Rabu, 18/09/2024 22:55 WIB

KPK Surati Kepala BP Bintan Suami Jelita Jeje Agar Lapor LHKPN

Sebab Farid Irfan Siddik belum melaporkan LHKPN sejak menjabat pada 2022.

Ilustrasi LHKPN. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyurati Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan (BP Bintan) Farid Irfan Siddik

Farid diminta untuk segera menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Sebab ia belum melaporkan LHKPN sejak menjabat pada 2022.

“Sudah (disurati minta segera laporkan kekayaan, red),” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika kepada wartawan, Senin, 2 September 2024.

Juru bicara berlatar belakang penyidik itu mengatakan surat dibuat KPK sejak 27 Agustus kemarin dan kirimkan satu hari setelahnya. KPK berharap Farid segera menyampaikan LHKPN-nya. 

“Dikirimkan ke BP Bintan sehari setelahnya atau 28 Agustus,”  ucap Tessa.

Adapun kewajiban bagi penyelenggara negara untuk melaporkan hartanya ini tercantum dalam Peraturan KPK Nomor 2 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman, dan Pemeriksaan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara. 

Mereka wajib menyampaikan harta benda bergerak, tidak bergerak, berwujud, maupun tidak berwujud, termasuk hak dan kewajiban lainnya yang dapat dinilai dengan uang, sebelum dan selama memangku jabatan.

Diberitakan sebelumnya, Kepala BP Bintan Farid Irfan Siddik disoroti warganet karena belum melaporkan kekayaannya ke KPK sejak menjabat.

Momen ini terjadi setelah istrinya, Dwi Okta Jelita atau Jelita Jeje memamerkan mertuanya mendapat fasilitas dari pengusaha untuk berlibur ke luar negeri. 

Ketika itu, Jelita Jeje membela anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono yang plesiran ke luar negeri dengan pesawat jet sewaan bernilai fantastis. Warganet mendapati selebgram ini merupakan menantu Asri Agung Putra yang merupakan Staf Ahli Jaksa Agung dan istri dari Farid Irfan Siddik.

“Ehh bentar, jet pribadi kan udah dibuktikan itu bukan jet pribadi milik negara, lagian sekelas presiden kl pergi jalan2 jg bukan kantong pribadi x aplgi duit negara (ini pikiran orang awam aja yg ga tau) jd mntg2 pejabat negara sllu di kaitkan dg pasti pke duit negara. Ga gitu,” kata Jelita Jeje dalam pesan yang dikirimkan melalui DM lewat akun Instagram @jelitajee ketika membela Kaesang dan Erina yang kemudian diviralkan akun X, @anibutnotaniani.

“Gue jg jd bnyk tau dari mertua gue, kita kl kluar negeri itu d cover sm pengusaha2 yg emang ngasih fasilitas tanpa diminta, disuruh milih mau nginep di mana, naik pesawat apa, gak pernah pusing, apalagi sekelas presiden. Pada rebutan tu orang2 mau fasilitasi. Jd itu bukan pakai duit negara apalagi dibilang bukan urusan kepresidenan," sambung dia masih dalam pesan yang sama.

KEYWORD :

KPK LHKPN Laporan Harta Farid Irfan Siddik Kepala BP Bintan Jelita Jeje




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :