Senin, 16/09/2024 15:29 WIB

Gelombang Pesawat Nirawak Bersenjata Diluncurkan Ukraina, Rusia Mengaku Kuasai Kota Utama di Timur

Gelombang Pesawat Nirawak Bersenjata Diluncurkan Ukraina, Rusia Mengaku Kuasai Kota Utama di Timur

Relawan membawa warga yang terluka, Kharkiv, 1 September 2024. REUTERS

KYIV - Kyiv meluncurkan salah satu serangan pesawat nirawak terbesar terhadap Rusia sejak perang skala penuh dimulai, menargetkan pembangkit listrik dan kilang minyak dalam semalam, sementara Pasukan Moskow membuat kemajuan lebih jauh menuju kota utama di Ukraina timur, kata para pejabat pada hari Minggu.

Serangan rudal Rusia di Kharkiv melukai lebih dari 40 orang, termasuk lima anak-anak, yang mendorong Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk memperbarui seruan kepada sekutu agar mengizinkan Kyiv menembakkan rudal yang dipasok Barat lebih dalam ke wilayah musuh dan mengurangi ancaman serangan.

Pertempuran terjadi pada titik kritis dalam konflik dua setengah tahun, dengan Rusia menekan serangan di Ukraina timur sambil mencoba mengusir pasukan Ukraina yang menerobos perbatasan baratnya dalam serangan mendadak pada 6 Agustus.

Rusia minggu lalu menggempur Ukraina dengan serangan udara terberatnya dalam perang tersebut, menghantam fasilitas energi, bagian dari kampanye serangan pesawat nirawak dan rudal yang telah menewaskan ribuan warga sipil dan tentara sejak konflik dimulai pada Februari 2022.

Ukraina, dengan industri pesawat nirawak domestik yang berkembang pesat, telah meningkatkan serangannya sendiri terhadap infrastruktur energi, militer, dan transportasi Rusia. Rusia juga mendesak Amerika Serikat dan sekutu lainnya agar diizinkan menggunakan senjata yang lebih kuat yang dipasok Barat untuk menimbulkan kerusakan yang lebih besar di dalam Rusia dan melemahkan kemampuan Moskow untuk menyerang Ukraina.

"Semua pasukan yang diperlukan untuk operasi penyelamatan telah dikerahkan," kata Zelenskiy di saluran Telegramnya, menanggapi serangan Kharkiv yang menurut para pejabat melibatkan sedikitnya 10 rudal dan menghantam lokasi termasuk pusat perbelanjaan.

"Dan semua kekuatan yang diperlukan di dunia harus dikerahkan untuk menghentikan teror ini. Ini tidak memerlukan kekuatan yang luar biasa, tetapi cukup keberanian dari para pemimpin - keberanian untuk memberi Ukraina apa yang dibutuhkannya untuk mempertahankan diri."

Di Kharkiv, petugas penyelamat dan relawan membawa warga sipil yang terluka ke ambulans setelah rudal menghantam mal dan aula acara. Pecahan kaca dan puing berserakan di tanah dan orang-orang melarikan diri ke stasiun metro untuk mencari tempat yang aman.

Sebelumnya, pejabat Rusia mengatakan unit pertahanan udara telah menghancurkan 158 pesawat nirawak yang diluncurkan oleh Ukraina semalam, dan puing-puing itu menyebabkan kebakaran di Kilang Minyak Moskow dan di Pembangkit Listrik Konakovo di wilayah Tver yang berdekatan.

Reuters tidak dapat memverifikasi secara independen laporan serangan pesawat nirawak terhadap Rusia atau dari medan perang di Ukraina, dan Kyiv belum berkomentar. Rusia jarang mengungkapkan tingkat kerusakan penuh yang ditimbulkan oleh serangan udara Ukraina.

DOKTRIN NUKLIR RUSIA
Zelenskiy mengatakan bahwa minggu lalu saja Rusia telah menggunakan 160 rudal, 780 bom udara berpemandu, dan 400 pesawat nirawak serang terhadap kota-kota dan pasukan di seluruh Ukraina.

Dia meminta Telegram untuk "membuat keputusan tentang serangan jarak jauh terhadap lokasi peluncuran rudal dari Rusia, penghancuran logistik militer Rusia, penembakan bersama terhadap rudal dan pesawat nirawak".

Sekutu Kyiv waspada terhadap bagaimana Presiden Rusia Vladimir Putin akan menanggapi jika senjata mereka digunakan terhadap target yang jauh di dalam wilayah Rusia.

Berita negara Rusia TASS mengutip Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov yang mengatakan bahwa Moskow akan mengubah doktrin nuklirnya sebagai tanggapan atas tindakan Barat atas konflik di Ukraina. Dia tidak merinci perubahan apa yang akan dilakukan.

Doktrin nuklir Rusia yang berlaku saat ini, yang ditetapkan dalam sebuah dekrit oleh Putin pada tahun 2020, menyatakan bahwa Rusia dapat menggunakan senjata nuklir jika terjadi serangan nuklir oleh musuh atau serangan konvensional yang mengancam keberadaan negara.

Rusia, yang menuduh Barat menggunakan Ukraina sebagai proksi untuk berperang melawannya, sebelumnya telah mengatakan bahwa Rusia sedang mempertimbangkan perubahan.

"Pekerjaan ini berada pada tahap lanjut, dan ada niat yang jelas untuk melakukan koreksi", kata TASS mengutip Ryabkov.

Beberapa analis militer Rusia yang agresif telah mendesak Putin untuk menurunkan ambang batas penggunaan nuklir guna "menyadarkan" musuh-musuh Rusia di Barat.
Di Ukraina timur, tempat pertempuran terberat dalam perang terkonsentrasi, pasukan Rusia terus maju menuju Pokrovsk, yang merupakan pusat militer vital dan jalur transportasi ke kota-kota di utara.

Ukraina berharap bahwa serangan mendadaknya ke wilayah Kursk Rusia yang diluncurkan bulan lalu akan memaksa Rusia untuk mengerahkan kembali pasukan dan mengurangi tekanan mengepung pasukan di timur, tetapi sejauh ini tampaknya belum memberikan dampak yang diinginkan.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada hari Minggu bahwa pasukannya telah merebut dua permukiman lagi di wilayah Donetsk dan "terus maju jauh ke dalam pertahanan musuh". Salah satunya, Ptyche, hanya berjarak 21 km (13 mil) di tenggara Pokrovsk.

Setidaknya tiga orang tewas dan sembilan orang terluka dalam penembakan Rusia di Kurakhove, sebuah kota sekitar 35 km selatan Pokrovsk, kata pejabat Ukraina.
Panglima tertinggi Ukraina Oleksandr Syrskyi mengatakan situasinya "sulit" di sekitar garis serangan utama Rusia di Ukraina timur.

KEYWORD :

Serangan Balasan Moskow Rusia Pesawat Nirawak Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :