Selasa, 17/09/2024 09:15 WIB

Pengacara Minta Tambahan Waktu untuk Banding Kasus Pidana, Hakim Tunda Vonis Trump

Pengacara Minta Tambahan Waktu untuk Banding Kasus Pidana, Hakim Tunda Vonis Trump

Donald Trump, Wilkes-Barre, Pennsylvania, 17 Agustus 2024. REUTERS

NEW YORK - Seorang hakim New York pada hari Jumat menunda vonis mantan Presiden AS Donald Trump dalam kasus pidana uang tutup mulut hingga setelah pemilu 5 November, dengan menulis bahwa ia ingin menghindari persepsi yang tidak beralasan tentang motif politik.

Trump, calon presiden dari Partai Republik, sebelumnya telah dijadwalkan untuk dijatuhi hukuman pada 18 September. Pengacaranya pada bulan Agustus meminta Hakim Juan Merchan untuk menunda tanggal vonisnya hingga setelah pemungutan suara, dengan alasan "tujuan campur tangan pemilu yang jelas." Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg, yang mengajukan tuntutan terhadap Trump, adalah seorang Demokrat.

Merchan mengatakan pada hari Jumat bahwa ia sekarang berencana untuk menjatuhkan hukuman kepada Trump pada tanggal 26 November, kecuali jika kasusnya dibatalkan sebelum tanggal tersebut.

"Penetapan hukuman akan ditunda untuk menghindari kesan - betapapun tidak beralasannya - bahwa proses tersebut telah dipengaruhi oleh atau berusaha untuk mempengaruhi pemilihan Presiden yang akan datang di mana Terdakwa menjadi kandidat," tulis hakim, membuka tab baru. "Pengadilan adalah lembaga yang adil, tidak memihak, dan apolitis."

Dalam sebuah posting di platform Truth Social miliknya, Trump mengatakan bahwa ia menghargai bahwa Merchan mencatat bahwa hukuman hanya akan terjadi jika hakim menolak mosi yang tertunda oleh pengacaranya untuk membatalkan putusan juri.

"Kasus ini seharusnya dihentikan dengan benar, saat kita mempersiapkan diri untuk Pemilihan Paling Penting dalam Sejarah Negara kita," tulis Trump.

Dalam persidangan pidana pertama yang melibatkan mantan atau presiden AS saat ini, Trump divonis bersalah pada tanggal 30 Mei atas 34 dakwaan pidana pemalsuan catatan bisnis untuk menutupi pembayaran sebesar $130.000 yang dilakukan pengacaranya saat itu kepada bintang porno Stormy Daniels karena ia bungkam sebelum pemilihan umum 2016 tentang hubungan seksual yang ia katakan ia lakukan dengan Trump satu dekade sebelumnya.

Trump menyangkal hubungan seksual tersebut dan telah berjanji untuk mengajukan banding atas putusan tersebut setelah ia dijatuhi hukuman.

Seorang juru bicara Bragg mengatakan, "Kantor Kejaksaan Manhattan siap untuk menjatuhkan hukuman pada tanggal baru yang ditetapkan oleh pengadilan."

`MENYUSUN JARUM`
Dalam putusannya yang terdiri dari empat halaman, Merchan menulis bahwa ia akan memutuskan permintaan Trump untuk membatalkan putusan karena keputusan penting Mahkamah Agung AS tentang kekebalan presiden pada 12 November.

Ia sebelumnya berencana untuk memutuskan pada 16 September.
Putusan Mahkamah Agung 6-3, yang terkait dengan kasus pidana terpisah yang dihadapi Trump, menemukan bahwa presiden tidak dapat dituntut secara pidana atas tindakan resmi mereka, dan bahwa bukti tindakan resmi presiden tidak dapat digunakan untuk membantu membuktikan kasus pidana yang melibatkan tindakan tidak resmi.

Jaksa penuntut di kantor Bragg berpendapat bahwa kasus mereka melibatkan perilaku pribadi Trump, bukan tindakan resmi, jadi tidak ada alasan untuk membatalkan putusan.

Namun, mereka tidak mengambil posisi apa pun atas permintaan Trump untuk menunda hukuman, dengan mengatakan dalam pengajuan pada 16 Agustus bahwa mereka menyerahkan pertanyaan tersebut kepada Merchan. Jaksa penuntut mengatakan pengadilan banding dapat menunda hukuman untuk memberi waktu bagi dirinya sendiri guna mempertimbangkan argumen Trump, sebuah langkah yang menurut mereka akan "mengganggu."

Dengan menolak untuk mengadvokasi tanggal hukuman sebelum pemilihan, Bragg mungkin menyadari klaim Trump yang sering diulang-ulang tentang campur tangan pemilu, kata George Grasso, seorang hakim negara bagian New York yang sudah pensiun yang menghadiri persidangan Trump.

"Dia mungkin cukup peka untuk membuka dirinya terhadap tuduhan dari Trump dan pendukung Trump bahwa dia terlalu politis," kata Grasso. "Dia melakukan kesalahan."

Memalsukan catatan bisnis dapat dihukum hingga empat tahun penjara, meskipun hukuman seperti denda atau masa percobaan lebih umum.

Jika Trump memenangkan Gedung Putih, ia berpotensi memerintahkan Departemen Kehakiman untuk mencabut tuntutan campur tangan pemilu federal terhadapnya. Ia tidak akan memiliki kewenangan untuk mengakhiri kasus negara bagian New York atau kasus campur tangan pemilu di Georgia.

KEYWORD :

Donald Trump Kasus Hukum Uang Tutup Mulut




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :