Rabu, 18/09/2024 21:53 WIB

Orang Asing adalah Istari, Apa Perannya dalam The Rings of Power?

Orang Asing adalah Istari, Apa Perannya dalam The Rings of Power?

The Rings of Power Season 2 Episode 4 menampilkan Orang Asing yang diperankan Daniel Weyman. (FOTO: AMAZON)

JAKARTA - Sejauh ini, The Lord of the Rings: The Rings of Power telah memperkenalkan dua karakter yang memiliki identitas misterius namun dipastikan menjadi salah satu Istar.

Pertama datanglah Stranger/Orang Asing (Daniel Weyman), yang identitasnya masih dikelilingi oleh banyak teori karena dia tidak tahu namanya sendiri.

Saat dia belajar lebih banyak tentang dirinya sendiri, kekuatan besar Stranger itu terbukti, tetapi dia bukan Elf atau Manusia.

Sebaliknya, tiga mistikus yang mengejarnya di Season 1 memanggilnya salah satu Istar, memberikan beberapa konfirmasi tentang siapa Stranger itu, meskipun itu bukan jawaban yang lengkap.

Sebelum identitas Stranger dikonfirmasi, Season 2 memperkenalkan Istar lain dalam Dark Wizard (Ciarán Hinds).

Karakter ini tampaknya menjadi musuh Stranger karena dia mengendalikan Rhûn dan mistikus yang sama yang mencoba membunuh Istar lainnya di Season 1.

Tetapi Tom Bombadil (Rory Kinnear) mengungkapkan bahwa Dark Wizard dulunya seperti Stranger sendiri, menghubungkan keduanya.

Yang benar-benar kita ketahui tentang karakter-karakter ini adalah bahwa mereka adalah Istari.

Meskipun istilah itu sendiri mungkin tidak familiar, para penggemar sudah mengetahui beberapa Istari selain (atau mungkin termasuk) Orang Asing dan Penyihir Kegelapan.

Istilah Istar membatasi siapa saja karakter-karakter itu, karena hanya ada lima anggota kelompok tersebut.

Istari adalah ordo penyihir tertentu di Middle-earth yang mencakup contoh-contoh terkenal Gandalf, Saruman, dan Radagast, yang semuanya muncul di layar dalam film-film Middle-earth karya Peter Jackson.

Namun, seperti biasa, JRR Tolkien menulis sejarah yang rumit untuk karakter-karakter itu yang mungkin disinggung oleh The Rings of Power dengan kisah Orang Asing dan Penyihir Kegelapan.

Apa itu Istari dalam `The Rings of Power`?

Istari tidak termasuk ras tertentu di Middle-earth, tetapi mereka membimbing semuanya. Orang-orang ini memainkan peran penting di dunia karena mereka adalah roh yang berwujud dari Maiar, yang dikenal sebagai Lima Pelindung.

Maiar adalah roh primordial yang dimaksudkan untuk membantu para Valar, tetapi JRR Tolkien menjelaskan dalam Unfinished Tales -nya bahwa ketika Sauron menjadi ancaman, para Valar memilih lima Maiar untuk dikirim untuk membantu Orang-orang Bebas di Middle-earth.

Sebuah Dewan Valar awalnya memilih tiga orang: Curumo (Saruman) dan Alatar, yang mengajukan diri, dan Olórin (Gandalf), yang diperintahkan Raja Valar untuk pergi meskipun Maia memiliki keraguan pribadi.

Namun Aiwendil (Radagast) dan Pallando dikirim untuk menemani Saruman dan Alatar secara khusus, sehingga jumlahnya menjadi lima.

Meskipun mereka semua dipilih bersama, mereka tiba di Middle-earth pada waktu yang berbeda, mulai dari Abad Kedua hingga Ketiga.

Mereka tidak begitu dikenal di Middle-earth, dengan sebagian besar berasumsi bahwa mereka adalah Peri yang mempelajari ilmu sihir karena umur mereka yang sangat panjang, tetapi banyak Peri yang menduga mereka lebih dari sekadar yang terlihat.

Meskipun ada misteri di sekitar mereka, Istari pada umumnya sangat dihormati. Di Middle-earth, Istari dipanggil dengan nama-nama baru yang lebih dikenal daripada saat mereka masih Maiar (meskipun tidak jelas apa sebutan Alatar dan Pallando di Middle-earth).

Kelima orang itu masing-masing dikenal berdasarkan warna pakaian mereka: Saruman si Putih, Gandalf si Kelabu, Radagast si Cokelat, dan Alatar dan Pallando si Penyihir Biru.

Namun, JRR Tolkien tidak pernah menunjukkan bahwa ini termasuk di antara mereka.

Seberapa Kuatkah Istari?

Tugas Istari adalah meyakinkan penduduk Middle-earth tentang keberadaan kaum Valar dan memandu pertarungan melawan Sauron.

Mereka tampak seperti orang tua tetapi bijaksana dan kuat. Sebagai Maiar, mereka kuat, tetapi bentuk fisik mereka mengubahnya.

Istari memiliki tubuh fisik dan semua kelemahan yang menyertainya, membuat mereka rentan terhadap kerusakan.

Namun, mereka tetap abadi, tidak menua meskipun penampilan mereka, dan dalam The Lord of the Rings, Gandalf membuktikan bahwa luka yang mematikan bukanlah akhir bagi mereka ketika dia kembali sebagai Gandalf the White setelah pertemuannya dengan balrog untuk menyelesaikan tugasnya.

Mereka sering menggunakan tongkat untuk menyalurkan kemampuan mereka, meskipun tongkat itu tidak sepenuhnya diperlukan.

Mantra mereka dapat melindungi, memberikan ilusi, memanggil petir atau angin, menyembuhkan, dan banyak lagi.

Meskipun kekuatan Istari tidak didefinisikan secara pasti, kaum Valar membatasi mereka, melarang penggunaan sihir mereka kecuali pada saat-saat yang sangat dibutuhkan.

Kaum Istar juga tidak diizinkan untuk mengendalikan orang-orang Middle-earth, mereka juga tidak dapat melawan Sauron secara langsung. Karena keterbatasan ini, kaum Istari sering kali mengandalkan kebijaksanaan mereka daripada kekuatan mereka.

Apa yang Kita Ketahui tentang Lima Istari?

Dari Istari, ada satu yang diketahui semua orang yang sedikit akrab dengan cerita ini: Gandalf. Dikenal sebagai Olórin di antara para Maiar, ia dianggap yang paling bijaksana, yang mungkin menjadi alasan mengapa ia dipilih menjadi seorang Istar.

Tiba di Middle-earth pada Zaman Ketiga, Gandalf tinggal di Barat dan memainkan peran besar dalam pertarungan melawan Sauron.

Gandalf tidak hanya menyadari apa itu One Ring saat cincin itu berada dalam kepemilikan Baggins, tetapi ia bergabung dengan Fellowship untuk membantu menghancurkannya dan mengalahkan Sauron.

Dari para penyihir, Gandalf melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan Istari untuk menghentikan Sauron. Namun, ia juga dianggap kurang kuat dalam sihir dibandingkan Istari lainnya, khususnya Saruman.

Saruman dianggap sebagai pemimpin Istari, meskipun pada Perang Cincin, ia telah berbalik dari tugas yang diberikan kepadanya untuk mendukung Sauron.

Namun, sebelum itu, ia menciptakan Dewan Putih untuk menentang Sauron dan bertempat tinggal di Isengard, bersekutu dengan Rohan dan Gondor.

Ia juga memegang perbedaan sebagai satu-satunya Istari yang menjelajah ke Timur dan kembali. Ia datang ke Middle-earth selama Zaman Ketiga, menurut JRR Tolkien, meskipun masih sebelum Gandalf atau Radagast.

Tetapi satu aspek penting dari karakternya adalah bahwa Saruman tidak selalu akur dengan Istari lainnya, tumbuh cemburu pada Gandalf sebelum mereka berhasil sampai ke Middle-earth dan menganggap Radagast sebagai orang bodoh.

Meskipun Radagast tidak banyak diketahui dibandingkan kedua penyihir lainnya, ia mendapatkan lebih banyak informasi dari JRR Tolkien dibandingkan kedua Penyihir Biru.

Radagast tiba di Middle-earth sekitar waktu yang sama dengan Gandalf, dan meskipun Saruman telah diperintahkan untuk membawa Radagast bersamanya, Penyihir Putih tidak menyukainya, dan mereka pun dengan cepat berpisah.

Radagast tidak terlalu memperhatikan urusan Middle-earth, lebih memilih untuk fokus pada hewan dan tumbuhan. Karena kebiasaannya ini, ia menjadi pelindung hutan, tinggal di Mirkwood, dan jarang keluar.

Dengan hanya lima Istari, sungguh mengejutkan bahwa dua di antaranya merupakan misteri yang lengkap, tetapi Penyihir Biru adalah misteri itu.

Tiba sebelum yang lain, Alatar dan Pallando tiba di Middle-earth pada Zaman Kedua dan dengan cepat melakukan perjalanan ke timur.

JRR Tolkien menggambarkan mereka sebagai "misionaris ke tanah yang diduduki musuh," sehingga lokasi mereka mencegah mereka untuk berperan dalam Perang Cincin.

JRR Tolkien tidak banyak bicara tentang keduanya, yang tidak pernah muncul dalam novel-novelnya, tetapi ia menyatakan bahwa " mereka adalah pendiri atau pemula sekte rahasia dan tradisi `sihir` yang bertahan lebih lama dari kejatuhan Sauron."

Apa Arti Sejarah Istari bagi `The Rings of Power`?

Dengan dua Istari yang masa lalunya pasti akan dieksplorasi, The Rings of Power menggoda misteri ini. Kisah Blue Wizards, betapapun samar-samar, paling cocok dengan karakter Dark Wizard di The Rings of Power, terutama mengingat dia berada di Rhun dan berinteraksi dengan sekelompok mistikus, yang memungkinkan serial ini untuk mengeksplorasi satu atau kedua karakter yang sering terlupakan ini.

Namun, kesamaan dalam cerita mereka hanya berarti sedikit dengan semua perubahan yang dilakukan pada serial ini.

Meskipun kami belum yakin yang mana yang ada di The Rings of Power, sejarah Istari menjadi lebih penting saat Orang Asing itu belajar tentang dirinya sendiri.

Sekarang siap untuk menghadapi Dark Wizard, yang tampaknya menjadi anggota ordo yang jatuh, tujuan Istari dan aturan yang harus mereka ikuti tampaknya akan memainkan peran utama dalam serial ini. (*)

 

KEYWORD :

Seputar Film The Rings of Power Istari Orang Asing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :