Selasa, 17/09/2024 18:13 WIB

Anggap Gagal, Partai Republik DPR AS Kecam Biden dan Demokrat atas Penarikan Pasukan Afghanistan

Anggap Gagal, Partai Republik DPR AS Kecam Biden dan Demokrat atas Penarikan Pasukan Afghanistan

Tentara Taliban berdiri di depan sebuah tanda di bandara internasional di Kabul, Afghanistan, 9 September 2021. WANA via REUTERS

WASHINGTON - DPR AS dari Partai Republik akan merilis laporan yang telah lama ditunggu-tunggu pada hari Senin yang mengecam pemerintahan Presiden Demokrat Joe Biden atas kegagalan seputar penarikan pasukan AS yang kacau dan mematikan dari Afghanistan pada bulan Agustus 2021.

Laporan tersebut menyatakan bahwa pemerintah membuat keputusan untuk mengevakuasi warga sipil terlalu terlambat, secara resmi memerintahkannya hanya pada tanggal 16 Agustus, gagal berkomunikasi antara departemen di Washington dan di antara pejabat di Afghanistan, dan mengacaukan dokumen untuk keberangkatan Warga sipil Afghanistan yang memenuhi syarat untuk meninggalkan negara tersebut.

Ini adalah hasil investigasi selama tiga tahun yang dipimpin oleh Perwakilan Michael McCaul, ketua Partai Republik dari Komite Urusan Luar Negeri DPR.

"Kredibilitas Amerika di panggung dunia rusak parah setelah kita meninggalkan sekutu Afghanistan untuk pembunuhan balasan Taliban — rakyat Afghanistan yang telah kita janjikan untuk dilindungi," kata laporan itu. "Dan cedera moral bagi para veteran Amerika dan mereka yang masih bertugas tetap menjadi noda pada warisan pemerintahan ini."

Penarikan diri tersebut telah menjadi sangat dipolitisasi menjelang pemilihan presiden AS pada tanggal 5 November. Bulan lalu, calon dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, merekam video untuk kampanyenya di Pemakaman Nasional Arlington di mana ia muncul pada sebuah upacara untuk menghormati pasukan yang tewas dalam evakuasi.

Trump juga menyerang Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris atas keluarnya pasukan dari Afghanistan selama penampilan kampanye, menyalahkan mereka secara pribadi atas kematian di Abbey Gate bandara Kabul. Pada 26 Agustus 2021, saat pasukan AS berusaha membantu warga Amerika dan Afghanistan melarikan diri saat gerakan Taliban Islam menguasai negara itu, serangan bunuh diri di pintu masuk Abbey Gate ke bandara Kabul menewaskan 13 warga Amerika, memperparah rasa kekalahan AS setelah dua dekade perang.

Harris adalah calon presiden dari Partai Demokrat.
Partai Demokrat bersikeras bahwa sebagian kesalahan atas berakhirnya perang yang berantakan - kurang dari tujuh bulan sejak Biden menjabat - harus ditimpakan kepada Trump, yang memulai proses penarikan pasukan dengan menandatangani kesepakatan dengan Taliban pada tahun 2020.

"Saat mantan Presiden Trump menjabat, ada sekitar 14.000 tentara Amerika di Afghanistan. Beberapa hari sebelum meninggalkan jabatannya, mantan Presiden memerintahkan pengurangan lebih lanjut menjadi 2.500," kata Perwakilan Gregory Meeks, Demokrat teratas di panel Urusan Luar Negeri, dalam sebuah surat kepada komite Demokrat tentang penyelidikan tersebut.

Para ajudan komite dari Partai Republik menepis anggapan itu sebagai politik partisan, dengan mengatakan Biden bisa saja mengabaikan perjanjian Trump atau menegakkannya, menuduh para pejabat yang bertugas selama masa kepresidenan Biden membiarkan Taliban mengabaikan komitmennya.

Sekitar 800.000 prajurit AS bertugas di Afghanistan setelah invasi pimpinan AS yang dipicu oleh serangan 11 September 2001 di AS oleh al Qaeda yang berbasis di Afghanistan.

Selama perang, 2.238 prajurit AS tewas dan hampir 21.000 lainnya terluka. Perkiraan independen menyebutkan jumlah pasukan keamanan dan warga sipil Afghanistan yang tewas lebih dari 100.000.

McCaul telah memanggil Menteri Luar Negeri Antony Blinken tiga kali sehubungan dengan investigasi Afghanistan, yang terakhir minggu lalu, dengan mengatakan bahwa ia ingin Menteri Luar Negeri Antony Blinken bersaksi secara langsung.

KEYWORD :

Partai Republik Joe Biden Penarikan Pasukan Afghanistan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :