Kamis, 19/09/2024 20:08 WIB

Anwar Hafid Siap Bangun Generasi Sehat Lewat Program Sulteng Peduli Stunting

Calon Gubernur Anwar Hafid dan Calon Wakil Gubernur Reny Lamadjido memiliki program Sulteng Peduli Stunting

Anwar Hafid siap bangun generasi sehat di di Sulawesi Tengah. (Foto: Jurnas/Ist).

Sulteng, Jurnas.com- Dalam upaya membangun kesehatan di Sulawesi Tengah, pasangan Calon Gubernur Anwar Hafid dan Calon Wakil Gubernur Reny Lamadjido memiliki program Sulteng Peduli Stunting. Hal ini berfokus pada percepatan penurunan stunting dengan mengedepankan intervensi gizi melalui pemberian bantuan susu untuk ibu hamil serta makanan pendamping untuk balita yang berisiko stunting.

Stunting merupakan masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi pada seribu hari pertama kehidupan, menjadi perhatian serius di Sulawesi Tengah. Melalui program Sulteng Peduli Stunting, Anwar Hafid dan Reny Lamadjido berkomitmen untuk menurunkan angka stunting secara signifikan dan memberikan masa depan yang lebih sehat bagi generasi penerus.

Berdasarkan data survey SSGI angka Stunting di Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2022 sebesar 28,2 %. Namun capaian ini masih jauh di bawah target Nasional yaitu sebesar 14 % di tahun 2024.

"Program ini merupakan langkah konkret untuk memutus mata rantai stunting di Sulawesi Tengah. Kami percaya bahwa akses terhadap gizi yang baik, terutama pada masa kehamilan dan periode awal kehidupan anak, adalah kunci utama untuk membangun generasi yang sehat dan produktif," ujar Anwar Hafid, Sabtu (14/9/2024).

Menurut mantan Bupati Morowali dua periode itu Program Sulteng Peduli Stunting difokuskan pada dua aspek utama yaitu bantuan susu untuk ibu hamil, memberikan bantuan khususnya yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah, untuk memastikan asupan gizi yang cukup bagi ibu dan janin selama masa kehamilan.

Kemudian makanan pendamping untuk balita, dimana akan disediakan makanan pendamping yang kaya nutrisi bagi balita yang rawan stunting, guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka di masa-masa penting pertumbuhan.

Sementara itu, Reny Lamadjido  yang memiliki pengalaman di dunia kedokteran menambahkan, "Sebagai seorang ibu, saya sangat memahami pentingnya gizi bagi anak-anak kita. Dengan memberikan makanan pendamping yang bergizi, kami berharap dapat mengurangi risiko stunting dan memastikan anak-anak di Sulawesi Tengah tumbuh dengan sehat dan cerdas," tambahnya.

Dengan jaringan yang kuat, Reny mampu membawa Anwar Hafid meraih kemenangan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah. Kombinasi pengalaman keduanya sebagai pemimpin yang dekat dengan masyarakat diharapkan menjadi perpaduan sempurna.

KEYWORD :

Sulteng Peduli Stunting Anwar Hafid




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :