Kamis, 19/09/2024 16:16 WIB

Ukraina Serang Rusia dengan 144 Pesawat Nirawak, 20 di Antaranya Jatuh Dekat Moskow

Ukraina Serang Rusia dengan 144 Pesawat Nirawak, 20 di Antaranya Jatuh Dekat Moskow

Pemandangan menunjukkan bangunan tempat tinggal rusak setelah dugaan serangan pesawat nirawak Ukraina di wilayah Moskow, Rusia 10 September 2024. REUTERS

MOSKOW - Ukraina menyerang wilayah Moskow pada hari Selasa dalam serangan pesawat nirawak terbesarnya sejauh ini di ibu kota Rusia. Serangan itu menewaskan sedikitnya satu wanita, menghancurkan puluhan rumah dan memaksa sekitar 50 penerbangan dialihkan dari bandara-bandara di sekitar Moskow.

Rusia, negara dengan kekuatan nuklir terbesar di dunia, mengatakan telah menghancurkan sedikitnya 20 pesawat nirawak serang Ukraina saat mereka menyerbu wilayah Moskow, yang berpenduduk lebih dari 21 juta jiwa. Sebanyak 124 pesawat nirawak lainnya menyerang delapan wilayah lain.

Setidaknya satu orang tewas di dekat Moskow, kata otoritas Rusia. Tiga dari empat bandara Moskow ditutup selama lebih dari enam jam dan hampir 50 penerbangan dialihkan.

Kyiv mengatakan Rusia, yang mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada Februari 2022, telah menyerangnya semalam dengan 46 pesawat nirawak, yang 38 di antaranya hancur.

Serangan pesawat nirawak terhadap Rusia merusak gedung apartemen bertingkat tinggi di distrik Ramenskoye di wilayah Moskow, membakar flat, kata warga kepada Reuters.

Seorang wanita berusia 46 tahun tewas dan tiga orang terluka di Ramenskoye, kata gubernur wilayah Moskow Andrei Vorobyov.

Warga mengatakan mereka terbangun karena ledakan dan api.
"Saya melihat ke jendela dan melihat bola api," kata Alexander Li, seorang warga distrik tersebut kepada Reuters. "Jendela pecah karena gelombang kejut."

Georgy, seorang warga yang menolak menyebutkan nama belakangnya, mengatakan dia mendengar pesawat nirawak berdengung di luar gedungnya pada dini hari.

"Saya menyingkap tirai dan benda itu mengenai gedung tepat di depan mata saya, saya melihat semuanya," katanya. "Saya membawa keluarga saya dan kami berlari keluar." Distrik Ramenskoye, sekitar 50 km (31 mil) di tenggara Kremlin, memiliki populasi sekitar seperempat juta orang, menurut data resmi. Lebih dari 70 pesawat tanpa awak juga jatuh di wilayah Bryansk, Rusia, dan puluhan lainnya di wilayah lain, kata kementerian pertahanan Rusia. Tidak ada kerusakan atau korban yang dilaporkan di sana.

Seiring Rusia maju di Ukraina timur, Kyiv telah membawa perang ke Rusia dengan serangan lintas batas di wilayah Kursk barat Rusia yang dimulai pada 6 Agustus dan dengan melakukan serangan pesawat nirawak yang semakin besar jauh ke dalam wilayah Rusia.

PERANG DRONE
Perang ini sebagian besar merupakan perang artileri dan pesawat nirawak yang melelahkan di sepanjang garis depan yang dijaga ketat sepanjang 1.000 km (620 mil) di Ukraina selatan dan timur yang melibatkan ratusan ribu tentara.

Moskow dan Kyiv sama-sama berupaya membeli dan mengembangkan pesawat nirawak baru, menyebarkannya dengan cara inovatif, dan mencari cara baru untuk menghancurkannya - mulai dari senapan hingga sistem pengacau elektronik canggih.

Kedua pihak telah mengubah pesawat nirawak komersial murah menjadi senjata mematikan sambil meningkatkan produksi dan perakitan mereka sendiri untuk menyerang target termasuk tank, infrastruktur energi seperti kilang minyak dan lapangan udara.

Presiden Rusia Vladimir Putin, yang berupaya melindungi Moskow dari kerasnya perang, mengatakan serangan pesawat nirawak Ukraina adalah "terorisme" karena menargetkan infrastruktur sipil - dan telah berjanji akan memberikan tanggapan.

Moskow dan kota-kota besar Rusia lainnya sebagian besar telah terisolasi dari perang.

Rusia telah menyerang Ukraina dengan ribuan rudal dan pesawat nirawak dalam dua setengah tahun terakhir, menewaskan ribuan warga sipil, menghancurkan sebagian besar sistem energi negara itu, dan merusak properti komersial dan perumahan di seluruh negeri.

Ukraina mengatakan berhak untuk menyerang balik Rusia, meskipun pendukung Barat Kyiv mengatakan mereka tidak menginginkan konfrontasi langsung antara Rusia dan aliansi militer NATO yang dipimpin AS. Tidak ada komentar langsung dari Ukraina tentang serangan hari Selasa. Kedua belah pihak membantah menargetkan warga sipil.

Serangan hari Selasa itu menyusul serangan pesawat nirawak yang dilancarkan Ukraina pada awal September yang terutama menargetkan fasilitas energi dan listrik Rusia.

Pihak berwenang di wilayah Tula, yang berbatasan dengan wilayah Moskow di sebelah utara, mengatakan puing-puing pesawat nirawak jatuh ke fasilitas bahan bakar dan energi tetapi "proses teknologi" fasilitas itu tidak terpengaruh.

KEYWORD :

Serangan Balasan Moskow Rusia Pesawat Nirawak Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :