Kamis, 19/09/2024 06:00 WIB

DPR Pastikan Pembentukan Matra Angkatan Siber TNI Dialihkan ke 2024-2029

Bilamana anggaran Angkatan Siber ini akan dibuat kan harus ada satu dasar hukumnya, ada undang-undangnya, terus juga harus ada ketegasan jelasnya, terus juga tupoksi-nya seperti apa. Nah, ini semua yang harus benar-benar dimatangkan dan ini kan tidak bisa kita buat dalam waktu segera.

Anggota Komisi I DPR, Dave Akbarshah Fikarno. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota DPR RI Dave Laksono menyatakan pembahasan pembentukan matra Angkatan Siber di TNI kemungkinan dioper (carry over) atau dialihkan ke DPR RI periode 2024-2029.

Pembentukan matra baru ke-4 Militer Indonesia itu tidak akan dibahas Parlemen periode sekarang.

"Jadi mungkin ini adalah salah satu pekerjaan yang di-carry over ke pemerintahan berikutnya," kata Dave di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

Dia menjelaskan, alasan wacana pembentukan ini tak akan dibahas masa sidang DPR RI periode 2019-2024. Salah satunya, masa bakti periode sekarang sudah akan berakhir menyusul pelantikan anggota dewan periode baru pada 1 Oktober 2024.

"Bilamana anggaran Angkatan Siber ini akan dibuat kan harus ada satu dasar hukumnya, ada undang-undangnya, terus juga harus ada ketegasan jelasnya, terus juga tupoksi-nya seperti apa. Nah, ini semua yang harus benar-benar dimatangkan dan ini kan tidak bisa kita buat dalam waktu segera," ujarnya.

Dia menyebutkan, Komisi I DPR juga juga telah menggelar rapat bersama Badan Siber Sandi Negara (BSSN) pada Senin, 2 September 2024. Pada rapat itu, BSSN menyatakan dukungannya terhadap pembentukan Angkatan Siber untuk TNI.

"Kemarin kan kami juga rapat dengan BSNN, kami bahas anggaran mereka, alhamdulillah anggarannya sudah membaik dari yang dulunya di bawah setengah `T` (triliun), sekarang sudah lebih dari satu `T` (triliun), akan tetapi anggaran itu kan harus disesuaikan dengan fungsinya," katanya.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong TNI membentuk Angkatan Siber sebagai matra baru. Pembentukan matra baru ini dinilai penting untuk meningkatkan keamanan siber di Tanah Air.

Tak hanya itu, Bamsoet yakin matra Angkatan Siber ini nantinya dapat memperkuat tiga matra yang sudah ada di TNI, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

"Untuk itu, sudah saatnya Indonesia segera mempersiapkan pembentukan matra ke-IV Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan menghadirkan Angkatan Siber. Kehadirannya untuk memperkuat tiga matra yang sudah ada," kata Bamsoet saat menyampaikan pidatonya dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 di Kompleks Parlemen, Jumat, 16 Agustus 2024.

 

KEYWORD :

Warta DPR Dave Laksono Angkatan Siber TNI carry over




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :