Senin, 16/09/2024 13:20 WIB

Badan anti-Korupsi Ukraina Memecat Pejabat Terkait Kasus Kebocoran Informasi

Badan anti-Korupsi Ukraina Memecat Pejabat Terkait Kasus Kebocoran Informasi

Bendera Ukraina berkibar di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di Kyiv, Ukraina, 12 Mei 2022. REUTERS

KYIV - Biro Antikorupsi Nasional Ukraina (NABU) mengatakan pada Selasa bahwa mereka telah memecat wakil pertamanya terkait dugaan kasus kebocoran di dalam badan yang mempelopori upaya negara kandidat Uni Eropa itu untuk mengatasi korupsi.

NABU mengatakan di aplikasi pesan Telegram bahwa komisi disiplinnya menemukan bahwa wakil tersebut telah melakukan tindakan "yang bertujuan untuk mendiskreditkan secara pribadi dan profesional seorang karyawan biro yang mengirimkan catatan tentang kemungkinan fakta kebocoran informasi".

Badan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut dan tidak menyebutkan nama orang tersebut. Gizo Uglava tercantum di situs webnya sebagai pemegang jabatan tersebut dan ia mengunggah pernyataan di Facebook yang membantah segala kesalahan.

"Langkah selanjutnya untuk membuktikan ketidakbersalahan saya dalam kasus-kasus yang menjerat saya adalah dengan mengajukan gugatan ke pengadilan," kata Uglava.

Anastasia Radina, kepala komite antikorupsi parlemen, mengatakan di Facebook bahwa pejabat tersebut telah diberhentikan karena memberikan tekanan kepada seorang whistleblower yang telah melaporkan kemungkinan kebocoran informasi.

Sumber penegak hukum mengatakan pada bulan Mei bahwa kebocoran tersebut telah membahayakan penyelidikan tingkat tinggi terhadap proyek pembangunan jalan yang melibatkan uang pemerintah.

Memberantas korupsi pejabat merupakan salah satu syarat utama bagi Ukraina saat berupaya menjadi anggota UE. Jajak pendapat menunjukkan bahwa warga Ukraina, yang lelah dengan perang melawan Rusia selama lebih dari 2/1-2 tahun, semakin tidak menoleransi impunitas di antara pejabat negara.

KEYWORD :

Ukraina Anti Korupsi Pejabat Biro Dipecat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :