Rabu, 18/09/2024 21:50 WIB

Sembilan Negara Eropa Protes terhadap IMF yang Melanjutkan Misi ke Rusia

Sembilan Negara Eropa Protes terhadap IMF yang Melanjutkan Misi ke Rusia

Gedung kantor pusat Dana Moneter Internasional terlihat menjelang pertemuan musim semi IMF-Bank Dunia di Washington, AS, 8 April 2019. REUTERS

BUDAPEST - Sembilan negara Eropa memprotes pada hari Jumat terhadap rencana Dana Moneter Internasional untuk melanjutkan misi ke Rusia, dengan mengatakan bahwa melanjutkan dialog dengan negara yang telah menginvasi negara lain akan merusak reputasi Dana tersebut.

Setelah invasi besar-besaran Moskow ke Ukraina pada Februari 2022, IMF menghentikan konsultasi tahunannya dengan Rusia, yang dilakukan oleh pemberi pinjaman terakhir yang berpusat di Washington itu untuk semua anggotanya.

Namun pada 2 September, direktur eksekutif IMF Rusia Aleksei Mozhin mengatakan kepada Reuters bahwa IMF akan memulai kembali konsultasi daring pada 16 September, dan melanjutkan kunjungan delegasi IMF ke Moskow untuk bertemu dengan pejabat Rusia hingga 1 Oktober.

"Kami ingin menyampaikan ketidakpuasan kami yang mendalam dengan rencana IMF tersebut," kata menteri keuangan Lithuania, Latvia, Estonia, Finlandia, Swedia, Islandia, Denmark, Norwegia, dan Polandia dalam surat kepada kepala IMF Kristalina Georgieva, yang dilihat oleh Reuters.

Georgieva menghadiri pertemuan menteri keuangan dan bankir sentral Uni Eropa di Budapest dan mereka akan bertanya kepadanya tentang rencana IMF di sana, kata pejabat Uni Eropa.

"Rekomendasi apa yang ingin diberikan IMF kepada Rusia di akhir konsultasi? Bagaimana cara menjalankan ekonomi perang dengan lebih baik?" seorang pejabat senior zona euro mengatakan.

Surat tersebut mengatakan bahwa sebagai negara agresor, Rusia seharusnya tidak mendapatkan manfaat dari saran IMF dan mencatat bahwa jika IMF meneruskan rencananya, hal itu akan mengurangi keinginan negara donor untuk mendukung Ukraina melalui inisiatif IMF, karena hal itu akan merusak kepercayaan pada IMF.

"Para donor dapat memilih lembaga lain seperti Bank Dunia atau Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan," kata pejabat senior tersebut.

Surat tersebut juga mengatakan bahwa data apa pun yang akan diberikan Rusia kepada IMF akan disensor untuk menunjukkan bahwa ekonomi negara tersebut diduga berjalan dengan baik dan menolak sanksi Barat, sehingga membuat penilaian IMF tidak akurat.

Moskow juga akan menggunakan misi tersebut untuk tujuan propagandanya sendiri dan hal itu akan merusak reputasi IMF, katanya.

"Karena itu, kami menyerukan kepada IMF untuk tidak melanjutkan kerja sama dengan Rusia dan tetap berkomitmen pada tujuan dan prinsip Piagam PBB," kata sembilan negara tersebut.

"Kami mendesak semua lembaga keuangan internasional,
termasuk IMF dan manajemennya, untuk terus menahan diri dari kegiatan yang melibatkan negara agresor dan tidak melanjutkan dialog selama Rusia melanjutkan perang agresinya terhadap Ukraina," kata surat itu.

IMF mengatakan pada hari Kamis bahwa kunjungan yang direncanakannya ke Rusia sejalan dengan kewajiban rutinnya serta kewajiban Rusia sebagai negara anggota.

Misi tahunan terakhir IMF mengunjungi Rusia pada bulan November 2019, sebelum dimulainya pandemi COVID. Tidak ada misi IMF ke Rusia sejak dimulainya perang Rusia di Ukraina.

Banyak negara Barat mengemukakan kemungkinan pengusiran Rusia dari IMF setelah invasi Ukraina, tetapi itu terbukti sulit karena keengganan dari anggota lain dengan kuota suara yang besar seperti China dan India.

KEYWORD :

IMF Rusia Mulai Konsultasi Negara Eropa Protes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :