Kamis, 19/09/2024 10:52 WIB

Jumlah Mahasiswa Baru Polimedia Kian Meningkat Tiap Tahun

Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) konsisten mencatatkan pertumbuhan positif dalam hal jumlah mahasiswa baru setiap tahun ajaran baru.

Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) konsisten mencatatkan pertumbuhan positif dalam hal jumlah mahasiswa baru setiap tahun ajaran baru.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tahun ini jumlah mahasiswa baru yang mendaftar di Polimedia kembali mengalami kenaikan sebesar 176 persen. Selain itu untuk jumlah mahasiswa yang melakukan pendaftaran ulang juga meningkat 146 mahasiswa dari tahun sebelumnya.

"Polimedia saat ini menerima lebih dari 1.600 mahasiswa baru untuk di Kampus Jakarta, PSDKU Medan, dan PSDKU Makassar," kata Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika dalam Sidang Terbuka Senat dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2024/2025 di Tower Polimedia, Jakarta.

Polimedia tahun ini menerima 1.647 mahasiswa baru. Mereka yang lolos berasal dari Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), Seleksi Mandiri Bersama, dan Jalur Mandiri Reguler.

"Kita patut berbangga diri bahwa dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Polimedia menempati posisi ke-9 PTN vokasi dengan jumlah pendaftar jalur SNBP terbanyak, posisi ke-15 PTN vokasi dengan jumlah pendaftar terbanyak jalur SNBT, dan posisi ke-12 dengan skor UTBK tertinggi dengan nilai rata-rata 524,32 dari 20 PTN vokasi," dia menambahkan.

Tipri juga mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa baru yang telah lulus dan diterima di Polimedia. Adapun mahasiswa yang saat ini hadir dalam perhelatan PKKMB, telah melalui proses seleksi yang ketat hingga akhirnya lulus tes dengan prestasi yang membanggakan.

"Selamat bagi kalian yang telah lulus diterima di Polimedia. Jumlah ini tentunya telah memenuhi kapasitas Polimedia untuk melaksanakan penyelenggaraan tridharma Perguruan Tinggi meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, secara optimal guna menghasilkan lulusan yang kreatif, kompeten dan kompetitif," ujar dia.

Politeknik Negeri Media Kreatif merupakan kampus vokasi yang secara khusus dirancang untuk mempersiapkan SDM berkualitas di bidang industri kreatif, yang tentunya tidak asing dengan dunia kreativitas.

Industri kreatif adalah industri yang terbangun atas dasar kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk dapat menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan optimalisasi eksplorasi terhadap daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Tipri yang menyampaikan bahwa kreativitas dibangun dengan fasilitas melalui berbagai kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) seperti magang, studi independen, wirausaha merdeka, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

"Setidaknya ada 142 mahasiswa mengikuti MBKM," kata Tipri.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Musik, Film, dan Animasi dari Kemenparekraf, Mohammad Amin. Dalam orasi ilmiahnya, dia mengatakan mahasiswa Polimedia perlu mengembangkan keterampilan adaptif untuk menghadapi tantangan dan peluang di industri kreatif yang saat ini sangat dibutuhkan di masa mendatang.

"Mahasiswa saat ini diperlukan keterampilan adaptif, kreativitas, kemampuan wirausaha dan transformasi digital untuk memanfaatkan potensi yang ada menjadi produk kreatif unggulan yang mensejahterakan. Mahasiswa harus bisa menggali potensi diri," kata Amin.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PKKMB, Yayah Nurasiah mengatakan, tema PKKMB yang diusung tahun ini ialah CREARTION yang terdiri dari tiga suku kata yakni `Create`, `Art`, dan `Action`.

Tema ini melambangkan kreativitas, baik perseorangan ataupun kelompok, untuk terus berproses menghasilkan ide-ide kreatif, khususnya bagi para mahasiswa baru.

"Dari tema ini kami berharap dapat mencerminkan harapan agar calon mahasiswa baru dapat mengembangkan kreativitas dan menghasilkan karya inovatif," ujar Yayah menerangkan.

KEYWORD :

Polimedia PKKMB Tipri Rose Kartika Mahasiswa Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :