Senin, 16/09/2024 21:29 WIB

PM Trudeau Kehilangan Dukungan Partai, Pemilu Kanada Kemungkinan Bakal Dipercepat

PM Trudeau Kehilangan Dukungan Partai, Pemilu Kanada Kemungkinan Bakal Dipercepat

Jagmeet Singh, pemimpin oposisi berhaluan kiri New Democrats, berbicara kepada wartawan di Toronto, Kanada, 5 September 2024. REUTERS

OTTAWA - Pemilu Kanada yang dipercepat lebih mungkin terjadi sekarang setelah Perdana Menteri Justin Trudeau kehilangan dukungan dari Partai Demokrat Baru yang membantu mempertahankan kekuasaannya, kata pemimpin partai tersebut pada hari Kamis.

Jagmeet Singh berbicara setelah menarik dukungan tanpa syaratnya untuk pemerintahan Liberal berhaluan kiri-tengah minoritas pada hari Rabu, yang memaksa Trudeau untuk mencari aliansi baru agar tetap menjabat hingga pemungutan suara federal yang harus diadakan pada akhir Oktober 2025.

Jajak pendapat menunjukkan Partai Liberal akan kalah telak dari oposisi resmi Partai Konservatif di tengah meningkatnya kejenuhan pemilih terhadap Trudeau, yang pertama kali berkuasa pada bulan November 2015, dan ketidakpuasan atas harga yang tinggi dan kekurangan perumahan.

Trudeau mengalami pukulan baru pada hari Kamis ketika pembantu dekatnya Jeremy Broadhurst, yang akan menjalankan kampanye pemilihan Partai Liberal, mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di X, Broadhurst menyebutkan keinginannya untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya. Namun, Toronto Star mengutip sumber-sumber Liberal yang mengatakan bahwa Broadhurst tidak berpikir Trudeau dapat menang.

Singh mengatakan NDP mengakhiri kesepakatan 2022 untuk secara otomatis mendukung Trudeau setelah mencapai banyak hal yang diinginkannya dalam hal peningkatan pengeluaran sosial dari pemerintah.

"Saya telah membatalkan perjanjian dengan Justin Trudeau, dan saya tahu itu berarti bahwa pemilihan umum sekarang lebih mungkin terjadi sebagai hasilnya. Kami siap untuk bertarung dalam pemilihan umum kapan pun itu terjadi," katanya kepada wartawan di Toronto.

Namun, ia juga mengatakan partainya yang berhaluan kiri-tengah - yang secara tradisional menikmati dukungan serikat pekerja - tidak senang bahwa Partai Liberal bulan lalu memaksa karyawan kereta api kembali bekerja, sebuah tindakan yang disebutnya sebagai "keputusan yang mengerikan".

Pemerintahan Trudeau aman untuk saat ini, karena hanya dapat dikalahkan jika partai-partai oposisi bersatu dan mendukung mosi tidak percaya.

Singh menghindari pertanyaan tentang apakah ia akan memilih untuk menggulingkan Trudeau, dengan mengatakan partainya akan memutuskan hal ini berdasarkan masalah per masalah. NDP adalah partai terbesar keempat di majelis rendah terpilih House of Commons. Partai Konservatif, yang mengatakan tidak ada perbedaan antara NDP dan Partai Liberal, kemungkinan akan mencoba memaksakan sebanyak mungkin mosi tidak percaya untuk menekan Singh dan membuat Partai Liberal tetap dalam posisi yang tidak menguntungkan alih-alih memerintah.

Partai Singh menghadapi dilema dalam beberapa bulan mendatang. Jika Singh mendukung Trudeau atau abstain dalam mosi tidak percaya, hal itu akan memungkinkan Partai Konservatif untuk terus menggambarkannya sebagai partai yang lemah. Jika ia memilih untuk menjatuhkan Trudeau, hal itu akan memicu pemilihan umum pada saat jajak pendapat menunjukkan dukungan yang lemah untuk NDP.

Skala tantangan yang dihadapi Trudeau menjadi jelas pada akhir Juni, ketika Partai Liberal kehilangan salah satu kursi teraman mereka kepada Partai Konservatif dalam pemilihan khusus.

Sebuah jajak pendapat Ekos yang dirilis pada 21 Agustus menempatkan Partai Konservatif pada dukungan publik sebesar 38,2%, cukup untuk memenangkan mayoritas mengingat adanya perpecahan suara di antara partai-partai kiri-tengah. Partai Liberal tertinggal jauh di belakang dengan 23,7% dan NDP pada 18,2%.

Shachi Kurl, presiden perusahaan jajak pendapat Angus Reid, mengatakan para pemilih tidak memberikan pujian apa pun kepada NDP atas pengeluaran ekstra untuk program-program sosial. Partai itu, imbuhnya, justru menderita karena hubungannya yang erat dengan Trudeau.

"Kecuali jika Anda mulai melihat NDP melonjak, apakah benar-benar menguntungkan partai, atau menguntungkan Jagmeet Singh, untuk memicu pemilihan umum?" katanya.
Seorang pejabat senior partai Liberal, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan partai itu tidak berencana untuk merekayasa pemilihan umum lebih awal dan akan berusaha untuk tetap berkuasa hingga Oktober 2025.
Trudeau pada hari Rabu juga menepis pembicaraan tentang pergi ke tempat pemungutan suara lebih awal.

KEYWORD :

Pemilu Kanada PM Trudeau Partai Pendukung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :