Sabtu, 21/09/2024 10:22 WIB

Luis Suarez Resmi Pensiun dari Timnas Uruguay

Penyerang tim nasional Uruguay, Luis Suarez, mengumumkan bakal pensiun dari sepak bola internasional pekan ini

Penyerang Uruguay, Luis Uruguay, memutuskan pensiun dari sepak bola internasional (Foto: ESPN/Getty Images)

Montevideo, Jurnas.com - Penyerang tim nasional Uruguay, Luis Suarez, mengumumkan bakal pensiun dari sepak bola internasional pekan ini, ketika La Celeste melakoni pertandingan melawan Paraguay di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pengumuman pengunduran diri Suarez disampaikan pada Selasa (3/9), mengakhiri karir internasional cemerlangnya bersama Uruguay dengan total 142 caps dan 69 gol. Ini merupakan jumlah gol terbanyak dalam sejarah La Celeste.

"Saya sudah memikirkan dan menganalisisnya. Saya yakin ini saat yang tepat. Saya ingin rileks saat memainkan pertandingan terakhir saya bersama tim nasional. Saya akan sama bersemangatnya untuk bermain seperti pada tahun 2007 saat saya bermain untuk tim nasional saya untuk pertama kalinya," kata Suarez dikutip dari Goal.

"Anak berusia 19 tahun itu sekarang menjadi pemain veteran, pemain yang lebih tua, apapun sebutannya, dengan sejarah yang luar biasa bersama tim nasional akan memberikan hidupnya untuk tim pada hari Jumat," dia menambahkan.

Suarez merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Uruguay. Bintang Inter Miami ini telah memberikan banyak momen bagi tim Amerika Selatan tersebut sepanjang karir internasionalnya.

Suarez melakoni debutnya bersama tim nasional pada 8 Februari 2007, saat menang 3-1 atas Kolombia. Dia mulai dikenal pada Piala Dunia 2010 saat menjadi starter di sebagian besar pertandingan Uruguay.

Sepanjang karir, Suarez tidak asing dengan kontroversi. Pemain depan itu melakukan handball yang memalukan saat memblok gol yang membuat Ghana mendapat penalti. Asamoah Gyan gagal mengeksekusi tendangan penalti dan Uruguay lolos setelah adu penalti.

Bisa dibilang tahun terbaiknya sebagai pemain tim nasional adalah 2011 lalu, musim di mana dia memimpin tim meraih kejayaan Copa America dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Turnamen setelah mencetak empat gol.

KEYWORD :

Luis Suarez Pemain Pensiun Timnas Uruguay




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :