Kamis, 19/09/2024 05:54 WIB

Hadapi Perang Musim Dingin yang Sulit, Presiden Ukraina Rombak Kabinet Besar-besaran

Hadapi Perang Musim Dingin yang Sulit, Presiden Ukraina Rombak Kabinet Besar-besaran

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menghadiri konferensi di Kyiv, Ukraina, 25 Februari 2024. REUTERS

KYIV - Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengundurkan diri pada hari Rabu, pejabat paling terkenal sejauh ini. Kuleba mundur dalam perombakan pemerintah besar-besaran yang diperintahkan oleh Presiden Volodymyr Zelenskiy pada saat krusial dalam perang 30 bulan melawan Rusia.

Setelah Zelenskiy, Kuleba yang berusia 43 tahun adalah wajah Ukraina yang paling dikenal di luar negeri, bertemu dengan para pemimpin di seluruh dunia dan melobi dukungan militer dan politik dalam bahasa Inggris yang fasih.

Lebih banyak pengunduran diri dan pengangkatan pejabat diperkirakan akan terjadi dalam beberapa hari mendatang setelah lima menteri mengundurkan diri pada hari Selasa, yang oleh sekutu senior Zelenskiy disebut sebagai awal dari "pengaturan ulang" pemerintahan menjelang musim gugur dan musim dingin yang dingin.

Surat pengunduran diri Kuleba diunggah di Facebook oleh juru bicara parlemen, Ruslan Stefanchuk.

Zelensky mengatakan perubahan pada pemerintahan diperlukan untuk mencapai hasil yang dibutuhkan Ukraina.

"Musim gugur akan sangat penting bagi Ukraina. Dan lembaga negara kita harus dikonfigurasikan sehingga Ukraina mencapai semua hasil yang kita butuhkan - untuk kita semua," katanya pada hari Selasa.

Pasukan Rusia bergerak maju di Ukraina timur sementara pasukan Ukraina telah melakukan serangan berani ke wilayah Kursk Rusia.

Moskow telah mengintensifkan serangan pesawat nirawak dan rudal dalam beberapa minggu terakhir dan Kyiv melancarkan serangan pesawat nirawak massal terhadap infrastruktur energi Rusia selama akhir pekan.

Pada hari Selasa, sedikitnya 50 orang, termasuk tentara, tewas akibat dua rudal di kota Poltava di Ukraina tengah dalam serangan tunggal paling mematikan dalam perang tahun ini.

Akhir bulan ini Zelenskiy akan pergi ke Amerika Serikat, di mana ia berharap untuk menyampaikan "rencana kemenangan" kepada Presiden AS Joe Biden, sekutu utamanya.

Kremlin mengatakan bahwa perubahan pemerintahan di Ukraina tidak akan memengaruhi proses negosiasi perdamaian dengan cara apa pun, meskipun pembicaraan semacam itu tampaknya masih jauh dari harapan karena kedua pihak yang bertikai masih jauh dari tujuan mereka.

Menurut anggota parlemen Yaroslav Zheleznyak, komite parlemen akan mempertimbangkan pengunduran diri tersebut dan kemudian parlemen akan memberikan suara atas pengunduran diri tersebut dalam apa yang biasanya merupakan formalitas. Pengangkatan baru tersebut kemungkinan akan disetujui paling cepat pada hari Kamis.

Zelensky diperkirakan akan mencalonkan kandidatnya untuk menteri luar negeri baru pada hari Rabu, dengan wakil menteri luar negeri pertama Andrii Sybiha di antara para calon terdepan. Pada hari Selasa, Menteri Industri Strategis Oleksandr Kamyshin, Wakil Perdana Menteri Olha Stefanishyna, dan menteri kehakiman, lingkungan hidup, dan reintegrasi mengundurkan diri.

Setidaknya lima jabatan telah kosong sejak para menteri dipecat atau mengundurkan diri awal tahun ini, termasuk kementerian pertanian dan infrastruktur yang penting.

Anggota parlemen oposisi Iryna Herashchenko mengatakan: "Ini adalah pemerintahan tanpa menteri ... krisis intelektual dan personel yang tidak diperhatikan oleh pihak berwenang".

Dia menyerukan pemerintahan persatuan nasional yang akan mengakhiri cengkeraman ketat pada kendali kekuasaan yang dipegang oleh tim politik Zelenskiy.

KEYWORD :

Menlu Ukraina Perombakan Kabinet Mengundurkan Diri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :