Minggu, 15/09/2024 22:39 WIB

Jaksa Agung Venezuela Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Pemimpin Oposisi Gonzalez

Jaksa Agung Venezuela Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Pemimpin Oposisi Gonzalez

Calon presiden oposisi Venezuela Edmundo Gonzalez berpidato di rapat umum penutupan kampanye pemilihan presiden di Caracas, Venezuela, 25 Juli 2024. REUTERS

CARACAS - Kantor jaksa agung Venezuela mengatakan pada hari Senin bahwa pengadilan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk pemimpin oposisi Edmundo Gonzalez. Mereka menuduhnya melakukan konspirasi dan kejahatan lainnya di tengah perselisihan mengenai apakah dia atau Presiden Nicolas Maduro yang memenangkan pemilihan pada bulan Juli.

Jaksa agung Tarek Saab membagikan foto surat perintah tersebut dengan Reuters melalui pesan di aplikasi Telegram. Masalah surat perintah penangkapan terhadap Gonzalez akan menjadi eskalasi besar dalam tindakan keras pemerintah Maduro terhadap oposisi setelah pemilihan yang disengketakan.

Otoritas pemilihan nasional Venezuela dan pengadilan tingginya mengatakan Maduro adalah pemenang pemilihan 28 Juli dengan lebih dari setengah suara, tetapi penghitungan yang dibagikan oleh oposisi menunjukkan kemenangan gemilang bagi Gonzalez.

Surat perintah itu menyusul komentar selama berminggu-minggu dari pejabat tinggi pemerintah yang mengatakan Gonzalez dan anggota oposisi lainnya harus masuk penjara.

"Orang ini berani mengatakan dia tidak mengakui hukum, dia tidak mengakui apa pun. Ada apa dengan itu? Itu tidak dapat diterima," kata Maduro dalam siaran di televisi pemerintah. "Warga setuju bahwa hukum harus berfungsi dan bahwa pejabat melakukan pekerjaan mereka."

Oposisi, beberapa negara Barat, dan badan internasional seperti panel ahli Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pemungutan suara itu tidak transparan dan menuntut publikasi penghitungan lengkap, dengan beberapa langsung mengecam penipuan.

Seorang juru bicara Gonzalez mengatakan mereka sedang menunggu pemberitahuan surat perintah penggeledahan tetapi tidak memberikan komentar lebih lanjut. Pihak oposisi selalu membantah melakukan kesalahan.

"Mereka telah kehilangan semua pemahaman tentang realitas," kata pemimpin oposisi Maria Corina Machado di X. "Mengancam Presiden terpilih hanya akan menghasilkan lebih banyak kohesi dan meningkatkan dukungan rakyat Venezuela dan dunia untuk Edmundo Gonzalez."

Pihak oposisi telah menerbitkan apa yang disebutnya sebagai salinan lebih dari 80% penghitungan suara di kotak suara di situs web publik, sementara dewan pemilihan mengatakan serangan siber pada malam pemilihan telah mencegah publikasi penghitungan suara lengkap.

Permintaan surat perintah tersebut tampaknya merupakan serangan terbaru pemerintah dalam apa yang disebut pihak oposisi sebagai tindakan keras terhadap perbedaan pendapat. Saab juga telah meluncurkan penyelidikan kriminal terhadap Machado dan situs web penghitungan suara oposisi itu sendiri dan penahanan terhadap tokoh oposisi dan pengunjuk rasa terus berlanjut dalam beberapa minggu sejak pemungutan suara.

Protes telah menyebabkan sedikitnya 27 kematian dan sekitar 2.400 penangkapan.
Gonzalez mengabaikan tiga panggilan untuk bersaksi tentang situs web tersebut, yang memungkinkan surat perintah dikeluarkan untuknya dalam kasus itu.

Surat perintah itu dikeluarkan setelah jaksa Luis Ernesto Duenez meminta Gonzalez ditangkap karena perampasan fungsi, pemalsuan dokumen publik, hasutan untuk tidak mematuhi hukum, konspirasi dan asosiasi, yang semuanya diduga dilakukan terhadap negara Venezuela.

Pengacara yang dimintai pendapat oleh Reuters mengatakan bahwa hukum Venezuela tidak mengizinkan mereka yang berusia di atas 70 tahun untuk menjalani hukuman di penjara, sebaliknya mengharuskan tahanan rumah.

Gonzalez, yang berusia 75 tahun minggu lalu, telah menikah dan memiliki dua orang putri; satu tinggal di Caracas dan yang lainnya tinggal di Madrid. AS telah menyusun daftar sekitar 60 pejabat pemerintah Venezuela dan anggota keluarga yang dapat dikenai sanksi dalam tindakan hukuman pertama setelah pemilihan, dua orang yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan kepada Reuters.

Sejak pemungutan suara, majelis nasional yang dikendalikan partai berkuasa mengesahkan undang-undang yang memperketat aturan tentang LSM dan serikat pekerja mengecam dugaan pengunduran diri paksa pegawai negeri yang menganut pandangan pro-oposisi.

Permintaan surat perintah itu muncul beberapa jam setelah pemerintahan Biden mengatakan sebuah pesawat yang digunakan oleh Maduro telah disita di Republik Dominika setelah menentukan bahwa pembeliannya melanggar sanksi AS, sebuah tindakan yang dikecam pemerintah Venezuela sebagai tindakan "pembajakan."

KEYWORD :

Pemilu Venezuela Pemimpin Oposisi Perintah Penangkapan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :