Selasa, 17/09/2024 11:16 WIB

Lukmanul Khakim Ingin Produk UMKM Sidoarjo Go Internasional

Sebab, Lukman meyakini kualitas produk buatan lokal tidak kalah saing dengan produk internasional

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Lukmanul Khakim bertekad memajukan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sidoarjo hingga go internasional (Foto: Istimewa)

Sidoarjo, Jurnas.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Lukmanul Khakim bertekad memajukan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sidoarjo hingga go internasional. Sebab, Lukman meyakini kualitas produk buatan lokal tidak kalah saing dengan produk internasional.

"Saya ingin produk-produk [UMKM] Sidoarjo dapat dikenal dan diekspor ke luar negeri, karena ini sangat layak dari segi kualitas bahan dan modelnya," kata Lukman.

Lukman menyampaikan hal itu saat mengunjungi Centra Tas dan Sepatu di Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada Senin (9/9/2024). Ia datang didampingi oleh calon Bupati Sidoarjo, Achmad Amir Aslichin atau yang akrab dipanggil Mas Iin.

Dalam kesempatan itu, putra daerah Lamongan tersebut dibuat takjub dengan hasil pembuatan jaket dan tas lokal yang ada di etalase salah satu toko.

Kualitas bahan kulit yang bagus dan jahitan yang sangat rapi membuat Lukman optimistis jika produk buatan lokal tidak kalah saing dengan produk internasional.

Produk UMKM Sidoarjo layak bersaing dengan produk internasional dan layak diekspor ke mancanegara. Ada Tas bahan kulit sapi dimotif buaya, jaket kulit domba, dan banyak lagi,” ucap Lukman, saat berada di Toko Purnama Tas Tanggulangin.

Dalam kesempatan itu, Lukman mengaku prihatin lantaran saat datang ke deretan toko sepanjang jalan raya Kludan, sangat sepi. “Kita harus menarik konsumen dan pasar lebih luas lagi,” katanya.

Sementara itu menurut Yuliana, salah satu karyawan toko mengatakan, penyebab sepinya pembeli ialah dampak pandemi covid-19.

“Setelah pandemi toko sepi, berharap bisa dipromosikan oleh Mas Lukman untuk menarik pengunjung dan alhamdulillah kalau dikenal dunia juga,” ucap Yuliana.

Selain itu Lukman juga mendatangi sekaligus memborong sepatu di toko Mitrajaya, sebagai salah satu bentuk dorongan terhadap kemajuan UMKM. “Saya beli untuk saya pakai saat kampanye sebagai bentuk promosi kepada seluruh masyarakat Jawa Timur,” ujarnya.

"Sepatu ini dijual sampai kabupaten dan provinsi lain, Sumatera, Kalimantan. Harganya 100rban, harus diekspor biar menaikkan harga jual bisa sampai jutaan," ujar Lukman.

KEYWORD :

Cawagub Jawa Timur Lukmanul Khakim Produk UMKM Sidoarjo Go Internasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :