Senin, 16/09/2024 13:27 WIB

Sebut Sebagai Gertakan Putin, Lavrov Peringatkan AS agar Tidak Mengejek Garis Merah Rusia

Sebut Sebagai Gertakan Putin, Lavrov Peringatkan AS agar Tidak Mengejek Garis Merah Rusia

Menlu Rusia Sergei Lavrov menghadiri konferensi pers dengan Menlu Senegal Yassine Fall, di Moskow, Rusia, 29 Agustus 2024. REUTERS

MOSKOW - Menlu Rusia Sergei Lavrov, menanggapi pertanyaan tentang potensi pengiriman rudal jarak jauh AS ke Ukraina, memperingatkan Amerika Serikat pada hari Rabu agar tidak bercanda tentang "garis merah" Rusia.

Lavrov mengatakan AS mulai melupakan rasa saling mencegah yang telah menopang keseimbangan keamanan antara Moskow dan Washington sejak Perang Dingin, dan hal ini berbahaya.

Ia mengomentari laporan Reuters bahwa AS hampir mencapai kesepakatan untuk memasok Ukraina dengan rudal jelajah JASSM jarak jauh yang dapat menjangkau jauh ke dalam wilayah Rusia - yang telah diperjuangkan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.

"Saya tidak akan terkejut dengan apa pun - Amerika telah melewati ambang batas yang mereka tetapkan sendiri. Mereka dihasut, dan Zelenskiy tentu saja melihat ini dan memanfaatkannya," kata Lavrov kepada seorang pewawancara TV Rusia.

"Tetapi mereka seharusnya mengerti - mereka bercanda tentang garis merah kita di sini. Mereka seharusnya tidak bercanda tentang garis merah kita." Presiden Vladimir Putin telah berulang kali memperingatkan Barat sejak meluncurkan apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina pada tahun 2022 agar tidak mencoba menggagalkan Rusia, yang memiliki persenjataan nuklir terbesar di dunia.

Namun, Washington dan sekutunya telah meningkatkan bantuan militer ke Ukraina, termasuk dengan menyediakan tank, rudal canggih, dan jet tempur F-16.

Hal itu telah mendorong beberapa politisi Barat untuk menyatakan bahwa retorika nuklir Putin hanyalah gertakan dan bahwa AS dan NATO harus berusaha sekuat tenaga untuk membantu Ukraina memenangkan perang. Zelenskiy mengatakan bahwa serangan Ukraina ke Rusia, yang diluncurkan pada 6 Agustus, mengolok-olok garis merah Putin.

Lavrov mengatakan Washington tahu di mana letak batasan ini, tetapi salah jika meyakini konsekuensi dari eskalasi perang di Ukraina akan diderita terutama oleh Eropa.

"Mereka memiliki keyakinan genetik bahwa tidak seorang pun akan menyentuh mereka," kata Lavrov. Hal ini, katanya, merusak semua prinsip yang telah mendukung stabilitas strategis dengan Washington sejak zaman Soviet.
"Perasaan saling mencegah ini - entah mengapa mereka mulai kehilangannya. Ini berbahaya," katanya.

PERINGATAN
Lavrov menyinggung pernyataan penasihat keamanan nasional Gedung Putih John Kirby, yang mengatakan pada bulan Juni bahwa Presiden Joe Biden telah berulang kali mengatakan Washington tidak mencari "Perang Dunia Ketiga, buka tab baru".
Kirby mengatakan eskalasi besar perang Ukraina dapat memiliki "konsekuensi bencana, berpotensi, di seluruh benua Eropa" dan tidak akan baik bagi kepentingan AS.

Ini adalah kedua kalinya dalam waktu lebih dari seminggu Lavrov memperingatkan AS bahwa perang dunia ketiga tidak akan terbatas di Eropa.

Kremlin mengatakan pada hari Rabu bahwa Rusia membuat perubahan pada doktrin nuklirnya karena Washington dan sekutunya mengancam Rusia dengan meningkatkan perang di Ukraina dan mengabaikan apa yang disebutnya sebagai kepentingan keamanan sah Moskow.

Kremlin tidak mengatakan bagaimana rencananya untuk memperbarui dokumen kebijakan yang menetapkan keadaan di mana ia mungkin menggunakan senjata nuklir, atau kapan perubahan akan berlaku.

KEYWORD :

Rusia Ukraina Peringatkan Barat Rudal Jarak Jauh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :