Selasa, 17/09/2024 13:49 WIB

Dari Gadis Nakal yang Seksi, Angelina Jolie Menjelma Jadi Aktris dan Sutradara Berkelas

Dari Gadis Nakal yang Seksi, Angelina Jolie Menjelma Jadi Aktris dan Sutradara Berkelas

Dari Gadis Nakal yang Seksi, Angelina Jolie Menjelma Jadi Aktris dan Sutradara Berkelas. (FOTO: GETTY IMAGE)

JAKARTA - Angelina Jolie bukan lagi seorang gadis yang nakal! Setelah delapan tahun terjerumus dalam perceraian paling pahit di Hollywood, Angelina Jolie (49) muncul entah dari mana bulan lalu untuk menjadi pusat perhatian di Festival Film Venesia atas perannya sebagai bintang dalam "Maria," sebuah film biografi diva opera Maria Callas selama hari-hari terakhirnya di Paris.

Saat Angelina Jolie memenangkan Academy Award pertamanya pada tahun 2000 untuk "Girl, Interrupted," dia menjadi gadis nakal paling seksi di Hollywood, bertato, bermesraan dengan saudara laki-lakinya dan mengenakan sebotol darah suaminya saat itu, Billy Bob Thornton, di lehernya.

Angelina Jolie menangis tersedu-sedu saat ia mendapat tepuk tangan meriah selama delapan setengah menit di Festival Film Venesia bulan lalu untuk filmnya “Maria.”

Sekarang dia mengubah dirinya menjadi seorang aktris dan pembuat film yang sopan dan serius, penuh kelas dan kecanggihan – didukung oleh kampanye Tom Ford yang terkenal – tetapi dengan fokus penuh pada pekerjaannya.

Dikutip dari Variety, ia kembali menciptakan sensasi Oscar lewat "Maria" – yang menerima tepuk tangan meriah selama hampir sembilan menit di Venice dan dicatat sebagai pertama kalinya selama bertahun-tahun ia "mendapatkan peran yang sesuai dengan bakatnya."

Lama setelah Angelina Jolie pergi, mantan suaminya Brad Pitt membuat penampilan gemilang di festival tersebut bersama sahabatnya George Clooney – tetapi komedi perampokan mereka “Wolfs” mendapat sambutan biasa-biasa saja – dan tepuk tangan yang jauh lebih singkat.

Angelina Jolie menghabiskan tujuh bulan yang melelahkan untuk berlatih bagi "Maria," termasuk latihan vokal yang ketat. Rupanya ia menjadi sangat mahir, suaranya tercampur dengan suara Maria Callas dalam film tersebut.

Meskipun beberapa ulasan mengatakan bahwa Angelina Jolie melakukan sinkronisasi bibir, sutradara Chili Pablo Larrain mengatakan bahwa sebenarnya suaranya yang bercampur dengan suara diva opera tersebut, terutama selama adegan yang terjadi di akhir hidup Maria Callas saat suaranya lebih lemah.

Ibu enam anak ini mengatakan kepada wartawan di Venesia bahwa dia "sangat gugup" saat menyanyi opera dan ketakutannya tampil di panggung mencapai puncaknya saat dia diminta bernyanyi di La Scala, gedung opera terkenal di Milan dengan ratusan penonton dan kru yang lengkap.

Angelina Jolie menjalani pelatihan selama delapan bulan, termasuk latihan pernapasan, postur tubuh, dan vokal untuk memerankan diva opera terkenal itu.

Suaranya dipadukan dengan suara asli Maria Callas untuk beberapa adegan bernyanyi dalam film tersebut.

“Hari-hari pertamaku, [Larraín] sangat baik kepadaku karena kami memulainya dalam suasana yang lebih intim dengan sangat sedikit anggota kru,” Angelina Jolie memberitahu AP.

“Dan kami berakhir di La Scala dengan semua orang. Jadi aku punya sedikit waktu untuk menenangkan diri. Namun ini adalah hal tersulit yang pernah kulakukan. Aku merasa takut.”

Maria” hanyalah puncak dari apa yang disebut oleh seorang humas veteran Hollywood sebagai “kebangkitan besar” Angelina Jolie tahun ini yang dimulai dengan usaha mode barunya, Atelier Jolie, yang secara resmi dibuka di pusat kota Manhattan pada awal Februari.

Pada bulan Juni, Angelina Jolie membawa pulang penghargaan Tony pertamanya sebagai produser pertunjukan Broadway "The Outsiders."

Putrinya yang berusia 16 tahun, Vivienne, yang juga bekerja dalam produksi tersebut, pertama kali memberitahu ibunya tentang pertunjukan tersebut setelah menontonnya di San Diego.

Pada tahun-tahun awal kariernya, Angelina Jolie dengan hati-hati mengembangkan citra gadis nakal yang liar – atau “boneka iblis” sebagaimana ia disebut pada sampul Rolling Stone tahun 1999 ini.

Pernikahan kedua Angelina Jolie dengan aktor Billy Bob Thornton pada tahun 2000, menjadi berita utama ketika keduanya mulai mengenakan botol berisi darah masing-masing di leher mereka. Pasangan itu bercerai pada tahun 2003.

Kini, hampir delapan tahun tepat sejak tanggal penerbangan pesawat yang memalukan dari Nice, Prancis ke LA yang berakhir dengan gugatan cerainya dari Brad Pitt, Angelina Jolie juga meluncurkan film lainnya.

Karya penyutradaraannya yang terbaru, "Without Blood," akan tayang perdana pada hari Minggu di Festival Film Toronto.

Angelina Jolie juga menulis naskah drama perang yang dibintangi Salma Hayek, yang menyebut Angelina Jolie "mungkin sutradara terbaik yang pernah bekerja sama dengannya."

“Without Blood” dibuat sebagai bagian dari kesepakatan 3 tahun yang dibuatnya dengan Fremantle yang berbasis di Inggris pada tahun 2022 untuk memproduksi dan membintangi berbagai proyek.

Dua dari tiga putranya, Maddox (23) dan Pax (20) – keduanya telah berkontribusi di lokasi syuting sejak Angelina Jolie membuat “First They Killed My Father” di Kamboja pada tahun 2016 – bekerja sama dengannya dalam “Maria” dan “Without Blood”.

"Kami bekerja sama dengan baik. Saat kru film dalam kondisi terbaiknya, rasanya seperti keluarga besar, jadi terasa alami," kata Angelina Jolie pada tahun 2022.

Ia mengatakan kedua anak laki-laki itu bekerja di departemen asisten sutradara di kedua film tersebut.

Dia mengatakan mereka sangat membantunya dalam "Maria".

"Ketika saya mengalami masa-masa sulit, mereka akan datang dan memeluk saya atau memberi saya secangkir teh," ungkapnya kepada The Hollywood Reporter.

"Itu mungkin salah satu hal yang paling intens—biasanya ketika saya mengungkapkan rasa sakit yang begitu besar, itu tidak dilakukan di depan anak-anak saya."

Angelina Jolie lebih dikenal karena kesedihan pribadinya dan apa yang sering disebutnya sebagai "penyembuhan " keluarganya pada tahun-tahun setelah perpisahannya dengan Brad Pitt — bersama dengan citranya yang muram, terkadang suci, sebagai seorang pekerja kemanusiaan global, yang bekerja dengan badan pengungsi PBB UNHCR selama 20 tahun.

Sebagian besar ulasan tentang "Maria" sangat positif, terutama terkait penampilan Angelina Jolie, meskipun seorang kritikus majalah New York menyebutnya "membosankan."

"Sebagai seorang selebritas, dia benar-benar meniadakan seks dari citranya, dan lebih menekankan identitasnya sebagai seorang pembuat film, aktivis hak asasi manusia, dan seorang ibu," tulis Alison Willmore.

"...Saya juga tidak dapat menyangkal bahwa saya merasa fase Madonna-martir dalam kariernya kurang menarik."

Pada bulan Juni, Angelina Jolie memenangkan Tony karena menjadi salah satu produser "The Outsiders" di Broadway.

Pertunjukan tersebut memenangkan kategori Musikal Terbaik. Putrinya, Vivienne, di sebelah kiri, adalah orang pertama yang memperkenalkan proyek tersebut kepada ibunya.

Brad Pitt dan Angelina Jolie sama-sama dinyatakan lajang secara hukum pada tahun 2019, tetapi perceraian mereka masih berlarut-larut.

Brad Pitt (60) membawa pacarnya selama dua tahun, perancang perhiasan Ines de Ramon (34) ke Venesia, tetapi Angelina Jolie belum pernah dikaitkan secara serius dengan siapa pun sejak perpisahan mereka.

Selain pertikaian hukum yang sengit atas kastil mereka di Prancis, Chateau Miraval, dan bisnis anggur rosé yang menguntungkan, Angelina Jolie dan Brad Pitt telah terlibat dalam pertikaian hak asuh anak yang panjang.

Namun, pertikaian ini dengan cepat menjadi tidak penting karena hanya anak bungsu Angelina Jolie, saudara kembar berusia 16 tahun Vivienne dan Knox, yang masih dinegosiasikan antara kedua orangtua yang bertikai itu.

Pax pernah menyerang ayahnya di masa lalu, memanggilnya "brengsek" dan kedua putrinya, Shiloh (18), Zahara (19), dan Vivienne, tampaknya sudah berhenti menggunakan nama belakangnya. Diyakini keempat anak tertua Brad Pitt tidak ada hubungannya dengan ayahnya.

Beberapa orang menyalahkan Angelina Jolie atas kisah ala "War of the Roses" — dengan mengatakan bahwa dia seharusnya tidak menuduh Brad Pitt secara terbuka menyerang anak-anak mereka dan melecehkannya dalam penerbangan tahun 2016 dari Prancis.

Insiden itu diselidiki oleh FBI, tetapi meskipun versinya tentang kejadian itu kemudian terungkap dalam gugatan hukum dan laporan FBI yang disunting, tidak ada tuntutan yang pernah diajukan terhadap Brad Pitt, yang membantah melakukan kekerasan fisik dan mengatakan insiden itu mendorongnya berhenti minum alkohol.

Seorang produser film Hollywood terkemuka yang tidak ingin namanya disebutkan mengatakan bahwa keputusan akhir mengenai popularitas Angelina Jolie di industri film masih belum jelas karena perceraiannya.

"Dia tidak kekurangan bakat," katanya kepada The Post.

"Tapi dia agak gila. Sungguh mengerikan apa yang dia lakukan pada Brad Pitt, menuduhnya memukuli anak-anak. Ya, mereka menghormatinya, tapi dia gila."

Namun, humas kawakan Peggy Siegal mengatakan kepada The Post bahwa dia tidak yakin apa yang melatarbelakangi "mishegoss" — kata dalam bahasa Yiddish yang secara kasar berarti kegilaan — antara Angelina Jolie dan Brad Pitt, tetapi dia mengatakan jelas bahwa Angelina Jolie bukan sekadar penjahat, seperti yang digambarkan di awal setelah pasangan itu berpisah.

Koordinator Festival Film Venesia memastikan bahwa Angelina Jolie dan mantan suaminya Brad Pitt tidak akan bertemu dengan menjadwalkan film Angelina Jolie terlebih dahulu dan kemudian film Brad Pitt. Ia akan beradu akting dengan George Clooney dalam "Wolfs."

"Ia tengah mengalami kebangkitan besar saat ini dan saya ikut gembira untuknya," kata Siegal, yang telah mengenal Angelina Jolie sejak tahun 2000.

"Dan saat saya bertemu dengannya, saya menganggapnya sebagai `putri Jon Voight`.

"Dia adalah salah satu wanita tercantik di dunia dan meskipun dia mungkin terlihat tidak menarik atau dingin, Anda tinggal menyentuh apa yang ada di baliknya dan Anda akan menemukan orang yang luar biasa, ramah, dan memiliki selera humor yang tinggi.

"Saya benar-benar tidak mengerti kesalahpahaman yang terjadi antara dia dan Brad Pitt. Itu merendahkan mereka berdua. Saya harap mereka berdua bisa melupakannya pada suatu saat karena dia adalah wanita yang luar biasa dan berbakat dan dia tidak membutuhkan semua itu untuk menghalanginya." (*)

 

KEYWORD :

Seputar Film Kabar Artis Angelina Jolie Brad Pitt Maria Wolfs Venesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :