Selasa, 17/09/2024 21:31 WIB

Ketua Fraksi PKS Optimis Kemerdekaan Palestina Terwujud

Upaya kemerdekaan Palestina ini tidak mudah dan kesepakatan-kesepakatan di level Parlemen OKI harus dieksekusi oleh eksekutif-eksekutif di negara masing-masing. Tapi kita harus tetap optimis dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini. (Foto: Humas Fraksi PKS)

 

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menghadiri Konferensi ke 52 Komite Eksekutif Parlemen Negara-Negara OKI (PUIC) di Rabat Maroko 10-12 September 2024. Delegasi Parlemen Indonesia dipimpin oleh Ketua BKSAP Fadli Zon.

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut disepakati sejumlah keputusan utamanya untuk mendesak penghentian segera pembantaian Israel di Palestina dan mengupayakan langkah-langkah segera, terukur, dan sistematis untuk kemerdekaan Palestina.

"Upaya kemerdekaan Palestina ini tidak mudah dan kesepakatan-kesepakatan di level Parlemen OKI harus dieksekusi oleh eksekutif-eksekutif di negara masing-masing. Tapi kita harus tetap optimis dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina," ungkap Jazuli kepada wartawan, Rabu (11/9).

Anggota Komisi I DPR Dapil Banten II ini menegaskan, kehadiran Indonesia di Konferensi ini memiliki peran strategis. Bahkan negara-negara OKI sendiri melihat strategisnya Indonesia dalam isu Palestina karena komitmen dan konsistensi kita dalam pembelaan Palestina.

"Indonesia tidak pernah bergeser pembelaannya terhadap rakyat Palestina karena bukan saja menyangkut masalah kemanusiaan tapi amanat konstitusi dan hutang sejarah. Indonesia tetap pada sikap yang konsisten Palestina harus merdeka dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," terang Jazuli.

Selain itu berbagai proposal diajukan parlemen Indonesia dalam pertemuan ini untuk segera menghentikan agresi penjajahan Israel secara permanen mulai dari upaya hukum yang lebih kuat menyeret Israel ke Mahkamah Internasional, mendorong Palestina menjadi anggota penuh PBB, menolak normalisasi dengan Israel, mendukung gerakan isolasi Israel dari interaksi antar negara melalui kampanye BDS, hingga diplomasi pada level Parlemen yang lebih luas seperti IPU.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi I Jazuli Juwaini kemerdekaan Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :