Rabu, 18/09/2024 11:56 WIB

Dekat dengan China, Hubungan dengan AS Tegang, Kamboja Bakal Dijatuhi Sanksi

Dekat dengan China, Hubungan dengan AS Tegang, Kamboja Bakal Dijatuhi Sanksi

Bendera Amerika Serikat

WASHINGTON - Amerika Serikat mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi paling cepat minggu ini kepada tokoh terkemuka Kamboja, termasuk satu orang yang dekat dengan partai yang berkuasa, atas dugaan hubungan dengan penipuan daring dan perdagangan manusia, dua orang yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut oleh pejabat AS mengatakan kepada Reuters.

Langkah tersebut, yang sebelumnya tidak pernah dilaporkan, akan dilakukan selama fase yang sulit dalam hubungan antara Amerika Serikat dan Kamboja, setelah Phnom Penh mulai mengerjakan kanal yang didukung China yang akan mengalihkan air dari Sungai Mekong yang rapuh. Proyek tersebut telah memicu kritik dari pejabat AS.

Kamboja telah memperkuat kerja sama militer dengan Beijing, yang mengirim kapal perang ke negara Asia Tenggara tersebut awal tahun ini dan mendukung perluasan pangkalan angkatan laut utama.

Kedua sumber, yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut, mengatakan setidaknya satu orang penting yang dekat dengan para pemimpin politik teratas Kamboja termasuk di antara orang-orang yang akan menjadi sasaran.

Juru bicara pemerintah Kamboja dan kementerian luar negeri tidak menjawab panggilan telepon atau menanggapi pesan yang meminta komentar.

Seorang juru bicara Departemen Keuangan AS menolak berkomentar. Kedutaan Besar AS di Phnom Penh tidak menanggapi permintaan komentar.

Reuters tidak dapat mengonfirmasi identitas orang-orang yang menjadi sasaran maupun jenis sanksi yang akan mereka hadapi. Sumber tersebut menolak disebutkan namanya karena informasi tersebut tidak bersifat publik.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan, membuka tab baru pada bulan Juni bahwa pejabat pemerintah Kamboja terlibat dalam perdagangan manusia untuk kegiatan kriminal dan telah "secara aktif menghalangi upaya balasan" pada tahun lalu, sementara beberapa pejabat memiliki fasilitas yang digunakan oleh operator penipuan.

Perdana Menteri baru Thailand Paetongtarn Shinawatra menguraikan agenda kebijakan pemerintahnya pada hari Kamis.

PENIPUAN BERNILAI MULTI-MILIAR DOLAR
Kamboja, dan negara-negara lain di Asia Tenggara, telah muncul dalam beberapa tahun terakhir sebagai episentrum industri kriminal bernilai miliaran dolar yang menargetkan korban di seluruh dunia dengan kripto palsu dan skema lainnya, yang sering kali beroperasi dari kompleks berbenteng yang dijalankan oleh sindikat Tiongkok dan dikelola oleh pekerja yang diperdagangkan.

AS dan pemerintah lain telah berulang kali bekerja sama dengan Kamboja untuk menghentikan bisnis ilegal tersebut.

Inggris pada bulan Desember menjatuhkan sanksi keuangan dan perjalanan kepada sembilan orang dan lima entitas karena keterlibatan mereka dalam perdagangan manusia untuk penipuan di Kamboja, Myanmar, dan Laos.

Washington telah mempertimbangkan sanksi terhadap Kamboja atas pusat penipuan tersebut selama berbulan-bulan, kata kedua sumber dan tiga orang lain yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut.

Dua dari mereka mengatakan keputusan sanksi telah ditunda oleh pemerintah AS, tanpa menjelaskan apa yang menyebabkan penundaan tersebut.

Mereka mengatakan keputusan tersebut awalnya diharapkan awal tahun ini tetapi telah ditunda.

Orang Amerika telah menjadi sasaran banyak penipuan. Pada tahun 2022, di AS saja, para korban melaporkan kerugian sebesar $2,6 miliar dari penyembelihan babi, membuka tab baru – jenis penipuan jangka panjang – dan penipuan kripto lainnya, lebih dari dua kali lipat dari tahun sebelumnya, menurut FBI.

Hubungan antara Kamboja dan AS telah tegang selama bertahun-tahun sebagian besar karena hubungan negara Asia Tenggara itu yang semakin dekat dengan Beijing, tetapi perubahan kepemimpinan di Phnom Penh tahun lalu dilihat oleh pejabat AS sebagai peluang untuk memperbaiki hubungan.

Perdana Menteri Hun Manet, yang menempuh pendidikan di West Point, menggantikan ayahnya yang otoriter dan telah lama berkuasa, Hun Sen, tahun lalu.

KEYWORD :

Sanksi Amerika Tokoh Kamboja Penipuan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :