Selasa, 17/09/2024 13:45 WIB

Pemimpin Oposisi Venezuela Gonzalez Terbang ke Spanyol setelah Surat Perintah Penangkapan Terbit

Pemimpin Oposisi Venezuela Gonzalez Terbang ke Spanyol setelah Surat Perintah Penangkapan Terbit

Calon presiden oposisi Venezuela Edmundo Gonzalez terlihat pada hari ia memberikan suaranya dalam pemilihan presiden negara itu, di Caracas, Venezuela 28 Juli 2024. REUTERS

CARACAS - Calon presiden oposisi Venezuela Edmundo Gonzalez berangkat ke Spanyol semalam dan mencari suaka, kata pejabat pada hari Minggu, di tengah meningkatnya krisis politik dan diplomatik atas hasil pemilu bulan Juli yang disengketakan.

Sebuah pesawat yang membawa Gonzalez - yang telah menentang deklarasi kemenangan Presiden Nicolas Maduro - telah singgah di kepulauan Azores di Portugal dan diperkirakan akan tiba di Spanyol dalam beberapa jam, media Spanyol melaporkan.

Kepergian dramatis pria berusia 75 tahun itu - yang dipandang oleh AS, Uni Eropa, dan kekuatan lain di kawasan itu sebagai pemenang pemungutan suara - terjadi seminggu setelah otoritas Venezuela mengeluarkan surat perintah penangkapan untuknya, menuduhnya melakukan konspirasi dan kejahatan lainnya.

"Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi demokrasi di Venezuela," kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell dalam sebuah pernyataan. "Dalam demokrasi, tidak ada pemimpin politik yang boleh dipaksa mencari suaka di negara lain."

Wakil Presiden Venezuela Delcy Rodriguez mengatakan di Instagram bahwa otoritas telah memberikan Gonzalez jalan yang aman dalam upaya untuk memulihkan "perdamaian politik".

Dia meninggalkan Venezuela setelah "secara sukarela mencari perlindungan di kedutaan Spanyol di Caracas beberapa hari yang lalu," tulisnya di Instagram.

Gonzalez lepas landas dari Caracas dengan pesawat Angkatan Udara Spanyol, Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares memposting di X, mengatakan Madrid menanggapi permintaan dari Gonzalez.

Langkah tersebut menandai perubahan besar lainnya dalam peruntungan Gonzalez, seorang mantan diplomat yang keluar dari masa pensiun dan mengambil alih pencalonan pada bulan Maret, awalnya sebagai pengganti setelah pemimpin oposisi Maria Corina Machado dan kemudian pengganti lainnya tidak dapat mencalonkan diri.

Oposisi Venezuela mengatakan pemilihan umum 28 Juli menghasilkan kemenangan gemilang bagi Gonzalez, dan menerbitkan penghitungan suara daring yang menurut mereka menunjukkan bahwa ia menang.

Maduro telah menepis semua tuduhan tersebut dan mengatakan ada rencana sayap kanan untuk menyabotase pemerintahannya.

KEDUTAAN BESAR, PEMBICARAAN
Tidak ada komentar langsung dari koalisi oposisi yang diwakilinya mengenai kepergiannya atau pergerakannya sejak surat perintah penangkapan dikeluarkan.
Ia telah mencari perlindungan di kedutaan Belanda dan kemudian kedutaan Spanyol di Venezuela, menurut pejabat Belanda dan Venezuela.

Menteri Luar Negeri Belanda Caspar Veldkamp mengatakan pada hari Minggu bahwa Gonzalez telah segera meminta perlindungan di kedutaan Belanda sehari setelah pemilihan umum. "Pada awal September, Edmundo Gonzalez mengindikasikan bahwa ia ingin meninggalkan kediaman dan negaranya... Ia mengindikasikan bahwa ia tetap ingin pergi dan melanjutkan perjuangannya dari Spanyol", Veldkamp menambahkan.

Pejabat Spanyol, termasuk mantan Perdana Menteri Jose Luis Rodriguez Zapatero, mengadakan perundingan selama seminggu dengan otoritas Venezuela, sumber yang mengetahui perundingan tersebut mengatakan kepada Reuters, yang berbicara dengan syarat anonim.

Pasukan keamanan Venezuela mengepung kedutaan besar Argentina di ibu kota Caracas akhir pekan ini, tempat enam tokoh oposisi politik Venezuela yang menentang Presiden Nicolas Maduro juga menginap.

Anggota oposisi Venezuela mengunggah foto dan video kendaraan keamanan di sekitar kompleks kedutaan.

KEYWORD :

Pemilu Venezuela Pemimpin Oposisi Perintah Penangkapan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :