Rabu, 18/09/2024 12:02 WIB

Zelenskiy Anggap Inisiatif Perdamaian yang Ditawarkan China-Brasil Cenderung Pro-Rusia

Zelenskiy Anggap Inisiatif Perdamaian yang Ditawarkan China-Brasil Cenderung Pro-Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berbicara saat wawancara dengan Reuters, di Kyiv, Ukraina 20 Mei 2024. REUTERS

KYIV - Presiden Volodymyr Zelenskiy menepis inisiatif perdamaian Tiongkok-Brasil untuk perang di Ukraina sebagai "merusak", dan mengeluh bahwa Kyiv tidak terlibat dalam proses tersebut.

Tiongkok dan Brasil menyerukan pada bulan Mei untuk konferensi perdamaian internasional yang diakui oleh Rusia dan Ukraina, yang melibatkan partisipasi yang setara dari semua pihak, dan apa yang mereka sebut sebagai diskusi yang adil dari semua rencana perdamaian.

"Usulan Tiongkok-Brasil itu ... merusak, itu hanya pernyataan politik," kata Zelenskiy dalam sebuah wawancara yang diunggah pada hari Rabu oleh media Brasil Metropoles.

"Bagaimana Anda bisa menawarkan `ini inisiatif kami` tanpa meminta apa pun dari kami?"

Zelenskiy mengatakan inisiatif itu tidak menghormati Ukraina dan integritas teritorialnya, menurut rekaman video yang diunggah oleh Metropoles, dan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin harus mengambil langkah-langkah untuk menunjukkan bahwa ia ingin mengakhiri perang.

Pemimpin Ukraina itu mengatakan bahwa ia telah menawarkan untuk membahas usulan-usulan itu dengan Tiongkok dan Brasil.

Reuters melaporkan pada bulan Juni bahwa Tiongkok telah mencoba mengajak negara-negara berkembang untuk bergabung dengan inisiatif enam poin itu, yang dikeluarkan sebelum pertemuan puncak yang dipimpin Ukraina di Swiss.

Putin mengatakan pada bulan Mei bahwa ia mendukung usulan-usulan perdamaian Tiongkok dan menyarankan bulan ini bahwa Tiongkok dan Brasil, serta India, dapat bertindak sebagai mediator dalam pembicaraan damai potensial mengenai Ukraina.

Rencana 12 poin yang diajukan oleh Beijing pada awal perang tersebut mendapat sambutan hangat di Ukraina, dan Amerika Serikat mengatakan bahwa China menampilkan dirinya sebagai pembawa damai tetapi mencerminkan "narasi palsu" Rusia dan gagal mengutuk invasinya.

Usulan Zelenskiy sendiri mencakup penarikan pasukan Rusia dari Ukraina, pemulihan perbatasan Ukraina pasca-Soviet tahun 1991, dan meminta pertanggungjawaban Rusia atas tindakannya. Ia mengatakan bahwa ia memandang pemerintah Brasil sebagai "lebih pro-Rusia" dan menambahkan: "Penting untuk diingat bahwa kecintaan Rusia bersifat sementara dan ketidakhormatan Rusia terhadap supremasi hukum bersifat permanen."

KEYWORD :

Rusia Ukraina Formula Perdamaian China Brasil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :