Selasa, 17/09/2024 21:25 WIB

Pansus Haji DPR: Tagline Haji Ramah Lansia Kemenag Mengecewakan

Anggota Pansus Hak Angket Haji DPR RI Selly Andrriany Gantina menilai pelayanan pelaksanaan haji 2024 tidak sesuai dengan tagline Kementerian Agama (Kemenag) yaitu haji ‘ramah lansia’.

Anggota Pansus Hak Angket Haji DPR RI, Selly Andrriany Gantina

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Pansus Hak Angket Haji DPR RI Selly Andrriany Gantina menilai pelayanan pelaksanaan haji 2024 tidak sesuai dengan tagline Kementerian Agama (Kemenag) yaitu haji ‘ramah lansia’.

“Kepada saudara saksi saya tanyakan apakah haji 2024 sesuai dengan slogan kemenag yaitu haji ramah lansia?" tuturnya dalam rapat dengan staf ahli Kemenag di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Ia mengungkapkan pihaknya menemukan berbagai persoalan dalam penyelenggaraan ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), salah satunya tenda jemaah haji RI yang tak sesuai maktabnya.

Temuan lainnya soal makanan bagi para jemaah yang dinilai tidak ramah lansia. Ia mengatakan pemerintah harus meninjau ulang pengadaan katering yang seharusnya memprioritaskan jemaah lansia yang memerlukan perlakuan khusus.

“Perlu dievaluasi mengenai haji ramah lansia ini menurut saya masih banyak pekerjaan yang harus ditingkatkan lagi,” ungkap Politisi PDI-Perjuangan ini.

Lebih lanjut Anggota Pansus Hak Angket Haji DPR RI John Kennedy Azis mengatakan, sebanyak 30 persen jemaah haji 2024 merupakan lansia. Menurutnya fasilitas bagi jemaah lansia masih kurang karena tidak bisa memenuhi secara keseluruhan.

“Kloset memang ada, tempat duduk dan tenda juga, namun apakah jumlahnya bisa memenuhi 100 persen jemaah lansia?” sebutnya.

KEYWORD :

Pansus Haji DPR Korupsi Ibadah Haji Tagline Haji Ramah Lansia Kemenag Mengecewakan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :