Rabu, 18/09/2024 05:17 WIB

Trump Lagi-lagi Tebar Kebohongan selama Debat Capres AS soal Imigran dan Israel

Trump Lagi-lagi Tebar Kebohongan selama Debat Capres AS soal Imigran dan Israel

Capres Partai Republik AS Donald Trump saat debat melawan capres Partai Demokrat Kamala Harris yang diselenggarakan oleh ABC di Philadelphia, Pennsylvania, AS, 10 September 2024 REUTERS

PHILADELPHIA - Imigran memakan hewan peliharaan. Demokrat mendukung eksekusi bayi yang baru lahir. Israel tidak ada lagi di bawah calon presiden Kamala Harris.

Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump membuat banyak pernyataan palsu, membuka tab baru, atau pernyataan ekstrem selama debat hari Selasa dengan Wakil Presiden Demokrat Kamala Harris, beberapa kali mendorong koreksi dari moderator.

Mungkin yang paling mencolok adalah Trump memperkuat klaim palsu yang telah menjadi viral bahwa banyak imigran Haiti di Springfield, Ohio, mencuri hewan peliharaan penduduk atau mengambil satwa liar dari taman untuk dimakan.

"Mereka memakan anjing! Orang-orang yang datang. Mereka memakan kucing! Mereka memakan, mereka memakan hewan peliharaan orang-orang yang tinggal di sana," kata Trump selama debat.

Harris tertawa dan menggelengkan kepalanya. Moderator mengatakan tidak ada laporan kredibel tentang hewan peliharaan yang disakiti. Trump membalas bahwa ia telah melihat wawancara TV dengan orang-orang yang mengatakan anjing mereka telah diambil dan dimakan.

Gedung Putih Biden sebelumnya pada hari Selasa mengutuk misinformasi viral, yang juga dibagikan oleh calon wakil presiden Trump, Senator JD Vance. Gedung Putih mengatakan pernyataan tersebut berusaha memecah belah warga Amerika melalui kebohongan dan didasarkan pada rasisme.

Trump mengulangi kebohongannya bahwa jutaan migran mengalir ke Amerika Serikat dari penjara dan lembaga mental asing. "Mereka mengambil alih kota-kota. Mereka mengambil alih gedung-gedung. Mereka masuk dengan kekerasan," kata Trump.

Para migran tidak melakukan pengambilalihan kota-kota Amerika dengan kekerasan.

Beberapa klaim Harris dibesar-besarkan atau dibantah oleh Trump, menurut Reuters Fact Check, meskipun tinjauan tersebut tidak menandai kebohongan besar di pihaknya.

Dalam satu contoh, Harris mengutip Trump yang mengatakan akan ada "pertumpahan darah" jika dia tidak terpilih, merujuk pada pidatonya pada bulan Maret 2024, yang dia sampaikan di Dayton, Ohio. Tim kampanye Trump kemudian mengatakan bahwa dia merujuk pada nasib industri otomotif di bawah pemerintahan Biden.

Trump juga mengulangi kebohongan - yang sering dia bagikan di rapat umum - bahwa Demokrat sangat ekstrem dalam hak aborsi sehingga mereka mendukung pembunuhan bayi yang baru lahir.

"Calon wakil presidennya mengatakan aborsi pada bulan kesembilan benar-benar baik-baik saja. Ia juga mengatakan eksekusi setelah melahirkan," kata Trump tentang calon wakil presiden Harris, Gubernur Minnesota Tim Walz.

Harris mengatakan ia mendukung pemulihan putusan Mahkamah Agung Roe v. Wade tahun 1973 yang mengakui hak konstitusional perempuan untuk melakukan aborsi hingga sekitar 24 hingga 28 minggu. Harris dan Walz tidak mendukung eksekusi bayi.

Kemudian, selama diskusi tentang Timur Tengah, Trump mengatakan Harris "membenci" Israel. "Jika ia menjadi presiden, saya yakin Israel tidak akan ada dalam waktu dua tahun dari sekarang," kata Trump, tanpa memberikan bukti apa pun untuk klaim tersebut. "Seluruh tempat itu akan hancur ... Israel akan lenyap."

Harris mengatakan "sama sekali tidak benar" bahwa ia membenci Israel dan mengatakan ia telah mendukung negara itu sepanjang kariernya.

Trump juga mengatakan tingkat kejahatan menurun secara global, kecuali di Amerika Serikat, di mana ia mengatakan tingkat kejahatan "sangat tinggi." Data FBI yang dirilis pada bulan Maret menunjukkan pembunuhan di seluruh AS turun lebih dari 13% pada tahun 2023, menurun untuk tahun kedua berturut-turut setelah lonjakan tajam selama pandemi virus corona.

Namun, data tersebut bertentangan dengan persepsi publik bahwa kejahatan semakin memburuk.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Donald Trump Kebohongan soal Imigran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :