Selasa, 17/09/2024 21:31 WIB

Genjot Mutu SDM, Bappenas Tekankan Urgensi Manajemen Talenta

Kementerian PPN/Bappenas menekankan pentingnya intervensi khusus guna meningkatkan SDM unggul dan berdaya saing global melalui manajemen talenta.

Kegiatan Manajemen Talenta Nasional (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian PPN/Bappenas menekankan pentingnya intervensi khusus guna meningkatkan SDM unggul dan berdaya saing global melalui manajemen talenta.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas, Amich Alhumami mengatakan desain besar Manajemen Talenta Nasional penting sebagai cetak biru pengembangan SDM yang sistematis, terstruktur, dan berjangka panjang.

"Kita juga harus bisa memastikan dan menjamin penyelenggaraan upaya pembibitan, pengembangan, dan juga penguatan talenta secara holistik, terintegrasi, dan berkelanjutan. Yang terakhir itu adalah menyusun semacam orkestra untuk memilih kebijakan dan intervensi khusus," ujar Amich dalam siaran pers di Jakarta pada Rabu (11/9).

Intervensi untuk meningkatkan SDM ini penting dilakukan sebagai bentuk investasi dan pengembangan talenta di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah secara serius berinvestasi untuk membangun dan menyiapkan talenta Indonesia yang unggul untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Terlebih dengan adanya bonus demografi, lanjut Amich, kondisi ini perlu dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kita hanya bisa sekali berkesempatan memetik bonus demografi dan rentang setidaknya satu dekade. Jika itu terlewat maka kita akan kehilangan kesempatan emas karena itu istilah berikutnya kita ingin fokus untuk menyiapkan talenta unggul," Amich menambahkan.

Kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak diperlukan untuk saling mendukung pengembangan talenta di Indonesia. Amich menyebut kementerian/lembaga/ di daerah memiliki peran masing-masing dalam mendukung peningkatan kualitas talenta di Indonesia.

KEYWORD :

Manajemen Talenta Nasional Bappenas Amich Alhumami




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :