Selasa, 17/09/2024 01:08 WIB

Kepada Donatur Yahudi, Trump Janji akan Cabut Dukungan Federal untuk Universitas yang Antisemit

Kepada Donatur Yahudi, Trump Janji akan Cabut Dukungan Federal untuk Universitas yang Antisemit

Calon presiden dari Partai Republik AS Donald Trump berpidato di sebuah rapat umum di Glendale, Arizona, AS, 23 Agustus 2024. REUTER

LAS VEGAS - Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan kepada para donatur Yahudi pada hari Kamis bahwa universitas-universitas AS akan kehilangan akreditasi dan dukungan federal atas apa yang dia gambarkan sebagai "propaganda antisemit" jika dia terpilih ke Gedung Putih.

"Perguruan tinggi akan dan harus mengakhiri propaganda antisemit atau mereka akan kehilangan akreditasi dan dukungan federal," kata Trump, berbicara dari jarak jauh kepada lebih dari 1.000 donatur Koalisi Yahudi Republik di Las Vegas.

Protes mengguncang kampus-kampus pada musim semi, dengan para mahasiswa menentang serangan militer Israel di Gaza dan menuntut lembaga-lembaga untuk berhenti berbisnis dengan perusahaan-perusahaan yang mendukung Israel.

Partai Republik mengatakan protes tersebut menunjukkan beberapa Demokrat adalah antisemit yang mendukung kekacauan. Kelompok-kelompok protes mengatakan pihak berwenang secara tidak adil telah melabeli kritik mereka terhadap kebijakan Israel sebagai antisemit.

Asosiasi Universitas Amerika, yang mengatakan mewakili sekitar 69 universitas terkemuka AS, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Di Amerika Serikat, pemerintah federal tidak secara langsung mengakreditasi universitas tetapi memiliki peran dalam mengawasi sebagian besar organisasi swasta yang memberikan akreditasi kepada perguruan tinggi.

Dalam pidatonya, Trump juga mengatakan akan melarang pemukiman kembali pengungsi dari daerah yang "dipenuhi teroris" seperti Gaza dan menangkap "preman pro-Hamas" yang terlibat dalam vandalisme, yang tampaknya merujuk pada pengunjuk rasa mahasiswa.

Di bawah Trump dan Biden, jumlah warga Palestina yang diterima di AS sebagai pengungsi sama banyaknya. Dari tahun fiskal 2017-2020, AS menerima 114 pengungsi Palestina, menurut data Departemen Luar Negeri AS, dibandingkan dengan 124 pengungsi Palestina dari tahun fiskal 2021 hingga 31 Juli tahun ini.

Sementara Trump membuat beberapa usulan kebijakan Timur Tengah yang konkret untuk masa jabatan kedua, ia menggambarkan potensi kepresidenan Harris dengan istilah yang dahsyat bagi Israel.

"Anda akan ditinggalkan jika dia menjadi presiden. Dan saya pikir Anda perlu menjelaskan hal itu kepada rakyat Anda ... Anda tidak akan memiliki Israel jika dia menjadi presiden," kata Trump tanpa memberikan bukti untuk klaim tersebut.

Juru bicara kampanye Wakil Presiden Kamala Harris, Morgan Finkelstein, mengatakan Harris adalah pendukung Israel seumur hidup dan menentang antisemitisme.

Finkelstein menyoroti bahwa Trump pada tahun 2022 makan malam dengan penganut supremasi kulit putih Nick Fuentes di resor Mar-A-Lago miliknya dan bahwa pada tahun 2017 ia mengatakan ada "orang-orang yang sangat baik" di kedua sisi demonstrasi mematikan oleh kaum nasionalis kulit putih di Virginia.

Harris telah mendukung penuh dukungan kuat Presiden Joe Biden terhadap Israel dan menolak seruan dari beberapa orang di Partai Demokrat bahwa Washington harus mempertimbangkan kembali pengiriman senjata ke Israel karena banyaknya korban tewas Palestina di Gaza.

Namun, ia telah menyerukan gencatan senjata di Gaza, menyebut situasi di sana "menghancurkan."

DAFTAR KEINGINAN UNTUK TRUMP
Dana Kemenangan Koalisi Yahudi Republik mengatakan bahwa mereka menghabiskan sekitar $15 juta untuk mendukung Trump dengan membantu mendatangkan pemilih Yahudi di negara-negara medan perang.

Jaringan tersebut telah didukung secara finansial oleh Sheldon Adelson, mendiang maestro kasino Amerika, dan jandanya yang lahir di Israel, Miriam Adelson.

Anggota RJC berkumpul minggu ini untuk konferensi tahunan mereka di The Venetian Resort, yang dikembangkan oleh perusahaan Sheldon Adelson, Las Vegas Sands Corp.

Miriam Adelson juga merupakan pemodal utama dari kelompok pembelanjaan super PAC yang mengatakan bahwa mereka ingin mengumpulkan lebih dari $100 juta untuk mendukung Trump.

Dalam setengah lusin wawancara Reuters di konferensi tersebut, para peserta secara umum menyuarakan tiga prioritas untuk masa jabatan kedua Trump: Memperluas Perjanjian Abraham, mengambil langkah lebih keras terhadap Iran, dan mereformasi atau menghentikan pendanaan PBB.

Pemerintahan Trump pada tahun 2020 membantu menjadi perantara Perjanjian Abraham, serangkaian perjanjian normalisasi antara Israel dan negara-negara Arab.

Namun, rencana yang didukung AS untuk menormalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel ditunda tahun lalu karena perang meningkat antara Israel dan Hamas.

Ketua RJC Norm Coleman, yang juga pelobi untuk Arab Saudi di Washington, mengatakan kepada Reuters bahwa ia masih berharap Perjanjian Abraham dapat diperluas di bawah Biden. "Namun jika itu tidak dilakukan, saya berharap Presiden Trump akan melakukan apa yang telah dilakukannya sebelumnya dan berperan dalam menyatukan kawasan tersebut," kata Coleman.

KEYWORD :

Donald Trump Donatur Yahudi Kampus Antisemit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :