Rabu, 18/09/2024 02:09 WIB

Harris Desak Trump dalam Posisi Bertahan selama Debat Perdana yang Agresif

Harris Desak Trump dalam Posisi Bertahan selama Debat Perdana yang Agresif

Capres Partai Republik AS Donald Trump berbicara saat Capres Partai Demokrat Kamala Harris mendengarkan selama debat presiden yang diselenggarakan oleh ABC di Philadelphia, Pennsylvania, AS, 10 September 2024. REUTERS

PHILADELPHIA - Kandidat Demokrat Kamala Harris menempatkan saingannya dari Partai Republik Donald Trump dalam posisi bertahan dalam debat presiden yang agresif pada hari Selasa dengan serangkaian serangan terhadap kebugarannya untuk jabatan, dukungannya terhadap pembatasan aborsi, dan berbagai masalah hukumnya.

Seorang mantan jaksa, Harris, 59 tahun, mengendalikan debat sejak awal, terus-menerus membuat saingannya kesal dan mendorong Trump, 78 tahun, yang tampak marah, untuk menyampaikan serangkaian tanggapan yang penuh kepalsuan.

Pada satu titik, ia menyindir mantan presiden tersebut dengan mengatakan bahwa orang-orang sering meninggalkan rapat umum kampanyenya lebih awal "karena kelelahan dan bosan."

Trump, yang merasa frustrasi dengan jumlah massa pendukung Harris sendiri, berkata, "Rapat umum saya, kami memiliki rapat umum terbesar, rapat umum paling luar biasa dalam sejarah politik."

Ia kemudian beralih ke klaim palsu tentang imigran yang memakan hewan peliharaan di Springfield, Ohio, yang telah beredar di media sosial dan diperkuat oleh calon wakil presiden Trump, Senator JD Vance.

"Mereka memakan anjing!" katanya, sementara Harris tertawa tak percaya. "Orang-orang yang datang, mereka memakan kucing! Mereka memakan hewan peliharaan orang-orang yang tinggal di sana."

"Bicara tentang ekstrem," jawab Harris. Rencananya selalu untuk menyindir Trump agar mengatakan hal-hal yang dapat menjadi klip media sosial yang viral, kata para penasihatnya sebelumnya. Dengan delapan minggu menjelang pemilihan, dan beberapa hari menjelang dimulainya pemungutan suara awal di beberapa negara bagian, debat - satu-satunya yang dijadwalkan - menawarkan kesempatan langka bagi kedua kandidat untuk menyampaikan argumen mereka kepada pemirsa televisi yang jumlahnya mencapai puluhan juta pemilih.

Kedua kandidat berselisih pendapat mengenai imigrasi, kebijakan luar negeri, dan perawatan kesehatan, tetapi debat tersebut tidak membahas rincian kebijakan tertentu.

Wall Street tetap waspada karena debat yang diawasi ketat tersebut tidak memberikan kejelasan kepada investor mengenai isu-isu kebijakan utama, bahkan ketika pasar taruhan berpihak pada Harris.

Sebaliknya, pendekatan Harris yang tegas berhasil memusatkan perhatian pada Trump, membuat sekutunya gembira dan beberapa anggota Partai Republik mengakui perjuangan Trump.

Trump mengulangi klaim palsunya bahwa kekalahannya dalam pemilihan umum 2020 disebabkan oleh penipuan, menyebut Harris sebagai seorang "Marxis" dan secara keliru menyatakan bahwa para migran telah menyebabkan kejahatan kekerasan.

"Trump kehilangan kesempatan untuk tetap fokus dalam menuntut kasus Biden-Harris terkait ekonomi dan perbatasan, dan malah termakan umpannya dan mengulik lebih jauh tentang penyangkalan pemilu dan imigran yang memakan hewan peliharaan kita," kata Marc Short, yang menjabat sebagai kepala staf untuk mantan Wakil Presiden Trump, Mike Pence.

Sebagai bentuk dukungan bagi kampanye Harris, megabintang pop Taylor Swift memberi tahu 283 juta pengikutnya di Instagram segera setelah debat bahwa ia akan mendukung Wakil Presiden Harris dan pasangannya Tim Walz dalam pemilihan umum 5 November.

Ia menandainya dengan "wanita kucing tanpa anak," yang merujuk pada pernyataan kontroversial yang dibuat oleh Vance.

Pasar prediksi daring Pasar pemilihan umum presiden 2024 PredictIt menunjukkan kemungkinan kemenangan Trump menurun selama debat, dari 52% menjadi 47%. Peluang Harris meningkat dari 53% menjadi 55%.

Sebagai tanda kepercayaan pada hasil debat, kampanye Harris menantang Trump untuk putaran kedua pada bulan Oktober. Trump kemudian mengambil langkah langka dengan masuk ke "ruang diskusi" di dekatnya, tugas yang biasanya diserahkan kepada para pendukung, di mana ia mengatakan kepada wartawan, "Ini adalah debat terbaik saya."

Sekelompok pemilih yang belum menentukan pilihan mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tetap tidak yakin bahwa Harris adalah kandidat yang lebih baik.

Ketika ditanya tentang upaya tim kampanye Harris untuk mengadakan debat kedua, Trump mengatakan kepada Fox News: "Ia menginginkannya karena ia kalah."

"Saya harus memikirkannya, tetapi jika Anda memenangkan debat, saya rasa mungkin saya tidak boleh melakukannya. Mengapa saya harus melakukan debat lagi?" katanya.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Debat Capres Harris Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :