Kamis, 19/09/2024 06:14 WIB

UT Gaet Segmen Milenial dan Generasi Z Lewat Kompetisi Gim

Kompetisi gim upaya UT untuk meningkatkan APK perguruan tinggi, dengan menyasar segmen pasar generasi milenial dan generasi Z.

Konferensi pers kompetisi gim di Universitas Terbuka (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kompetisi gim e-sport Mobile Legends: Bang Bang Youth Universitas Terbuka (MY-UT) Tournament 2024 mencapai fase grand final pada Senin (2/9).

Berlokasi Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), babak puncak mempertemukan tim 7AM (SMA Negeri 7 Mataram) melawan SMANDALAS (SMA Negeri 12 Batam), serta perebutan juara ketiga antara ESOJNA (SMAK Santo Joseph Denpasar) vs MAN 2 HERO (MAN 2 Makassar).

Keempat tim ini merupakan hasil putaran kompetisi sejak babak penyisihan yang melibatkan 589 tim dari total 3.546 pelajar SMA/sederajat dari berbagai kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof. Ojat Darojat, mengatakan kompetisi ini merupakan bagi upaya UT untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi, dengan menyasar segmen pasar generasi milenial dan generasi Z.

"Dulu UT disukai oleh orang tua atau yang sudah bekerja, sekarang anak di bawah 24 tahun," kata Ojat kepada awak media di sela-sela kegiatan.

Strategi pendekatan melalui kompetisi gim e-sport tersebut terbukti ampuh. Ojat menuturkan saat ini mahasiswa UT didominasi oleh dua generasi tersebut, dibandingkan periode-periode sebelumnya.

Menurut data 2023, UT memiliki total 551.030 mahasiswa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di 56 negara, dengan komposisi 70 persen di antaranya adalah generasi muda.

"Kita akan terus mempublikasikan UT ke anak-anak SMA agar mereka semakin paham dan well-informed, bahwa di Indonesia ada PTN-BH, akreditasi A, belajarnya fleksibel, biayanya terjangkau, bisa belajar di mana saja, kapan saja, ini bisa menjadi pilihan bagi anak-anak milenial," ujar Prof. Ojat.

MY-UT Tournament kini sudah memasuki tahun ketiga. Dari penyelenggaraan dua tahun sebelumnya, Ojat mengatakan bahwa benefit dan antusiasme peserta cukup meningkat. Dengan demikian, UT mampu melakukan investasi pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas.

"UT terus berkontribusi memberikan efek seakan banyak anak muda yang suka gim. Semuanya kita kerahkan untuk menyasar segmen pasar anak muda itu," Ojat menambahkan.

KEYWORD :

MY-UT Tournament 2024 Universitas Terbuka Kompetisi Gim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :