Rabu, 18/09/2024 21:56 WIB

Moskow Umumkan Pengusiran Diplomat Inggris dengan Tuduhan Memecah Belah Rusia

Moskow Umumkan Pengusiran Diplomat Inggris dengan Tuduhan Memecah Belah Rusia

Bendera berkibar di atas kedutaan besar Inggris di Moskow, Rusia 13 September 2024. REUTERS

MOSKOW - Dinas keamanan FSB Rusia mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka telah mencabut akreditasi enam diplomat Inggris di Moskow setelah menuduh mereka melakukan mata-mata dan sabotase. Hal ini menandakan Kemarahan Kremlin atas apa yang dilihatnya sebagai peran penting London dalam membantu Ukraina.

Inggris menggambarkan tuduhan tersebut sebagai "sama sekali tidak berdasar", dengan mengatakan bahwa itu adalah tindakan balasan setelah Inggris mengusir atase pertahanan Rusia dan mencabut status diplomatik dari beberapa properti Rusia pada bulan Mei.

Rusia mengumumkan pengusiran tersebut beberapa jam sebelum pembicaraan di Washington antara Perdana Menteri Inggris Keir Starmer dan Presiden AS Joe Biden, sebuah langkah penting untuk memenangkan lampu hijau bagi Kyiv untuk menggunakan rudal jarak jauh terhadap target di Rusia.

Presiden Vladimir Putin mengatakan pada hari Kamis bahwa Barat akan langsung berperang dengan Rusia jika mengizinkan Ukraina menyerang wilayah Rusia dengan rudal jarak jauh buatan Barat, sebuah langkah yang menurutnya akan mengubah sifat dan cakupan konflik.

Kremlin mengatakan pada hari Jumat bahwa Putin telah menyampaikan apa yang digambarkannya sebagai pesan yang jelas dan tidak ambigu kepada Barat yang pasti telah didengar.

Washington dan London melihat pengiriman rudal balistik Iran ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina, yang diumumkan oleh Washington minggu ini, sebagai eskalasi dramatis dan telah mempercepat pembicaraan tentang penggunaan rudal jarak jauh Ukraina, kata tiga sumber Barat. Rusia dan Iran telah membantah pengiriman tersebut.

FSB, badan penerus utama KGB Soviet, mengatakan memiliki dokumen yang menunjukkan bahwa departemen kantor luar negeri Inggris di London yang bertanggung jawab atas Eropa Timur dan Asia Tengah mengoordinasikan apa yang disebutnya "eskalasi situasi politik dan militer" dan ditugaskan untuk memastikan kekalahan strategis Rusia dalam perangnya melawan Ukraina.

"Fakta-fakta yang terungkap memberikan dasar untuk mempertimbangkan kegiatan diplomat Inggris yang dikirim ke Moskow oleh direktorat tersebut sebagai ancaman terhadap keamanan Federasi Rusia," kata FSB dalam sebuah pernyataan.

"Berdasarkan dokumen yang diberikan oleh Dinas Keamanan Federal Rusia dan sebagai tanggapan atas berbagai langkah tidak bersahabat yang diambil oleh London, Kementerian Luar Negeri Rusia, bekerja sama dengan lembaga terkait, telah menghentikan akreditasi enam anggota departemen politik Kedutaan Besar Inggris di Moskow yang tindakannya ditemukan tanda-tanda mata-mata dan sabotase," katanya.

Inggris mengatakan tuduhan Rusia terhadap diplomatnya tidak berdasar.

"Pihak berwenang Rusia mencabut akreditasi diplomatik
enam diplomat Inggris di Rusia bulan lalu, menyusul tindakan yang diambil oleh pemerintah Inggris sebagai tanggapan atas aktivitas yang diarahkan negara Rusia di seluruh Eropa dan di Inggris," kata juru bicara Kantor Luar Negeri Inggris dalam sebuah pernyataan.

"Kami tidak menyesal telah melindungi kepentingan nasional kami."

Langkah Rusia untuk mengusir diplomat Inggris meningkatkan ketegangan antara Moskow dan London, beberapa jam sebelum Starmer mendarat di Washington. Kunjungan itu untuk memajukan pembicaraan guna mendapatkan lampu hijau dari Presiden AS Joe Biden agar Kyiv menggunakan rudal Storm Shadow Inggris, yang memiliki jangkauan lebih dari 250 km (155 mil), di dalam wilayah Rusia.

Sumber mengatakan pertemuan tersebut merupakan langkah selanjutnya dalam pembicaraan untuk mengizinkan Ukraina menggunakan rudal jarak jauh Barat terhadap target di Rusia, sesuatu yang telah dituntut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy selama berbulan-bulan.

Sumber Barat mengatakan keputusan dapat diambil di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dimulai pada 24 September.

The New York Times melaporkan, mengutip pejabat Eropa, bahwa Amerika Serikat tampaknya akan menyetujui penggunaan rudal jarak jauh oleh Ukraina terhadap target di Rusia dengan syarat senjata tersebut bukan yang disediakan oleh Amerika Serikat.

REKAMAN PENGAWASAN
Enam diplomat Inggris tersebut disebutkan namanya di TV pemerintah Rusia, yang juga menayangkan foto-foto mereka. Rekaman pengawasan mereka juga dirilis ke media Rusia, termasuk video pengawasan rahasia seorang diplomat Inggris yang bertemu seseorang.

"Inggris tidak menanggapi petunjuk kami tentang perlunya menghentikan praktik ini (melaksanakan kegiatan intelijen di dalam Rusia), jadi kami memutuskan untuk mengusir keenam orang ini sejak awal," kata seorang karyawan FSB yang identitasnya dirahasiakan kepada saluran TV pemerintah Rossiya-24.

FSB mengatakan Rusia akan meminta diplomat Inggris lainnya untuk pulang lebih awal jika mereka diketahui terlibat dalam aktivitas serupa.

Surat kabar Izvestia mengutip FSB yang mengatakan bahwa diplomat Inggris telah merekrut remaja Rusia, mengatur apa yang disebutnya provokasi, dan mengadakan pembicaraan di kediaman duta besar Inggris di Moskow dengan tokoh-tokoh oposisi.

Surat kabar itu menuduh diplomat Inggris bekerja sama dengan aktivis Rusia untuk mencoba menciptakan perpecahan dalam masyarakat Rusia di sekitar berbagai kelompok etnis dan migran dan mengatakan banyak orang yang terlibat dalam mengoordinasikan pekerjaan Inggris di Ukraina yang berbasis di London dan Kyiv bekerja untuk dinas intelijen asing MI6. Surat kabar itu tidak memberikan rincian.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan kegiatan kedutaan besar Inggris di Moskow telah melampaui konvensi diplomatik Wina.

"Yang lebih penting, ini bukan hanya masalah formalitas dan ketidakpatuhan terhadap kegiatan yang dinyatakan, tetapi tindakan subversif yang bertujuan merusak rakyat kita," kata Zakharova di Telegram.

KEYWORD :

Rusia Ukraina Usir Diplomat Moskow Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :