Minggu, 15/09/2024 10:24 WIB

Borrell Meminta Uni Eropa Pertimbangkan Sanksi terhadap Dua Menteri Israel

Borrell Meminta Uni Eropa Pertimbangkan Sanksi terhadap Dua Menteri Israel

Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell berbicara selama konferensi pers, di Hanoi, Vietnam, 31 Juli 2024. REUTERS

BRUSSELS - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan pada hari Kamis bahwa ia telah meminta anggota blok tersebut untuk mempertimbangkan penerapan sanksi terhadap dua menteri Israel atas "pesan kebencian" terhadap Palestina, pesan yang menurutnya melanggar hukum internasional.

Ia tidak menyebutkan nama kedua menteri tersebut. Namun dalam beberapa minggu terakhir ia mengkritik secara terbuka, membuka tab baru Menteri Keamanan Itamar Ben-Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich atas pernyataan yang ia gambarkan sebagai "jahat" dan "hasutan untuk melakukan kejahatan perang".

Borrell mengatakan para menteri luar negeri Uni Eropa mengadakan diskusi awal tentang usulannya pada sebuah pertemuan di Brussels pada hari Kamis. Ia mengatakan tidak ada suara bulat - yang akan diperlukan untuk menjatuhkan sanksi - tetapi perdebatan akan terus berlanjut.

"Para menteri akan memutuskan. Terserah mereka, seperti biasa. Namun prosesnya telah diluncurkan," katanya kepada wartawan.

Menteri luar negeri Israel, Israel Katz menuduh Borrell menargetkannya dengan klaim palsu bahwa ia telah menyerukan agar warga Palestina dipindahkan dari Tepi Barat. "Saya menentang pemindahan populasi mana pun dari rumah mereka," katanya. Para diplomat mengatakan kecil kemungkinan Uni Eropa akan menemukan kesepakatan bulat yang diperlukan di antara 27 anggotanya untuk menjatuhkan sanksi kepada menteri pemerintah Israel.

Namun, keputusan Borrell untuk mengajukan usulan tersebut menunjukkan tingkat kemarahan di antara beberapa pejabat Eropa atas kata-kata dan tindakan beberapa menteri Israel sayap kanan.

Bahkan menteri dari beberapa negara yang merupakan sekutu kuat Israel, seperti Jerman dan Republik Ceko, tidak segera menutup pembahasan sanksi dalam komentar kepada wartawan di sela-sela pertemuan hari Kamis.

Irlandia, salah satu anggota Uni Eropa yang paling pro-Palestina, mengatakan mendukung saran Borrell.

"Kami akan mendukung rekomendasi Josep Borrell untuk sanksi sehubungan dengan organisasi pemukim di Tepi Barat yang memfasilitasi perluasan permukiman, dan juga kepada menteri Israel," kata Menteri Luar Negeri Irlandia Micheal Martin.

Namun, Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani menolak gagasan tersebut.
"Kita harus menyelesaikan masalah, meyakinkan Israel untuk membuat pilihan yang akan mengarah pada gencatan senjata di Gaza," katanya. "Inilah prioritas sebenarnya."

KEYWORD :

Israel Palestina Uni Eropa Penerapan Sanksi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :