Senin, 16/09/2024 18:00 WIB

UT Terapkan Ijazah Digital, Rektor: Memudahkan Mahasiswa

Mulai tahun ini, Universitas Terbuka (UT) akan memberlakukan ijazah digital bagi para lulusannya

Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat (Foto: Youtube)

Jakarta, Jurnas.com - Mulai tahun ini, Universitas Terbuka (UT) akan memberlakukan ijazah digital bagi para lulusannya. Hal ini merupakan bagian dari upaya perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) tersebut untuk mewujudkan ekosistem digital.

Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, mengatakan bahwa sebelumnya ijazah masih ditangani secara konvensional. Namun, menurut dia cara itu tidak relevan lagi di tengah pesatnya teknologi digital.

Apalagi UT dikenal menerapkan digitalisasi mulai dari registrasi, perkuliahan, tutorial, dan kegiatan akhir semester. Sehingga penerbitan ijazah maupun sertifikat mesti dilakukan penyesuaian.

"Jadi bagaimana ijazah UT itu dapat dikelola dengan tiga prinsip utama, yaitu better, faster, dan cheaper. Kalau menggunakan mesin bisa lebih cepat, kalau dulu kan manual, waktu tempuhnya lama, melibatkan banyak orang, dan mahal," kata Prof. Ojat dalam konferensi pers Dies Natalis Universitas Terbuka ke-40, di UTCC, Tangerang Selatan, pada Rabu (4/9).

Dengan hadirnya ijazah digital ini, lanjut Prof. Ojat, maka kini lulusan tidak harus datang ke kantor regional Universitas Terbuka di masing-masing provinsi untuk mengurus ijazah, termasuk meminta legalisasi ijazah.

"Sekarang fotonya tidak perlu ditempel, tanda tangan tidak yang basah. Tapi kita arsipnya sudah ada. Kalau dulu cetak ijazah oleh kita, lalu dibuat versi PDF, lalu ditaruh di file digital. Sekarang langsung masuk file digital," Ojat menambahkan.

Digitalisasi juga merupakan salah satu upaya UT untuk menggaet segmen pasar generasi muda yang terdiri dari generasi milenial dan generasi Z. Sebagai PTNBH dengan sistem pembelajaran jarak jauh, UT rutin menggelar berbagai perlombaan yang dekat dengan generasi muda, di antaranya e-sport.

"UT sudah bertransformasi dan ini merupakan suatu terobosan penting dalam perjalanan anak bangsa, terutama komunitas pendidikan tinggi Tanah Air, di mana UT lahir sebagai pilihan bagi anak milenial dan gen Z. Dan saat generasi Aplha, juga akan jadi pilihan strategis ketika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi," ujar dia.

KEYWORD :

Ijazah Digital Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :