Kamis, 19/09/2024 05:53 WIB

Kremlin Menilai Tidak Ada Prospek Perbaikan Hubungan AS-Rusia Meski Harris Jadi Presiden

Kremlin Menilai Tidak Ada Prospek Perbaikan Hubungan AS-Rusia Meski Harris Jadi Presiden

Calon presiden dari Partai Demokrat AS Kamala Harris saat berpidato di rapat umum kampanye di Savannah, Georgia, AS, 29 Agustus 2024. REUTERS

MOSKOW - Rusia melihat calon presiden dari Partai Demokrat AS Kamala Harris sebagai lawan yang lebih mudah ditebak daripada Donald Trump dari Partai Republik. Meski demikian, tidak ada prospek perbaikan dalam hubungan dengan Washington, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Dalam wawancara dengan Pavel Zarubin, seorang reporter TV dengan akses istimewa ke Kremlin, Peskov juga tampak meremehkan sesumbar Trump bahwa ia dapat mengakhiri perang Ukraina dalam waktu 24 jam jika pemilih AS mengembalikannya ke Gedung Putih.

Sebelum Joe Biden mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan November dan memberikan dukungannya kepada Harris, Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengatakan bahwa Moskow lebih menyukai Biden daripada Trump, menggambarkan Biden sebagai tipe politisi "old school" yang berpengalaman.

Dengan tersingkirnya Biden, Zarubin bertanya kepada Peskov sambil tertawa: "Lalu siapa kandidat kita sekarang?"

Peskov, yang juga tertawa, menjawab: "Kami tidak punya kandidat. Namun, tentu saja, Demokrat lebih mudah ditebak. Dan apa yang dikatakan Putin tentang keterprediksian Biden berlaku untuk hampir semua Demokrat, termasuk Ibu Harris."

Sementara menyatakan bahwa pemilihan tersebut adalah masalah internal AS, Putin dan Peskov telah memberikan berbagai pendapat di waktu yang berbeda. Misalnya, pada bulan Februari, Putin memuji Biden atas prediktabilitasnya tetapi juga membahas topik sensitif tentang kebugaran mentalnya untuk jabatan dalam komentar yang tampaknya dirancang untuk menimbulkan masalah.

Pada bulan Juni, ia mengatakan Rusia tidak peduli siapa presiden AS berikutnya, tetapi sistem pengadilan AS jelas digunakan dalam pertempuran politik melawan Trump.

Peskov, dalam wawancara yang dipublikasikan pada hari Minggu, mengatakan langkah-langkah AS untuk "menginjak-injak kepentingan negara kita" telah melampaui batas yang dapat diterima. Hubungan bilateral berada pada titik terendah yang bersejarah, dengan "tidak ada prospek" saat ini untuk menempatkan mereka di jalur menuju pemulihan.

Juru bicara Kremlin mengatakan tidak ada "tongkat ajaib" untuk menyelesaikan krisis Ukraina dalam semalam seperti yang dijanjikan Trump.

Ia mengatakan adalah "fantasi" untuk membayangkan bahwa presiden AS berikutnya akan mengumumkan dalam pidato pelantikannya bahwa Washington menghentikan bantuan militer ke Ukraina dan menyerukan perundingan perdamaian, dan bahwa ini akan mengubah pola pikir di Kyiv.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Hubungan Rusia Ukraina Harris Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :