Minggu, 15/09/2024 22:40 WIB

Umumkan Hasil Sensus, Pemerintah Bayangan Curigai Junta Myanmar Bakal Salah Gunakan Data

Umumkan Hasil Sensus, Pemerintah Bayangan Curigai Junta Myanmar Bakal Salah Gunakan Data

Perdana Menteri Myanmar dan Ketua Dewan Administrasi Negara Min Aung Hlaing menghadiri pertemuan dengan Direktur Jenderal Roscosmos Dmitry Rogozin di Moskow, Rusia 12 Juli 2022. Roscosmos via REUTERS

MYANMAR - Pemerintah militer Myanmar akan melakukan sensus penduduk dan rumah tangga nasional pada bulan Oktober, kata media pemerintah pada hari Senin, membuka jalan bagi pemilu yang dijanjikan tahun depan di tengah konflik yang berkecamuk di seluruh wilayah negara.

Data sensus yang dikumpulkan antara 1-15 Oktober akan digunakan untuk menyelenggarakan pemilu umum tahun depan, kata kepala junta Min Aung Hlaing dalam sebuah pertemuan pada hari Minggu, media pemerintah melaporkan.

"Sensus dapat digunakan dalam penyusunan daftar pemilih yang benar dan akurat yang merupakan kebutuhan dasar untuk menyelenggarakan pemilu umum demokrasi multipartai yang bebas dan adil," kata Min Aung Hlaing secara terpisah dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Minggu.

Pemilu yang diusulkan telah banyak dicemooh sebagai penipuan dan hasilnya tidak mungkin diakui oleh negara-negara barat, dengan puluhan partai dibubarkan karena tidak mendaftar untuk mencalonkan diri, termasuk Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dominan, yang pemerintahannya digulingkan oleh junta.

Negara berpenduduk 55 juta orang ini telah dilanda kekacauan sejak Februari 2021 ketika militer menggulingkan pemerintahan populer peraih Nobel dan pemimpin NLD Aung San Suu Kyi, dengan alasan kecurangan dalam pemilu yang dimenangkannya dua bulan sebelumnya dengan telak.

Banyak politisi NLD termasuk Suu Kyi ditangkap, sementara mereka yang melarikan diri mengatakan tuduhan junta tentang kecurangan daftar pemilih tidak berdasar dan dibuat-buat untuk membenarkan kudeta.

HILANGNYA KENDALI
Kudeta tersebut memicu protes luas yang ditanggapi dengan tindakan keras brutal yang mengubah demonstrasi menjadi gerakan perlawanan bersenjata. Sejak saat itu, kudeta tersebut bergabung dengan banyak tentara etnis minoritas yang mapan untuk menjadi tantangan paling signifikan bagi militer dalam beberapa dekade.

Pemerintah militer pada bulan Juli mengatakan 27 partai yang telah mendaftar untuk pemilu telah mengecam pemberontakan tersebut. Junta tidak memiliki kendali efektif atas Myanmar, setelah kehilangan otoritas penuh atas kota-kota yang mencakup 86% wilayah negara yang menampung 67% populasi, kata Dewan Penasihat Khusus untuk Myanmar dalam sebuah laporan bulan Mei.

Awal tahun ini, ribuan anak muda juga melarikan diri ke luar negeri setelah junta menyerukan wajib militer untuk mengisi kembali pasukannya yang melemah.

Bulan lalu, menteri luar negeri Tiongkok Wang Yi menjanjikan bantuan teknologi untuk proses sensus untuk "pemilihan umum yang menyeluruh" dalam sebuah pertemuan dengan Min Aung Hlaing, menurut media junta.

Pemerintah Persatuan Nasional (NUG) paralel, yang terdiri dari mantan anggota parlemen dan penentang junta lainnya, mengatakan masyarakat internasional dan negara-negara tetangga harus mengecam pemilihan umum dan proses sensus tersebut.

"Junta memiliki niat untuk melakukan pemilihan umum palsu dan dengan menggunakan alasan sensus, mereka mengumpulkan informasi dari orang-orang yang akan mereka gunakan untuk meneror mereka," kata juru bicaranya Kyaw Zaw.

KEYWORD :

Junta Myanmar Janjikan Pemilu Hasil Sensus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :