Selasa, 17/09/2024 13:53 WIB

Staf Umum Ukraina Melaporkan Pertempuran Sengit, Rusia Klaim Kuasai di Pokrovsk

Staf Umum Ukraina Melaporkan Pertempuran Sengit, Rusia Klaim Kuasai di Pokrovsk

Artileri Ukraina di dekat Pokrovsk, 5 September 2024. Foto via REUTERS

MOSKOW - Rusia mengatakan bahwa pasukannya telah menguasai penuh sebuah kota di Ukraina timur saat pasukan Moskow maju ke kota yang secara strategis penting Pokrovsk dan berusaha menembus garis depan pertahanan Ukraina.

Pasukan Rusia, yang menguasai sekitar seperlima wilayah Ukraina sejak invasi pada Februari 2022, bergerak maju di Ukraina timur dalam upaya untuk merebut seluruh Donbas, yang luasnya sekitar setengah dari negara bagian Ohio di AS.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah merebut kota Novohrodivka, yang terletak 12 km (7 mil) dari Pokrovsk, pusat rel kereta api dan jalan raya penting bagi pasukan Ukraina di daerah tersebut. Kota tersebut berpenduduk 14.000 jiwa sebelum perang.

Yuri Podolyaka, seorang blogger militer pro-Rusia kelahiran Ukraina yang berpengaruh, menerbitkan peta yang menunjukkan pasukan Rusia menyerang di luar Novohrodivka di setidaknya dua tempat yang berjarak kurang dari 7 km (4 mil) dari Pokrovsk.

Staf Umum militer Ukraina, dalam sebuah laporan yang dikeluarkan pada Minggu malam, memberikan rincian pertempuran di seluruh sektor Pokrovsk, termasuk Novohrodivka. Dikatakan bahwa 29 upaya serangan Rusia telah berhasil digagalkan, dengan tujuh pertempuran kecil masih berlangsung. "Pasukan kami mengambil tindakan untuk mempertahankan posisi yang ditentukan," katanya.

Namun, wawancara dengan seorang perwira Ukraina yang disiarkan minggu lalu oleh Radio Liberty yang didanai AS mengatakan pasukan Ukraina telah meninggalkan Novohrodivka dengan alasan bahwa posisi di sana tidak menguntungkan untuk mempertahankannya.

Blog perang Ukraina yang populer, DeepState, mengatakan pasukan Rusia telah merebut desa Nevelske, di tenggara.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi laporan medan perang dari kedua belah pihak karena pembatasan pelaporan dalam perang tersebut.

Presiden Vladimir Putin mengatakan minggu lalu bahwa serangan Ukraina ke wilayah Rusia di Kursk telah gagal memperlambat serangan Rusia sendiri di Ukraina timur dan telah melemahkan pertahanan Kyiv di sepanjang garis depan untuk mendukung Moskow.

Panglima militer tertinggi Ukraina mengatakan pada hari Kamis bahwa serangan Kyiv ke wilayah Kursk berhasil. Pasukan Rusia, katanya, tidak membuat kemajuan dalam serangan mereka di Pokrovsk selama enam hari sebelumnya. Ia mengatakan bahwa salah satu tujuan serangan Kursk adalah untuk mengalihkan pasukan Rusia dari daerah lain, terutama Pokrovsk dan Kurakhove. Rusia telah mengalihkan sejumlah besar pasukan ke Kursk, tetapi juga memperkuat garis depan Pokrovsk, tambahnya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan operasi Kursk juga untuk mencegah pasukan Rusia melintasi perbatasan ke arah yang berlawanan.
Rusia saat ini menguasai sekitar 80% Donbas. Mengingat kecepatan kemajuan Rusia baru-baru ini di timur, beberapa blogger perang Rusia telah menyuarakan kekhawatiran tentang tentara yang melampaui batas.

Putin memerintahkan puluhan ribu tentara ke Ukraina lebih dari dua setengah tahun yang lalu dalam apa yang disebutnya operasi militer khusus. Ukraina dan pendukung Baratnya telah bersumpah untuk mengalahkan pasukan Rusia dan mengusir semua pasukan Rusia.

KEYWORD :

Serangan Balasan Rusia Ukraina Kuasai Kota




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :