Selasa, 17/09/2024 11:18 WIB

Swasta Dukung Pemerintah Kembangkan Teknologi Transportasi

Pameran Hub Space 2024 yang digelar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 6-7 September 2024 menjadi wujud kolaborasi pemerintah dan swasta

LRT Simulator, salah satu teknologi di bidang transportasi berupa simulator LRT yang dikembangkan oleh Multiintegra (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Pameran Hub Space 2024 yang digelar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 6-7 September 2024 menjadi wujud kolaborasi pemerintah dan swasta, dalam mengembangkan teknologi transportasi.

Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional ini bertujuan mensosialisasikan sejumlah pencapaian pembangunan dalam mendukung konektivitas di Indonesia selama 10 tahun terakhir.

CEO Multiintegra Technology Group, Aloys Sutarto, mengatakan pihaknya selaku perusahaan yang bergerak di bidang teknologi transportasi, turut mendukung Hub Space 2024.

"Ini bentuk keseriusan Multiintegra dalam turut serta mengembangkan teknologi di bidang transportasi," kata Aloys dalam keterangannya pada Senin (9/9).

Hub Space tahun ini mengusung tema `Integrated Mobility for All`. Aloys menyebut frasa `integrated` menggambarkan semangat bersosialisasi dan kolaborasi antara pemerintah pusat/daerah dan swasta.

Adapun `mobility` menyiratkan potret sosial masa kini yang menuntut setiap orang adaptif terhadap kecepatan, termasuk perkembangan teknologi yang mendasarinya.

"Dengan dukungan tenaga ahli professional yang terlatih sejak tahun 2005, Multiintegra sudah mengembangkan berbagai macam teknologi di bidang transportasi baik transportasi darat, laut dan udara," ujar dia.

"Teknologi yang dikembangkan adalah menyangkut system navigasi, IT, telekomunikasi dan simulasi yang sudah diimplementasikan dan digunakan di berbagai lokasi di Indonesia," dia menambahkan.

Aloys menambahkan bahwa dengan adanya sinergi antara pemerintah dan swasta, akan mampu menjadi stimulus dalam mengembangkan transportasi berkelanjutan. Sedangkan integrasi antarmoda transportasi dengan penerapan teknologi akan memberikan efisiensi.

"Teknologi transportasi ini bisa menghubungkan simpul-simpul perekonomian yang tersebar di seantero Nusantara dalam hal mobilisasi manusia dan barang secara masal sehingga pemerataan pembangunan dan pertumbuhan dapat tercapai beriringan," kata dia.

KEYWORD :

Teknologi Transportasi Kementerian Perhubungan Sinergi Stakeholder




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :