Minggu, 15/09/2024 22:41 WIB

Biden Sebut Netanyahu Tidak Berbuat Cukup Banyak untuk Amankan Kesepakatan Penyanderaan

Biden Sebut Netanyahu Tidak Berbuat Cukup Banyak untuk Amankan Kesepakatan Penyanderaan

Presiden AS Joe Biden tiba di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, AS, 2 September 2024. REUTERS

WASHINGTON - Presiden Joe Biden mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak berbuat cukup banyak untuk mengamankan kesepakatan pembebasan sandera yang ditawan di Gaza oleh Hamas. AS segera mengajukan proposal akhir kepada negosiator yang bekerja pada perjanjian penyanderaan dan gencatan senjata.

Biden berbicara kepada wartawan di Gedung Putih setelah pasukan Israel selama akhir pekan menemukan jenazah enam sandera, termasuk warga negara Amerika-Israel berusia 23 tahun Hersh Goldberg-Polin, dari sebuah terowongan di Gaza. Militer Israel mengatakan mereka baru-baru ini dibunuh oleh militan Hamas Palestina.

Hal itu telah memicu kritik terhadap strategi gencatan senjata Gaza pemerintahan Biden dan meningkatkan tekanan pada Netanyahu dari Israel untuk membawa pulang para sandera yang tersisa.

Ketika ditanya apakah menurutnya Netanyahu telah berbuat cukup banyak untuk mencapai kesepakatan penyanderaan, Biden berkata "Tidak." Dia tidak menjelaskan lebih lanjut tentang pernyataannya.

Netanyahu tampaknya menolak ketika ditanya tentang komentar Biden, dengan mengatakan tekanan harus diberikan kepada Hamas, bukan Israel, terutama setelah kematian para sandera.

"Dan sekarang setelah ini kita diminta untuk menunjukkan keseriusan? Kita diminta untuk membuat konsesi? Pesan apa yang disampaikan ini kepada Hamas? Dikatakan, bunuh lebih banyak sandera," katanya dalam konferensi pers di Yerusalem.

Netanyahu mengatakan dia tidak percaya Biden atau siapa pun yang serius untuk mencapai perdamaian akan meminta Israel untuk membuat lebih banyak konsesi dan bahwa sebaliknya Hamas-lah yang perlu melakukannya.

Ketika ditanya apakah dia berencana untuk menyampaikan kesepakatan penyanderaan terakhir kepada kedua belah pihak minggu ini, Biden mengatakan kepada wartawan: "Kami sangat dekat dengan itu."

"Harapan selalu ada," imbuhnya saat ditanya apakah kesepakatan itu akan berhasil.

Biden mengatakan pada malam harinya bahwa ia berencana untuk berbicara dengan Netanyahu "pada akhirnya" tetapi tidak menyebutkan jadwal yang jelas saat ditanya. Biden dan Netanyahu telah berbicara beberapa kali di tengah perang Israel di Gaza.

Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris juga bertemu dengan tim negosiasi sandera AS, di mana presiden menyatakan "kehancuran dan kemarahan" atas pembunuhan para sandera, dan mereka membahas langkah selanjutnya dalam upaya untuk membebaskan tawanan yang tersisa, kata Gedung Putih.

Kritik baru Biden terhadap Netanyahu muncul saat ia dan Harris, yang telah menggantikan presiden di puncak tiket Demokrat untuk pemilihan 5 November, menghadapi seruan yang meningkat untuk tindakan tegas guna mengakhiri perang Israel yang telah berlangsung hampir 11 bulan di Gaza.

Konflik tersebut telah menimbulkan perpecahan di kalangan Demokrat, dengan banyak kaum progresif mendesak Biden untuk membatasi atau setidaknya memberikan persyaratan pada pasokan senjata AS ke Israel, sekutu utama Washington di Timur Tengah.

ISRAEL DAN HAMAS MENANGGAPI BIDEN
Sumber-sumber senior Israel mengatakan bahwa "sangat luar biasa" bahwa Biden menekan Netanyahu atas kesepakatan penyanderaan daripada pemimpin Hamas Yahya Sinwar. Menanggapi komentar Israel tersebut, seorang pejabat AS mengatakan bahwa meskipun Biden telah menyatakan dengan jelas bahwa Hamas harus disalahkan atas kematian para sandera, "ia juga menyerukan agar pemerintah Israel segera membebaskan para sandera yang masih hilang."

Pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan kritik Biden terhadap Netanyahu merupakan "pengakuan Amerika bahwa Netanyahu bertanggung jawab atas upaya yang merusak untuk mencapai kesepakatan."

Ia mengatakan kelompok tersebut akan menanggapi secara positif usulan yang dapat mengamankan gencatan senjata permanen dan penarikan penuh Israel dari daerah kantong Palestina tersebut.

Netanyahu, yang menuduh Hamas menghalangi kesepakatan apa pun, mengatakan pada akhir pekan bahwa "siapa pun yang membunuh para sandera tidak menginginkan kesepakatan."

Para pengunjuk rasa Israel turun ke jalan pada hari Senin untuk hari kedua, dan serikat pekerja terbesar melancarkan pemogokan umum untuk menekan pemerintah agar mencapai kesepakatan untuk memulangkan para sandera.

Ribuan aktivis pro-Palestina yang menentang dukungan AS terhadap Israel menggelar protes di Kota New York pada hari Senin. Negosiasi yang berlangsung selama berbulan-bulan yang dimediasi oleh AS, Qatar, dan Mesir sejauh ini gagal mencapai kesepakatan mengenai proposal Gaza yang diajukan Biden pada bulan Mei.

Pertumpahan darah terbaru dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun dipicu pada tanggal 7 Oktober ketika Hamas menyerang Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Serangan Israel berikutnya terhadap daerah kantong yang diperintah Hamas tersebut telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina, menurut kantor berita local Kementerian Kesehatan, sementara juga menyebabkan hampir seluruh penduduk berjumlah 2,3 juta orang mengungsi, menyebabkan krisis kelaparan dan menimbulkan tuduhan genosida di Pengadilan Dunia yang dibantah Israel.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Dukungan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :