Selasa, 17/09/2024 09:02 WIB

Sempat Isyaratkan Pensiun, Van Dijk Komitmen di Timnas

Virgil van Dijk kembali menegaskan komitmennya terhadap tim nasional Belanda, meski sebelumnya sempat mengisyaratkan pensiun

Kapten Timnas Belanda, Virgil van Dijk (Foto: Goal)

Amsterdam, Jurnas.com - Virgil van Dijk kembali menegaskan komitmennya terhadap tim nasional Belanda, meski sebelumnya sempat mengisyaratkan pensiun dari karir internasional.

Usai kalah dari Inggris di semifinal Euro 2024, kapten Liverpool itu mengatakan bahwa dirinya butuh waktu untuk memikirkan masa depan di level internasional dan klub. Sepanjang turnamen, Van Dijk memang menjadi sasaran kritik ketika Belanda berjuang tampil konsisten.

Namun, Van Dijk kembali tampil untuk De Oranje dalam pertandingan UEFA Nations League melawan Bosnia dengan kemenangan telak 5-2.

"Mungkin saat itu tampak bahwa itu bisa menjadi pertandingan internasional terakhir saya. Namun, saya adalah seorang pejuang dan petarung dan saya tidak akan pernah menyerah begitu saja demi Oranje," kata Van Dijk dikutip dari Goal pada Minggu (8/9).

"Pada akhirnya, Anda harus melihat kemampuan Anda sendiri dan menilai apakah Anda masih cukup penting. Saya tentu saja penting. Di dalam dan di luar lapangan," dia menambahkan.

Sebelum laga kontra Bosnia, pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman mengatakan bahwa dia berupaya membujuk pemain 33 tahun itu supaya bertahan setidaknya hingga usai Piala Dunia 2026.

Apalagi, dengan memegang posisi sebagai kapten, peran Van Dijk sangat dibutuhkan dalam Timnas Belanda, meski De Oranje gagal dalam Euro 2024.

"Dia tetap menjadi kapten. Dia telah melakukannya dengan sangat baik dan kami juga membahas bagaimana ia dapat mengelolanya dengan lebih baik dalam kombinasi dengan permainannya sendiri. Sangat positif bahwa dia berdiri untuk tim," ujar Koeman.

Van Dijk telah tampil sebanyak 75 kali untuk negaranya, setelah melakoni debutnya pada 2015 silam. Meski sudah di usia kepala tiga, dia tetap menjadi andalan bagi Belanda dan Liverpool.

KEYWORD :

Virgil van Dijk Timnas Belanda UEFA Nations League




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :