Selasa, 17/09/2024 00:46 WIB

Akhiri Operasi Sembilan Hari terhadap Militan Tepi Barat, Israel Hancurkan Infrastruktur

Akhiri Operasi Sembilan Hari terhadap Militan Tepi Barat, Israel Hancurkan Infrastruktur

Seorang anak Palestina berjalan di sepanjang jalan yang rusak, di kamp Jenin, di Tepi Barat yang diduduki Israel, 6 September 2024. REUTERS

JENIN - Pasukan Israel ditarik keluar dari kota Palestina Jenin pada hari Jumat, meninggalkan sejumlah besar bangunan dan infrastruktur yang rusak, menyusul salah satu operasi keamanan terbesar di Tepi Barat yang diduduki dalam beberapa bulan.

Penggali jalan mulai membersihkan tumpukan puing dan reruntuhan yang ditinggalkan oleh operasi tersebut, yang melibatkan ratusan tentara dan polisi yang didukung oleh helikopter dan pesawat nirawak yang memasuki semua wilayah kota dan kamp pengungsi yang berdekatan serta desa-desa di sekitarnya.

Ribuan penduduk mengungsi dari rumah mereka selama operasi sembilan hari, di mana pasukan terlibat dalam baku tembak dengan pejuang Palestina dari berbagai faksi termasuk Hamas dan Jihad Islam serta Fatah.

"Ketika mereka masuk, mereka menggunakan buldoser dan mulai menghancurkan segalanya. Mereka tidak meninggalkan apa pun," kata penduduk Jenin, Samaher Abu Nassa.

Layanan air dan listrik tetap terputus dan sekitar 20 km jalan digali oleh buldoser Israel, sebuah taktik yang menurut militer ditujukan untuk menetralkan bom pinggir jalan tetapi telah menghancurkan sebagian besar pusat kota.

Sebuah pernyataan dari militer mengatakan 30 bahan peledak yang ditanam di bawah jalan telah dibongkar.

Kementerian luar negeri Palestina menuduh militer mentransfer taktik yang digunakan untuk meratakan Jalur Gaza ke Tepi Barat.

Jenin, di bagian utara Tepi Barat, telah lama menjadi benteng faksi bersenjata Palestina, dan militer Israel mengatakan operasi itu, yang juga menargetkan kota Tulkarm, ditujukan untuk menggagalkan kelompok militan yang didukung Iran yang merencanakan serangan terhadap warga sipil Israel.

Dikatakan pasukan telah menewaskan 14 pejuang militan selama operasi itu, termasuk komandan lokal Hamas di Jenin. Pasukan juga menangkap 30 tersangka dan menyita senjata dan membongkar infrastruktur termasuk depot penyimpanan senjata bawah tanah di bawah masjid dan bengkel bahan peledak.

Pada hari Jumat, ribuan orang, termasuk sejumlah besar pria bersenjata yang melepaskan tembakan ke udara, mengikuti prosesi pemakaman bagi orang-orang yang tewas selama pertempuran. Banyak jenazah dibungkus dengan bendera Palestina atau bendera hijau, hitam, dan kuning milik Hamas, Jihad Islam, atau Fatah.

Secara keseluruhan, 21 orang tewas di Jenin selama operasi tersebut. Banyak yang diklaim sebagai anggota oleh faksi-faksi bersenjata, tetapi sejumlah lainnya adalah warga sipil yang tidak terlibat, termasuk seorang gadis berusia 16 tahun, yang tampaknya ditembak oleh penembak jitu saat melihat ke luar jendela.

Meskipun fokus utama militer Israel selama sebagian besar tahun lalu adalah di Gaza, Tepi Barat telah mengalami lonjakan kekerasan, dengan bentrokan berulang antara militer dan pejuang Palestina serta penggerebekan oleh pemukim Yahudi di desa-desa Palestina dan serangan oleh warga Palestina terhadap warga Israel.

Lebih dari 680 warga Palestina telah tewas di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, menurut angka kementerian kesehatan Palestina. Banyak yang merupakan pejuang bersenjata, tetapi yang lainnya adalah pemuda yang melemparkan batu ke arah protes atau warga sipil yang tidak terlibat dalam kekerasan tersebut. Dalam periode yang sama, puluhan warga sipil Israel tewas dalam serangan oleh warga Palestina atau dalam serangan roket dan rudal dari Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon selatan.

KEYWORD :

Israel Palestina Tepi Barat Operasi Besar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :