Rabu, 18/09/2024 01:00 WIB

Hamas Sangkal Keberadaannya saat Israel Klaim Serang Pusat Komando di Tenda Pengungsian Gaza

Hamas Sangkal Keberadaannya saat Israel Klaim Serang Pusat Komando di Tenda Pengungsian Gaza

Warga Palestina memeriksa lokasi setelah serangan Israel di kamp tenda yang menampung orang-orang terlantar, di daerah Al-Mawasi di Khan Younis, di Jalur Gaza selatan, 10 September 2024. REUTERS

AL-MAWASI - Serangan Israel membuat kawah besar, membakar tenda-tenda, dan mengubur hidup-hidup keluarga Palestina di bawah pasir di sebuah brankas di sebuah zona di Gaza selatan. Serangan sebelum fajar pada hari Selasa itu, menewaskan atau melukai banyak orang, menurut pejabat Palestina.

Israel mengatakan telah menyerang pusat komando bagi para pejuang Hamas yang katanya telah menyusup ke daerah kemanusiaan di al-Mawasi, sebuah kamp besar di tanah berpasir tempat militer telah memerintahkan ratusan ribu warga Palestina untuk berlindung sejak memerintahkan mereka keluar dari rumah mereka. Hamas membantah adanya pejuang yang hadir.

Layanan darurat sipil Gaza mengatakan mereka yakin sedikitnya 65 orang telah tewas atau terluka, tetapi tidak dapat memberikan rincian korban karena banyak orang telah terkubur dan masih hilang di bawah pasir. Israel membantah jumlah korban. Tim penyelamat menggali dengan sekop sepanjang malam, mencari mayat dan korban selamat yang terkubur di tempat serangan itu menciptakan kawah seukuran lapangan sepak bola kecil.

Tenda-tenda di daerah sekitarnya telah terbakar habis, hanya menyisakan rangka logam yang dipenuhi abu pucat di tanah kosong yang dipenuhi puing-puing. Sebuah mobil terkubur sepenuhnya, hanya bagian atasnya yang terlihat di bawah pasir.

Pada pagi hari, para pelayat di rumah sakit terdekat meratapi mayat-mayat yang ditumpuk dalam kantong plastik putih atau dibungkus kain kafan berlumuran darah.

Salah satu putri Raed Abu Muammar telah terbunuh. Istrinya dan putrinya yang lain telah dikubur tetapi berhasil ditarik keluar hidup-hidup. Ia menggendong bayi perempuan yang selamat.

"Saya juga berada di bawah pasir. Saya keluar dan mulai mencari putri dan istri saya. Saya melihat potongan tubuh tetangga di tenda saya - saya tidak tahu itu adalah bagian tubuh tetangga kami sampai saya melihat keluarga saya utuh."

"Ini adalah target Israel. Lihat mereka," katanya, sambil menunjuk bayi perempuan di pelukannya. "Kami berada di area kemanusiaan yang seharusnya aman."

Kantor media pemerintah Gaza yang dikelola Hamas menyebutkan jumlah korban tewas lebih dari 40 orang. Dikatakan bahwa sedikitnya 60 orang lainnya terluka dalam serangan itu dan banyak yang masih hilang. Warga dan petugas medis mengatakan kamp itu diserang oleh lima atau enam rudal atau bom.

Layanan darurat sipil Gaza mengatakan sedikitnya 20 tenda terbakar. Dikatakan bahwa sekitar 65 korban termasuk wanita dan anak-anak tetapi tidak segera memberikan rincian kematian dan cedera.

Tidak ada komentar langsung dari kementerian kesehatan Gaza, yang menyusun angka korban. Sebelumnya, Kantor Berita Shehab yang berpihak pada Hamas mengatakan 40 warga Palestina tewas.

"Tim kami masih memindahkan para martir dan yang terluka dari area yang menjadi sasaran. Ini tampak seperti pembantaian Israel yang baru," kata seorang pejabat darurat sipil Gaza.

Militer Israel mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka menyerang komandan senior Hamas yang beroperasi di sebuah pusat komando yang tertanam di dalam area kemanusiaan yang ditunjuk. "Para teroris ini terlibat langsung dalam pelaksanaan pembantaian pada 7 Oktober dan baru-baru ini beroperasi untuk melakukan kegiatan teror," katanya.

Militer menambahkan bahwa angka korban yang dipublikasikan oleh otoritas yang dipimpin Hamas di Gaza, "tidak sesuai dengan informasi yang dimiliki oleh IDF, amunisi yang digunakan, dan keakuratan serangan".

HAMAS MENYANGKAL KEHADIRAN ANGGOTA SERANGAN
Salah seorang yang selamat, Ola al-Shaer, mengatakan kepada Reuters di lokasi kejadian bahwa dia terbangun oleh ledakan dahsyat itu. Dia berteriak kepada anak-anaknya dan melarikan diri ke dalam malam, dikelilingi oleh api.

"Kami melihat wanita-wanita terpotong-potong, anak-anak terpotong-potong dan para martir. Masih ada orang-orang yang hilang. Orang-orang mencari mereka dan mereka masih belum menemukannya."

Perang itu dipicu pada 7 Oktober ketika Hamas menyerang Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel. Serangan Israel berikutnya terhadap Gaza telah menewaskan lebih dari 40.900 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan daerah kantong itu.

Kedua pihak yang bertikai saling menyalahkan atas kegagalan sejauh ini untuk mencapai gencatan senjata yang akan mengakhiri pertempuran dan membebaskan para sandera.

Hamas, kelompok Islamis yang menguasai Gaza sebelum konflik t, membantah tuduhan Israel bahwa orang-orang bersenjata hadir di daerah yang menjadi sasaran, dan menolak tuduhan bahwa Israel mengeksploitasi wilayah sipil untuk tujuan militer.

"Ini adalah kebohongan yang jelas yang bertujuan untuk membenarkan kejahatan buruk ini. Perlawanan telah membantah beberapa kali bahwa ada anggotanya yang berada di dalam perkumpulan sipil atau menggunakan tempat-tempat ini untuk tujuan militer," kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

Ambulans berpacu di antara kamp tenda dan rumah sakit terdekat, sementara jet Israel masih dapat terdengar di atas kepala, kata penduduk.

Hampir semua dari 2,3 juta penduduk Gaza telah dipaksa meninggalkan rumah mereka setidaknya sekali, dan beberapa harus mengungsi sebanyak 10 kali.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Kejahatan Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :