Rabu, 18/09/2024 03:21 WIB

I3L Competition Series 2024, Dorong Kreativitas Siswa Berinovasi Pangan

Kampus i3L sukses menggelar i3L Competition Series (iCS) 2024. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Kampus i3L sukses menggelar i3L Competition Series (iCS) 2024. Kompetisi tahunan yang ditujukan bagi siswa SMA ini berhasil menarik lebih dari 300 peserta dari 20 kota di Indonesia. Dengan mengangkat tema "Healthy Heritage", iCS 2024 mendorong para siswa untuk menciptakan inovasi produk makanan dan minuman kemasan yang tidak hanya sehat dan berkelanjutan, tetapi juga kaya akan nilai budaya lokal.

Para peserta tidak hanya berlomba, tetapi juga memperoleh pengetahuan baru melalui seminar yang dipimpin oleh Glenn Chandra, Head of Product Development Kalbe Nutritionals. Para finalis juga mendapat bimbingan langsung dari dosen i3L dalam pengembangan prototipe produk mereka serta pengembangan ide bisnis dan strategi pemasaran.

Sepuluh tim finalis terpilih mempresentasikan prototipe inovasi mereka pada 8 September 2024 di hadapan dewan juri yang terdiri dari dosen i3L dan para ahli industri. Para juri dari industri termasuk Glenn Chandra dari Kalbe Nutritionals, Christopher Verrell Suwanda dari PT Indesso Culinaroma Internasional, dan Dennis Guido, seorang Food Technologist sekaligus content creator @naktekpang.

"Melalui kompetisi ini, kami bisa melihat kreativitas luar biasa dari siswa SMA dalam menciptakan inovasi pangan yang mengutamakan ciri khas lokal Indonesia, namun tetap relevan dengan perkembangan industri global," kata Hanny Angrainy, Kepala Program Studi Teknologi Pangan i3L, yang juga menjadi salah satu juri, Kamis (12/9/2024).

“Saya tidak menyangka bahwa anak-anak SMA bisa memikirkan bisnis dari A sampai Z dengan begitu detail, bahkan aspek teknis dari produk makanan pun mereka kuasai,” sambung Christopher Verrell Suwanda dari PT Indesso Culinaroma Internasional.

Para pemenang iCS 2024 diumumkan setelah melalui proses penjurian yang ketat. Tim Sustaina-Bites dari SMA Katolik Santa Maria Malang yang meraih juara pertama mendapatkan hadiah Rp12.500.000. Tim Lalilo dari Bina Tunas Bangsa School Jakarta yang menduduki posisi kedua menerima hadiah Rp7.500.000, sementara juara ketiga, A-Morph Team dari Ekumene Christian High School Jakarta, membawa pulang hadiah Rp5.000.000. Tim PEDE dari SMAK IPEKA BSD terpilih sebagai Favorite Winner dan mendapat hadiah Rp2.500.000. Seluruh pemenang juga mendapatkan beasiswa dari i3L.

iCS 2024 disponsori oleh Kalbe Nutritionals, Hydro Coco, Fitbar, Mambucha, Femmy, Indesso, iSensoCulina, Culinaroma, Radja Gurame, Oat Krunch, Lexus, dan Unifam. Fortune Indonesia sebagai official media partner, Kompasiana sebagai media partner, dan Prambors sebagai radio partner turut berperan dalam memeriahkan acara ini.

Dengan menggelar iCS 2024, i3L mempertegas komitmennya untuk mendorong inovasi dan kreativitas di kalangan generasi muda. Kompetisi ini bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa, mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih baik, serta memberikan kontribusi pada solusi tantangan global di bidang pangan dan kesehatan. i3L terus berperan sebagai wadah untuk ide-ide inovatif dan generasi penerus yang akan membawa perubahan positif bagi masyarakat.

KEYWORD :

i3L Competition Kreativitas Siswa iCS 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :