Senin, 16/09/2024 13:21 WIB

Kremlin Sebut Ancaman dari Barat Memaksa Perubahan pada Doktrin Nuklirnya

Kremlin Sebut Ancaman dari Barat Memaksa Perubahan pada Doktrin Nuklirnya

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov di Moskow, Rusia 31 Juli 2024. REUTERS

VLADIVOSTOK - Kremlin mengatakan pada hari Rabu bahwa Rusia menyesuaikan doktrin nuklirnya karena Amerika Serikat Negara-negara dan sekutu Baratnya mengancam Rusia dengan meningkatkan perang di Ukraina dan mengabaikan kepentingan keamanan sah Moskow.

Rusia, negara dengan kekuatan nuklir terbesar di dunia, membuat perubahan pada doktrin nuklirnya - yang menetapkan keadaan di mana Moskow akan menggunakan senjata semacam itu - karena meningkatnya dukungan Barat terhadap Ukraina yang diinvasi Rusia pada tahun 2022.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dalam penjelasan paling rinci Moskow hingga saat ini, mengaitkan langkah tersebut secara langsung dengan "ancaman" yang diciptakan oleh Barat dan menyalahkan Amerika Serikat karena menghancurkan arsitektur keamanan pasca-Perang Dingin di Eropa.

Barat, kata Peskov, telah menolak dialog dengan Rusia dan mengambil tindakan terhadap kepentingan keamanannya sambil memicu "perang panas di Ukraina."
"Amerika Serikat-lah yang menjadi dalang dari proses memprovokasi ketegangan," kata Peskov.

Peskov mengindikasikan bahwa revisi doktrin nuklir masih dalam tahap awal, dengan mengatakan bahwa ketegangan saat ini akan dianalisis dengan saksama dan kemudian menjadi dasar perubahan yang diusulkan.

Doktrin nuklir Rusia yang diterbitkan saat ini, yang ditetapkan dalam dekrit tahun 2020 oleh Presiden Vladimir Putin, mengatakan Rusia dapat menggunakan senjata nuklir jika terjadi serangan nuklir oleh musuh atau serangan konvensional yang mengancam keberadaan negara.

Rusia dan Amerika Serikat sejauh ini merupakan kekuatan nuklir terbesar di dunia, yang memiliki sekitar 88% senjata nuklir dunia, menurut Federasi Ilmuwan Amerika, membuka tab baru. Keduanya memodernisasi persenjataan nuklir mereka sementara China dengan cepat meningkatkan persenjataan nuklirnya.

Perang di Ukraina telah memicu konfrontasi terbesar antara Rusia dan Barat sejak Krisis Rudal Kuba tahun 1962, dengan kedua belah pihak mengatakan mereka tidak mampu untuk kalah dalam konflik tersebut.

PERANG UKRAINA
Seiring dengan kemajuan Rusia, yang kini menguasai 18% wilayah Ukraina, Kyiv telah berulang kali meminta lebih banyak senjata Barat dan izin untuk menggunakan senjata jarak jauh yang dipasok Barat dalam serangannya yang jauh ke wilayah Rusia.

AS hampir mencapai kesepakatan untuk memberi Ukraina rudal jelajah jarak jauh yang dapat menjangkau jauh ke Rusia, tetapi Kyiv perlu menunggu beberapa bulan karena AS sedang mengatasi masalah teknis sebelum pengiriman apa pun, kata pejabat AS.

Mengirim Rudal Jarak Jauh Udara-ke-Permukaan Gabungan (JASSM) ke Ukraina dapat secara signifikan mengubah lanskap strategis perang dengan menempatkan lebih banyak wilayah Rusia dalam jangkauan amunisi berpemandu presisi yang kuat, yang menjadi perhatian penting pemerintahan Biden, kata para pejabat.

Peskov mengatakan sudah jelas bahwa Ukraina akan bergerak untuk menyerang target yang jauh di Rusia dengan senjata Barat.

Kementerian luar negeri Rusia mengatakan jika Rusia diserang dengan senjata jarak jauh, responsnya akan segera dan "sangat menyakitkan". "Mereka kehilangan rasa realitas, mereka sama sekali tidak memikirkan risiko eskalasi konflik yang lebih berbahaya, bahkan dalam konteks kepentingan mereka sendiri," kata Maria Zakharova, juru bicara Kementerian Luar Negeri.

"Kami ingin memperingatkan politisi yang tidak bertanggung jawab di UE, NATO, dan luar negeri - jika terjadi tindakan agresif yang tepat oleh rezim Kyiv, tanggapan Rusia akan segera menyusul."

KEYWORD :

Putin Rusia Ancaman Barat Siapkan Rudal Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :