dijarah," kata Anera.

"Pihak berwenang Israel menduga bahwa mobil terdepan membawa banyak senjata. Setiap laporan awal dari mereka yang berada di lokasi kejadian menunjukkan bahwa tidak ada senjata yang terlihat," kata organisasi tersebut.

Sebuah rencana yang disetujui dengan pihak berwenang Israel mengharuskan adanya penjaga keamanan yang tidak bersenjata dalam konvoi tersebut. Keempat orang tersebut belum diperiksa atau dikoordinasikan dengan pihak berwenang Israel, tetapi konvoi tersebut tidak menganggap mereka sebagai ancaman, kata Anera.

Anera mengatakan tidak ada peringatan atau komunikasi sebelum serangan udara Israel tersebut. Tidak ada staf Anera yang terluka. Setelah keempat orang tersebut tewas, anggota konvoi lainnya mengirimkan bantuan, katanya.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh beberapa media, Pasukan Pertahanan Israel mengatakan: "Sejumlah penyerang bersenjata menguasai kendaraan di depan konvoi... dan mulai memimpinnya."

"Setelah pengambilalihan dan verifikasi lebih lanjut bahwa serangan yang tepat terhadap kendaraan penyerang bersenjata dapat dilakukan, serangan dilakukan," kata IDF.

Militer Israel dan kedutaan besar Israel di Washington tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar lebih lanjut.

Organisasi bantuan dan kemanusiaan sebelumnya pernah menjadi sasaran dalam perang Israel di Gaza. Pada bulan April, tiga serangan Israel mengenai konvoi kendaraan bantuan, menewaskan tujuh staf World Central Kitchen. Program Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan minggu ini bahwa salah satu kendaraannya terkena 10 peluru di dekat pos pemeriksaan militer Israel.

Pertumpahan darah terbaru dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun itu dipicu pada tanggal 7 Oktober ketika kelompok Islam Palestina Hamas menyerang Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Serangan Israel berikutnya terhadap daerah kantong yang diperintah Hamas tersebut telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan setempat. Hampir seluruh penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta orang telah mengungsi dan daerah kantong itu mengalami krisis kelaparan. Israel menghadapi tuduhan genosida di Pengadilan Dunia yang dibantahnya.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Serangan Pekerja Bantuan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :