Senin, 16/09/2024 18:17 WIB

Pemimpin Oposisi Venezuela Machado Ingin AS Berbuat Lebih Banyak dalam Sengketa Pemilu

Pemimpin Oposisi Venezuela Machado Ingin AS Berbuat Lebih Banyak dalam Sengketa Pemilu

Pemimpin oposisi Venezuela Maria Corina Machado terlihat di layar laptop saat konferensi pers virtual dengan media asing, di Caracas, Venezuela, 5 September 2024. REUTERS

BOGOTA - Pemimpin oposisi Venezuela Maria Corina Machado mengatakan pada hari Kamis bahwa ia ingin Amerika Serikat melakukan "lebih banyak" untuk menekan Presiden Nicolas Maduro di tengah pertikaian yang sedang berlangsung mengenai pemilihan presiden bulan Juli.

Negara-negara demokrasi di seluruh dunia telah mengkritik penanganan pemerintah Venezuela terhadap pemungutan suara 28 Juli, yang menurut pejabat pemilu dan pengadilan tingginya dimenangkan oleh Maduro, yang telah berkuasa sejak 2013. Pihak berwenang belum merilis penghitungan suara lengkap, menyalahkan serangan siber.

Namun, penghitungan suara di tingkat kotak suara yang diunggah oleh oposisi menunjukkan kemenangan gemilang bagi kandidat koalisinya Edmundo Gonzalez. Pengamat pemilu, termasuk Carter Center dan panel ahli Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengatakan bahwa pemungutan suara itu tidak adil.

Sebagai tindakan hukuman awal, Amerika Serikat telah menyusun daftar sekitar 60 pejabat pemerintah Venezuela dan anggota keluarga mereka yang dapat menghadapi sanksi dan larangan visa AS, sumber mengatakan kepada Reuters bulan lalu.

Namun, AS belum mengambil tindakan.
Menurut dua orang yang mengetahui masalah tersebut, pejabat AS sejak saat itu telah mempersempit nama-nama target potensial, yang dapat mencakup anggota dewan pemilihan Venezuela, hakim senior, anggota parlemen, dan komandan keamanan dan intelijen. Waktu tindakan apa pun masih belum jelas.

Pejabat Venezuela - termasuk Maduro dan banyak orang di lingkaran dalamnya - dan industri minyak utamanya telah dikenai sanksi luas oleh AS dan Uni Eropa.

"Saya yakin Amerika Serikat harus berbuat lebih banyak dan saya telah menjelaskannya dengan sangat jelas kepada mereka dan negara-negara lain," kata Machado dalam konferensi pers daring pada hari Kamis, seraya menambahkan bahwa ada mekanisme internasional untuk menghukum mereka yang melanggar hak asasi manusia.

"Kami sedang mempertimbangkan berbagai opsi untuk menunjukkan kepada Maduro dan perwakilannya bahwa kesalahan tata kelola mereka di Venezuela memiliki konsekuensi," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, seraya menambahkan bahwa mereka belum mengumumkan apa pun saat ini.

Gedung Putih tidak segera menjawab pertanyaan Reuters tentang pernyataan Machado.

Berakhirnya era Maduro juga akan menguntungkan investor dan kreditor internasional, kata Machado.

Perkiraan jumlah utang Venezuela kepada kreditor bervariasi dari $60 miliar hingga $150 miliar.

"Perusahaan harus memahami bahwa demi kepentingan terbaik mereka, dan juga kreditor Venezuela, agar transisi berjalan secepat mungkin, dan tidak mendukung rezim tersebut," kata Machado.

Produsen minyak AS Chevron (CVX.N), menerima lisensi dari Departemen Keuangan pada tahun 2022 yang memungkinkannya untuk memperluas produksi minyak di Venezuela dan melanjutkan ekspor minyak mentah ke Amerika Serikat.

Sejak tahun lalu, perusahaan-perusahaan Eropa termasuk Repsol (REP.MC), dan Maurel & Prom (MAUP.PA), juga telah menerima otorisasi AS untuk memperluas bisnis dengan perusahaan minyak negara PDVSA.

Chevron, Repsol, dan Maurel & Prom tidak segera membalas permintaan komentar.

PERINTAH DAN KEKHAWATIRAN
Setidaknya dua lusin orang tewas dalam protes pasca-pemilu dan beberapa tokoh oposisi utama telah ditahan.

Pemerintah Maduro menyebut oposisi sebagai gerakan fasis yang bersekutu dengan kekuatan imperialis di luar negeri dan menyalahkannya atas kematian akibat protes tersebut. Para penentang dan kelompok hak asasi manusia menuduh pemerintah melakukan kampanye penindasan.

Brasil dan Kolombia, yang para pemimpinnya secara tradisional memiliki hubungan yang lebih bersahabat dengan Maduro, menyatakan kekhawatiran yang mendalam minggu ini atas surat perintah penangkapan yang dikeluarkan untuk Gonzalez, yang menyusul komentar selama berminggu-minggu dari pejabat pemerintah Venezuela bahwa Gonzalez, Machado, dan anggota oposisi lainnya harus dipenjara.

Penasihat kebijakan luar negeri Brasil Celso Amorim menyebutnya sebagai "eskalasi otoriter," sementara menteri luar negeri Kolombia mengatakan presiden Kolombia, Brasil, dan Meksiko mungkin akan menelepon Maduro untuk menyatakan posisi mereka. Panggilan tersebut belum dilakukan.

Pengacara Gonzalez, Jose Vicente Haro, bertemu dengan Jaksa Agung Tarek Saab pada hari Rabu untuk menyerahkan surat pernyataan yang menguraikan mengapa ia dan Gonzalez percaya e Gonzalez tidak melanggar hukum apa pun dan mengapa mantan kandidat itu tidak menghadiri tiga panggilan untuk bersaksi tentang situs web penghitungan suara oposisi.

Saab mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa dokumen itu "tidak pantas" dan bahwa surat perintah untuk Gonzalez, 75 tahun, tetap berlaku.

Komentar Saab menunjukkan bahwa Gonzalez "tidak memiliki jaminan konstitusional apa pun," kata Haro.

"Jaksa Agung secara praktis telah menghukumnya, dia tidak hanya mengaitkan kejahatan kepadanya, tetapi juga menghukumnya atas hal-hal yang bukan menjadi tanggung jawabnya," kata Haro. "Dia ingin menempatkannya dalam situasi perampasan kebebasan ... untuk kemudian menolak hak-haknya."

Hukum Venezuela tidak mengizinkan mereka yang berusia di atas 70 tahun untuk menjalani hukuman di penjara, sebaliknya mengharuskan tahanan rumah.

Ketika ditanya tentang seorang pelaut AS yang ditahan di Venezuela, Saab mengatakan pelaut itu memiliki paspor Meksiko dan telah memasuki negara itu tanpa dokumentasi atau pembenaran apa pun.

KEYWORD :

Pemilu Venezuela Pemimpin Oposisi Perintah Penangkapan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :